Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.726 views

AS Izinkan 3 Sekutu NATO Gunakan SAM Rusia, Tetapi Kenapa Begitu Takut dengan Pembelian S-400 Turki?

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Selama bertahun-tahun, tiga negara NATO tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan sistem pertahanan udara Rusia, tetapi kesepakatan S-400 Turki adalah kasus khusus karena berisiko terhadap cengkeraman AS terhadap Ankara dan menimbulkan kerugian pada industri militernya, analis mengatakan kepada RT.

Tidak ada satu bulan berlalu tanpa Amerika Serikat mengutak-ataik Turki, yang tampaknya tetap ngotot membeli sistem rudal anti-pesawat S-400 terkemuka. Washington telah menunda pengiriman F-35 ke Angkatan Udara Turki dan memperingatkan bahwa melanjutkan perjanjian pembelian rudal buatan Rusia itu dapat membahayakan hubungan Ankara dengan AS dan NATO.

Setelah itu, beberapa media arus utama bergegas menjelaskan bagaimana industri Turki akan menderita jika S-400 mencapai tanah Turki. Yang lain memperingatkan bahwa memiliki F-35 dan S-400 dalam satu militer akan membahayakan keuntungan kritis dari jet tempur generasi kelima.

Analis militer yang berbicara dengan Rusia Today mengatakan sebagian besar keributannya adalah tentang Ankara yang tidak tunduk pada Washington dan NATO dan mengejar kepentingannya sendiri.

"Turki menunjukkan kedaulatan sejati membeli S-400; ini tidak dapat diterima untuk AS."

AS "kehilangan kepemimpinan dan Rusia mengambilnya," kata Igor Korotchenko, pemimpin redaksi majalah Pertahanan Nasional dan anggota dewan publik Kementerian Pertahanan. Prospek anggota NATO yang membeli dari Rusia "merusak reputasi AS ... dan menimbulkan kerugian pada industri militer Amerika."

S-400 berbahaya bagi pesawat NATO karena "dapat mendeteksi dan melawan F-35 dan F-22," jelasnya.

Tetapi tidak jarang bagi negara-negara anggota NATO untuk menggunakan persenjataan buatan Rusia berteknologi tinggi, termasuk pendahulu S-400. Bulgaria, Yunani, dan Slovakia - semua sekutu NATO AS - memiliki S-300 di gudang senjata mereka.

Yunani telah menginstalnya di pulau Siprus, yang menjadi titik balik dalam strategi pertahanan nasionalnya. Bulgaria dan Slovakia sering menggunakan sistem - yang dirancang pada puncak Perang Dingin - selama latihan tembakan langsung NATO.

Jadi, mengapa Turki - yang bergabung dengan NATO pada tahun 1952 setara dengan Yunani - di bawah tekanan kuat sementara tiga lainnya tidak?

"Yunani dan anggota lainnya telah membeli senjata anti-pesawat Rusia jauh sebelum 2014, yaitu sebelum ketegangan antara AS dan Rusia mulai meningkat," jelas pakar militer Rusia Mikhail Khodarenok.

Khodarenok, pensiunan perwira Angkatan Udara Rusia, mengatakan daya tembak yang ditingkatkan, resistensi terhadap gangguan dan jangkauan yang lebih jauh membuat S-400 menonjol di antara rudal darat-ke-udara lainnya.

"Itu tidak memiliki saingan dalam hal efisiensi biaya."

Tetapi bagaimana AS begitu takut pada S-400 karena kurang akrab dengan Pentagon daripada S-300 generasi yang lebih tua? Militer Amerika telah memperoleh sepasang varian S-300P dan S-300V melalui Belarus dan Ukraina setelah Uni Soviet runtuh untuk mempelajari kemampuan sistem - tetapi pengetahuan ini tidak mutakhir sekarang, kata Khodarenok.

"AS tidak memiliki [varian yang lebih baru]," katanya. Bahkan mengetahui senjata musuh secara terperinci tidak banyak membantu di medan perang karena "membenamkan sistem anti-pesawat adalah tentang gangguan elektronik yang kuat," bukan mempelajari jenis perangkat keras apa pun.

Ankara mengatakan S-400 akan membantu negara itu untuk mempertahankan diri, karena Turki menghadapi ancaman dari Timur Tengah. Tetapi pada saat yang sama, mereka sedang dalam pembicaraan dengan AS mengenai rudal Patriot - analog yang hampir sama dengan keluarga S-300.

Menghindari "memasukkan semua telur dalam satu keranjang," Turki menunjukkan bahwa mereka tidak ingin membeli sistem anti-pesawat dari satu vendor, Khodarenok menyatakan. Dia percaya bahwa kesepakatan Rusia akan terbatas pada Turki yang hanya membeli sejumlah skuadron S-400 "untuk mencakup hanya satu fasilitas penting."

"Tidak akan ada pembelian grosir sistem anti-pesawat untuk mencakup seluruh Turki," sementara bencana S-400 masih jauh dari selesai. Kesepakatan itu dilakukan hanya setelah kru Turki dilatih di Rusia, peluncur diuji dan dikirim ke Turki, dan, akhirnya, semua pembayaran dilakukan, jelasnya. (st/RT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X