Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.066 views

Cara Keluar dari Quarter Life Crisis

 

Oleh:

Safira Nurul Fauziah || Pengajar dan Anggota Komunitas Muslimah Menulis Depok

 

HAI sobat, katanya sih kalau jadi orang dewasa tidak menyenangkan. Mending jadi anak kecil, bisa main sepuasnya. Enggak perlu mikirin yang aneh-aneh, kalau enggak suka sama sesuatu tinggal merengek dan menangis. Kalau sudah besar harus mikirin kebutuhan, belum lagi kalau punya seabrek-abrek masalah, mikirin beban hidup, masalah finansial, masa depan dan banyak lagi. 

Akhirnya, enggak jarang orang yang menuju dewasa akan kena yang namanya “quarter life crisis”. Quarter life crisis adalah posisi seseorang yang berusia 18 sampai 30 tahun merasa tidak memiliki arah, khawatir, bingung dan galau akan kepastian kehidupan di masa mendatang. Khawatir akan masalah percintaan, karir dan kehidupan sosial. Ternyata, ini banyak dialami oleh sebagaian besar kaum milenial. 

Berdasarkan penelitian Stapleton pada 2012, quarter life crisis memengaruhi 86% dari generasi milenial, dengan ditemukan generasi mengalami kegelisahan, kekecewaan, kesepian dan depresi. Mereka mengalami serangan dan merasa meragukan kemampuan dirinya sendiri untuk menjalankan kehidupan pada masa dewasanya gara-gara krisis ini. 

Banyak faktor yang bikin stres mengarah pada berbagai kesulitan, sehingga individu itu merasa terjebak dan kehilangan arah pada masa dewasanya. Akhirnya, individu ini mulai merasa sulit menghadapi dunia, sulit mengatur emosi, hingga mulai mempertanyakan apakah kehidupannya yang akan dijalani telah berada di jalan yang benar atau tidak. 

Akibatnya, individu yang mengalami quarter life crisis mempertanyakan eksistensi mereka sebagai seorang manusia. Hingga, ada yang merasa kalau dirinya tidak memiliki tujuan hidup. Pada prinsipnya, manusia mengalami kegalauan dan kebingungan dalam menjalanin hidup ketika tidak mengetahui hakikat kehidupan. Jadi,  otomatis menatap masa depan menjadi suram. 

Sesungguhnya, masalah disorientasi hidup yang menjadi masalah besar sekarang sebenarnya refleksi dari cara pandang hidup manusia kebanyakan. Ketika manusia menjadikan tolak ukur kesuksesan, keberhasilan atau kebahagiaan selalu dikaitkan dengan kekayaan yang didapat, prestise yang diperoleh, status dalam masyarakat, posisi di tempat kerja dan pasangan hidup yang sempurna. Semua mengarah pada materi yang didapat sama sekali tidak dikaitkan standar agama.

Pada hakikatnya,  rezeki, jodoh, kebahagiaan dan ajal sudah ditentukan sama Allah SWT yang kadarnya untuk tiap manusia. Kadar setiap manusia berbeda karena memang Allah SWT yang menciptakan keunikan pada setiap orang. Kalau semua manusia kaya, tampan, cantik dan menjadi bos baru dikatakan berhasil. Kebayang enggak sih sob, gimana stres dan khawatirnya semua orang yang kalau hidup dengan standar seperti ini. Rezeki setiap orang beda-beda. Cara pandang hidup kayak gini yang jadi faktor utama bikin stres. 

Jadi, kenapa harus ada istilah  quarter life crisis saat di usia yang seharusnya telah menemukan arah hidup? Karena cara pandang sekuler kapitalis membuat manusia jauh dari hakikat hidup sendiri dan tujuan hidup karena agama dipisahkan dari kehidupan. Manusia disibukkan untuk mengejar sesuatu yang bersifat fana. Maka dari itu, jangan sekali-kali memisahkan agama dari kehidupan yang berakibat fatal seperti fenomena quarter life crisis ini.

Oleh karena itu, cara manusia untuk keluar dari quarter life crisis dengan mengubah sudut pandang sistem kapitalisme kepada sudut padangan Islam. Dalam pandangan Islam, secara fitrahnya manusia hamba Allah SWT. Jika manusia taat beragama dan patuh sama syariat Islam, maka insyaAllah tidak akan ada lagi manusia punya penyakit sosial seperti quarter life crisis di sistem sekular kapitalis saat ini. Karena sejak awal manusia sudah dikasih rambu-rambu dalam kehidupan. Kalau hidupnya itu hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Seperti dalam firman Allah:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”(QS adz-Dzariat: 56). 

Nah, beribadah  itu bukan hanya sekadar salat aja, tetapi taat pada ada aturan Allah SWT dalam setiap lini kehidupan. Baik dalam ranah individu, masyarakat ataupun negara. Inilah visi besar seorang Mukmin. Jadi, tolak ukur yang bakal ia pakai buat menilai kehidupannya adalah keridhaan Allah SWT, bukan menyenangkan orang lain.  Sebagaimana  Allah SWT telah menjelaskan dalam Al-Qur’an:

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik”(QS ali-Imron: 110). 

Dalam ayat di atas secara jelas Allah SWT telah menggariskan misi hidup kaum Muslimin dengan predikatnya sebagai khairul ummah yakni melakukan amar makruf nahi mungkar dan memegang teguh keimanan kepada Allah SWT.

