Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.306 views

Ilmuwan : Awas 90% Penyakit Karena Pikiran, 10% Karena Makanan

BEKASI (voa-islam.com) - Setiap manusia pasti menginginkan dirinya selalu sehat dan bahagia, beragam cara ditempuh untuk meraihnya walaupun harus diraih dengan cara yang sulit dan dalam waktu yang tidak sebentar.

Padahal sehat dan bahagia bisa diraih dalam waktu yang singkat dengan mengetahui rahasia ilmu pengetahuan sains dan ilmu agama islam tentunya.

Menurut ilmuwan Jepang yang sangat terkenal karena peneliatan molekul air, Masaru Emoto, ia menyatakan bahwa Penyakit itu 90% berasal dari pikiran, 10%-nya dari pola makan. Hal ini terungkap dari buku Masaru Emoto yang berjudul “The Healing & Discovering the Power of the Water”.

Dalam Islam Allah SWT dan Rasulullah SAW sudah mengisyaratkan bahwa ketenangan hati dan pikiran berawal dari mengingat Allah dan ikhlas beribadah meraih ridho ALLAH saja, "

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ
 
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. (QS Rad : 28)
 
Tafsir Ringkas Kemenag RI
Mereka yang mendapat petunjuk adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, dan hati mereka menjadi tenang dan tenteram dengan banyak mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan banyak mengingat Allah hati menjadi tenteram.
 
Dzikrullah adalah cara agar pikiran dan hati kita tenang, ucapkanlah dan basahilah lidah senantiasa dengan ucapan kalimat thoyyibah seperti subhanallah, Alhamdulillah, Laa Ilaha Ilallah, Allahu Akbar dan Istigfar karena akan membaut hati kita tenang seperti janji Allah dalam Al Quran surat Rad ayat 28 diatas.

Berikut korelasi daftar penyakit dengan pikiran negatif menurut penelitian Masaru Emoto:



1. MARAH, selama 5 menit akan menyebabkan sistem imun tubuh kita mengalami depresi 6 jam.

2. DENDAM & MENYIMPAN KEPAHITAN akan menyebabkan imun tubuh kita mati. Dari situlah bermula segala penyakit, seperti STRESS, KOLESTEROL, HIPERTENSI, SERANGAN JANTUNG, RHEMATIK, ARTHRITIS, STROKE (perdarahan / penyumbatan pembuluh darah).

3. Jika kita sering membiarkan diri kita STRESS maka kita sering mengalami GANGGUAN PENCERNAAN.

4. Jika kita sering merasa KHAWATIR, maka kita mudah terkena penyakit NYERI PUNGGUNG.

5. Jika kita MUDAH TERSINGGUNG, maka kita akan cenderung terkena penyakit INSOMNIA (susah tidur).

6. Jika kita sering mengalami KEBINGUNGAN, maka kita akan terkena GANGGUAN TULANG BELAKANG BAGIAN BAWAH.

7. Jika kita sering membiarkan diri kita merasa TAKUT yang BERLEBIHAN, maka kita akan mudah terkena penyakit GINJAL.

8.Jika kita suka ber-NEGATIVE THINKING, maka kita akan mudah terkena DYSPEPSIA (penyakit sulit mencerna).

9. Jika kita mudah EMOSI & cenderung PEMARAH, maka kita bisa rentan terhadap penyakit HEPATITIS.

10. Jika kita sering merasa APATIS (tidak pernah peduli) terhadap lingkungan, maka kita akan berpotensi mengalami PENURUNAN KEKEBALAN TUBUH.

11. Jika kita sering MENGANGGAP SEPELE semua persoalan, maka hal ini bisa mengakibatkan penyakit DIABETES.

12. Jika kita sering merasa KESEPIAN, maka kita bisa terkena penyakit DEMENSIA SENELIS (berkurangnya memori dan kontrol fungsi tubuh).

13. Jika kita sering BERSEDIH & merasa selalu RENDAH DIRI, maka kita bisa terkena penyakit LEUKEMIA (kanker darah putih).

Sumber : Buku “The Healing & Discovering the Power of the Water” (by : Dr. Masaru Emoto).

Nah, makanya mulai sekarang kurang-kurangin deh beban pikiran dari pada jadi stres terus sakit kan gak enak.

Sedangkan menurut Prof David Hawkins 90% penyakit karena pikiran, perasaan dan spritual, maknanya masalah spiritual dalam Islam benar-benar mengikhlaskan niat Lillahi Taala. Murni karena Allah bukan yang lainnya.

