Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.617 views

Andaikata Kampanye Jokowi Seperti Kampanye Prabowo

 

Oleh:

Asyari Usman*

 

BERANDAI-ANDAI sejenak. Berandai sambil membayangkan kampaye akbar Prabowo di stadion Gelora Bung Karno (GBK), kemarin (7 April 2019). Kampanye ini berlangsung pecah-bludak. Dengan lautan manusia. Di dalam maupun di luar stadion.

Sebelum di GBK, setiap acara silaturahmi dan kampanye terbuka yang digelar oleh Pak PS dan Bang Sandi, tidak pernah tergelar tanpa lautan manusia. Hebatnya lagi, mereka yang hadir tidak ada satu pun yang diberi imbalan oleh tim Prabowo-Sandi. Mereka datang sediri. Dengan biaya sendiri. Bahkan mereka masih mau berbagi. Mereka mengumpulkan donasi. Untuk aktivitas Prabowo-Sandi.

Tidak seperti kampanye atau acara kumpul-kumpul orang lain. Orang lain itu malah harus menyediakan berbagai fasilitas agar warga mau datang. Ada bingkisan. Ada bagi-bagi “kertas”, dsb.

Seandainya kampanye Pak Jokowi di mana-mana mendapatkan sambutan gegap-gempita, suka rela, seperti kampanye Pak Prabowo, kira-kira apa yang akan terjadi? Ada yang bisa membayangkannya?

Pertama, saya yakin pastilah lembaga-lembaga survey, terutama LSI Denny JA, akan mengklaim hasil survey mereka seperti ini: Jokowi 92%, Prabowo 8%. Mengapa? Karena, dalam posisi Prabowo menguasai grass-root (lapangan) saja pun, mereka masih tetap ‘berani’, tak malu-malu, memberikan angka 57% untuk Jokowi. Konon pula kampanye atau silaturahmi Jokowi membludak. Gemparlah pasti hasil survey mereka.

Tapi, kenyataan menunjukkan bahwa panitia kampanye 01 di mana-mana mengalami kesulitan untuk menghadirkan massa. Padahal, panitia menyediakan fasilitas transpor berkelas. Ada nasi kotak juga. Dan bahkan ada insentif segala. Orang tetap tak tertarik untuk hadir.

Seandainya seperti kampanye Prabowo, pastilah lembaga-lembaga survey itu akan merilis (buat konprensi pers) kelang hari atau dua kali seminggu untuk mengumumkan posisi Jokowi 92% itu.

Kedua, media besar Projo pasti akan gembira jungkir-balik. Mengulang-ulang angka 92% setiap hari. Pastilah kampanye gegap-gempita Jokowi itu akan dibahas dari pagi sampai petang, dari sore sampai malam. Semua media akan menyimpulkan bahwa Jokowi dua periode plus. Plus periode ketiga.

Yang ketiga, pastilah ketua timses Jokowi, Erick Thohir, akan keluar-masuk studio televisi untuk menyampaikan pesan bahwa Jokowi sudah menang besar. Erick akan mengklaim bahwa timsesnya sukses. Dia juga membayangkan posisi penting di kabinet kedua Jokowi. Sekarang, yang terbayangkan Erick adalah posisi yang menyeramkan. Akan dikejar oleh macam-macam.

Keempat, kalau kampanye mereka penuh-sesak, ada kemungkinan kubu Pak Jokowi akan merayakan kemenangan sebelum hari pencoblosan. Mereka percaya diri untuk berpesta. Ada kemungkinan juga mereka akan menghentikan kampanye karena yakin menang besar.

Alhadulillah, kampanye membludak, penuh-sesak, yang dilakukan oleh Prabowo-Sandi tidak pernah mereka bangga-banggakan. Sebaliknya semua itu mereka rasakan sebagai beban berat mandat rakyat.

Begitulah gambaran (mungkin lebih cocok “hayalan”) tentang kubu 01 seandainya kampanye Jokowi berlangsung seperti kampanye Prabowo. *Penulis adalah wartawan senior

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X