Dengan kata lain, berdakwah adalah jalan hidup seorang Muslim. Ini adalah visi misi hidup yang perlu ditanamkan pada generasi Muslim. Terlebih aturan Islam telah dicampakkan seperti saat ini, usaha untuk mengembalikannya ke tengah-tengah masyarakat sudah seharusnya menjadi orientasi pertama. Maka, kaum Muslimin wajib berjuang agar Islam bisa diterapkan dalam semua aspek kehidupan agar tidak ada mengenal kata quater life crisis, yang ada kata gold generation.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Tendang Sesajen, Niat Baik Belum Tentu Diterima dengan Baik

Tendang Sesajen, Niat Baik Belum Tentu Diterima dengan Baik

Kamis, 20 Jan 2022 18:25

Ikuti Webinar Sehat Tanpa Obat Dengan Quranic Quantum Healing

Ikuti Webinar Sehat Tanpa Obat Dengan Quranic Quantum Healing

Kamis, 20 Jan 2022 18:11

Peluang Usaha Varasi Mobil Bagi hasil 20% di Lumajang, Terbatas!

Peluang Usaha Varasi Mobil Bagi hasil 20% di Lumajang, Terbatas!

Kamis, 20 Jan 2022 18:06

Pemerintah Tetapkan Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga

Pemerintah Tetapkan Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga

Kamis, 20 Jan 2022 16:58

Anis Ingatkan Pemerintah Tidak Bisa Gunakan Dana PEN untuk Pembiayaan IKN

Anis Ingatkan Pemerintah Tidak Bisa Gunakan Dana PEN untuk Pembiayaan IKN

Kamis, 20 Jan 2022 15:52

UU IKN Disahkan: Mungkin Sudah Terlambat Selamatkan Indonesia

UU IKN Disahkan: Mungkin Sudah Terlambat Selamatkan Indonesia

Kamis, 20 Jan 2022 15:11

Mengukuhkan Makna Tawakal bagi Para Pejuang Agama Allah

Mengukuhkan Makna Tawakal bagi Para Pejuang Agama Allah

Kamis, 20 Jan 2022 11:59

The Real Booster

The Real Booster

Kamis, 20 Jan 2022 11:11

Partai Gelora: Eksistensi dan Fungsi MPR Saat Ini Tidak Berjalan dengan Baik

Partai Gelora: Eksistensi dan Fungsi MPR Saat Ini Tidak Berjalan dengan Baik

Kamis, 20 Jan 2022 10:51

Polisi Israel Tangkap 18 Orang Selama Penghancuran Rumah Warga Palestina Di Sheikh Jarrah

Polisi Israel Tangkap 18 Orang Selama Penghancuran Rumah Warga Palestina Di Sheikh Jarrah

Rabu, 19 Jan 2022 21:15

4 Tentara Prancis Terluka Dalam Ledakan Bom Rakitan Di Burkina Faso Utara

4 Tentara Prancis Terluka Dalam Ledakan Bom Rakitan Di Burkina Faso Utara

Rabu, 19 Jan 2022 18:30

Turki Akan Kirim 3.250 Personel Keamanan Ke Qatar Untuk Amankan Piala Dunia 2022

Turki Akan Kirim 3.250 Personel Keamanan Ke Qatar Untuk Amankan Piala Dunia 2022

Rabu, 19 Jan 2022 17:27

Hancur-hancuran Pindah Ibu Kota Negara

Hancur-hancuran Pindah Ibu Kota Negara

Rabu, 19 Jan 2022 07:17

DPR Sahkan RUU IKN dan RUU TPKS, PP KAMMI: Jangan Arogan

DPR Sahkan RUU IKN dan RUU TPKS, PP KAMMI: Jangan Arogan

Rabu, 19 Jan 2022 06:57

Calon Presiden Prancis Didenda € 10.000 Karena Sebut Migran Anak 'Pencuri' dan 'Pemerkosa'

Calon Presiden Prancis Didenda € 10.000 Karena Sebut Migran Anak 'Pencuri' dan 'Pemerkosa'

Selasa, 18 Jan 2022 21:20

Mantan Ajudan Tuduh Boris Johnson Bohong Terkait Pesta Di Downing Street Selama Penguncian COVID-19

Mantan Ajudan Tuduh Boris Johnson Bohong Terkait Pesta Di Downing Street Selama Penguncian COVID-19

Selasa, 18 Jan 2022 20:44

KH. Aceng Zakaria: Umat Islam Harus Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

KH. Aceng Zakaria: Umat Islam Harus Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

Selasa, 18 Jan 2022 14:50

Sekum Persis: Umat Ini Harus Baik Ekonominya

Sekum Persis: Umat Ini Harus Baik Ekonominya

Selasa, 18 Jan 2022 12:45

Manuver Cawapres Tak Kalah Gesit dengan Capres

Manuver Cawapres Tak Kalah Gesit dengan Capres

Selasa, 18 Jan 2022 12:19

Terkait Khalid Basalamah, Tokoh Muda Alkhairaat Kritik HPA dan Pemkot Palu

Terkait Khalid Basalamah, Tokoh Muda Alkhairaat Kritik HPA dan Pemkot Palu

Selasa, 18 Jan 2022 10:20


MUI

Must Read!
X