Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.140 views

Abu Vulkanik Merapi Jamah Bandung, Warga Gerilya Borong Masker

Bandung (voa-islam.com) –Letusan Gunung Merapi memang dahsyat. Hujan abu dari gunung berapi itu tak hanya menimpa kawasan Magelang, Klaten, Sleman, Yogyakarta, dan sekitarnya namun juga wilayah Bandung, Jabar yang berjarak sekitar 500 km dari Magelang (lokasi Gunung Merapi).

Jika Kamis (4/11) abu mulai dirasakan warga Kabupaten Garut dan sebagian Kabupaten Bandung, maka pada Jumat (5/11) hujan abu mulai melanda Kota Bandung. Hujan abu di Kota Bandung memang masih sedikit dan sulit terdeteksi oleh mata dalam sepintas.

"Saya tahunya melihat di kaca mobil. Kok ada butiran putih,’’ kata Udan Hamdani (50 tahun), warga Jl Citarum, Kota Bandung. Menurut Udan, hujan abu tersebut mulai terlihat sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu, ia baru selesai shalat Jumat di Masjid Pusdai, Jl Diponegoro. Begitu melihat kaca mobil, ada butiran sangat kecil di bagian kaca depan kendaraan tersebut. Setelah diamati ternyata butiran sangat kecil itu mirip dengan abu.

...‘’Saya lihat di teras rumah kok banyak debu. Makin lama makin banyak. Saya baru sadar abu tersebut dari Gunung Merapi," paparnya...

Semakin lama semakin banyak abu yang menempel di kaca mobil. Tak hanya mobil Udan, beberapa kaca mobil lain juga mengalami hal yang sama.

Dari hasil pantauan, hujan abu mulai melanda wilayah Kota Bandung pada Jumat pagi. Menurut penuturan Kiki (30), warga Cileunyi, hujan abu mulai terlihat di wilayahnya sejak pukul 09.30 WIB. Ia pun mulai sadar akan adanya hujan abu ketika melihat bagian atap mobilnya yang berwarna hitam.

"Sangat jelas butiran abu tersebut. Warnanya putih keabuan,’’tutur dia. Karena takut berdampak negatif terhadap kesehatan, Kiki menganjurkan keluarganya menggunakan masker. Ia khawatir hujan abu tersebut akan semakin banyak. Ia mengatakan, sehari sebelumnya, keluarganya yang berada di Pangalengan juga mengabarkan adanya hujan abu.

Hal serupa juga diungkapkan Dewi Yanti (35) warga Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Kata dia, hujan abu mulai dirasakan sekitar pukul 12.00 WIB. Awalnya ia tak menyadari, bahwa hujan abu mulai menerpa wilayahnya. ‘’Saya lihat di teras rumah kok banyak debu. Makin lama makin banyak. Saya baru sadar abu tersebut dari Gunung Merapi," paparnya.

Masker Diborong Warga Bandung

Menyusul maraknya hujan debu vulkanik itu, warga Kota Bandung antre membeli masker di sejumlah apotek. Saking banyaknya warga yang membutuhkan, persediaan masker di sejumlah apotek ludes.

Warga yang tak kebagian mendapatkan masker, terpaksa berkeliling ke sejumlah apotek dan toko obat. Semisal di apotek yang berlokasi di Jl Karapitan, Kota Bandung, terlihat antrean warga membeli masker. “Saya sudah lama antre katanya masih ada masker di apotek ini,” ujar  Hudana, salah seorang warga Kota Bandung, Jumat (5/11).

Dia menyebutkan, harga masker perbuah sebesar Rp 1.500, namun sayangnya hampir semua apotek kehabisan masker. Warga yang tak kebagian membeli masker terpaksa menggunakan sapu tangan atau kain. “ Utamanya para pengendara sepeda motor,” tambahnya.

Sebelumnya, hujan abu vulkanik itu terjadi di wilayah Tasikmalaya. Hujan abu terus meluas hingga ke Cimahi dan akhirnya menebar juga di wilayah Kota Bandung. (Arsyila/rpo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X