Agar kita tidak mudah terkena penyakit dan gampang sakit? Lakukanlah 3 hal sederhana dibawah ini :

1. BERPIKIRLAH POSITIF

Apapun yang terjadi kepadamu di hari ini, itulah yang "terbaik" untuk kehidupan kamu. Terima, nikmati dan syukuri apa yang sedang terjadi saat ini. Semua kejadian pasti ada hikmahnya/pembelajaran hidup. Perbanyaklah bersyukur dan sering-seringlah berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

2. HIDUPLAH DI SAAT INI

Janganlah kamu ketakutan dengan masa depanmu yang belum pasti, yakinlah bahwa masa depanmu itu di tentukan di hari ini. Lakukanlah yang terbaik di hari ini, maka masa depanmu pasti akan cerah. Dan jangan juga terlalu menyesali dengan masa lalu kamu, masa lalu biarkanlah berlalu. Jadikanlah masa lalu itu sebagai cermin dan pembelajaran hidupmu untuk saat ini. Intinya adalah hiduplah di saat ini, dan nikmatilah setiap moment episode kehidupanmu di hari ini.

3. BERBUATLAH KEBAIKAN SEKARANG JUGA

Siapapun kamu dan apapun profesi kamu saat ini, berbuatlah kebaikan kepada makhluk-NYA setiap hari. Tak usah memikirkan pahala dan sorga. Dan tak usah dengarkan orang lain “menyindir” perbuatan baikmu. Lakukan saja kebaikan setiap hari. Dan lakukanlah sekarang juga.

Ingatlah, hati-hatilah dengan pikiran negatif kamu, karena pikiran negatif bisa mengundang penyakit hadir di dalam kehidupanmu

والله أعلم

TETAP TENANG DAN SELALU BERSEMANGAT MENJALANI HIDUP APAPUN YANG TERJADI. 

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ
 
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. (QS Rad : 28)

Banyak buku yang membahas tentang Positive Thinking, dan dalam buku-buku Mind Body Medicine, sangat banyak diulas hal-hal seperti ini. Bagaimana Pikiran mempengaruhi kesehatan.

Berikut seperti dilansir oleh laman Magforwomen:

  • Pusing. Marah-marah cenderung meningkatkan tekanan darah seseorang, termasuk di pembuluh darah di kepala. Akibatnya, kepala akan terasa pusing dan migrain bila Anda sedang naik darah. Ini karena aliran darah di kepala meningkat drastis.
  • Gangguan pencernaan. Bila seseorang sedang marah, maka asam lambung akan meningkat dan situasi di sistem pencernaan Anda menjadi tidak kondusif. Akibatnya kadang perut terasa mual, maag, sembelit, perut sakit, atau refluks.
  • Jantung. Orang yang hobi marah-marah mudah sekali terserang penyakit jantung. Ini karena marah memicu stres dan tekanan darah yang meningkat. Berbagai penelitian membuktikan jantung pun terkena akibat buruknya.
  • Depresi. Marah-marah berlebih sebenarnya terkait dengan stres, dan dapat berlanjut ke depresi karena banyak hal yang tak sesuai dengan apa yang ia inginkan.
  • Darah tinggi. Tekanan darah tinggi terjadi bila emosi tak stabil. Karenanya jaga emosi Anda agar tak mengalami tekanan darah tinggi.
  • Imun tubuh menurun. Marah-marah terkait dengan stres, dan itu berpengaruh terhadap sistem imun tubuh. Bila Anda sering marah, maka penyakit yang disebabkan virus mudah sekali hinggap. Misalnya flu, batuk, dan demam.

Sakit 90% karena psikologis

Perlu kita pahami bahwa kesehatan 90% dipengaruhi oleh psikologis dan 10% dipengaruhi oleh obat dan nutrisi. Itulah kenapa terkadang orang yang sakit penyakitnya sulit sembuh karena dia stress memikirkan biaya berobat, merepotkan banyak orang, obat yang pahit, jarum suntik, suasana dll ditambah lagi nama tempatnya “Rumah Sakit” coba kalau “Rumah Sehat” Inshaa Allah lebih baik, kita kan datang ke sana untuk jadi sehat bukan jadi sakit. The American College of Family Physicians memperkirakan bahwa 90% penyakit disebabkan oleh faktor psikogenik (pikiran), bukan organogenik (fisik). Untuk memahami terjadinya penyakit psikosomatis, maka kita perlu mengetahui beberapa hukum pikiran, emosi apa saja yang menyebabkan munculnya penyakit. Bagaimana mengelola emosi dan menangani penyakit psikosomatis tersebut
 Setiap hari banyak sekali kejadian yang tidak kita inginkan, seperti contoh kondisi macet di jalan, berita media, Acara TV, kesel, jengkel dll akhirnya karena tidak berani diekpresikan, semua kegalauan itu dipendam dan menjadi sampah-sampah emosi yang tidak bisa dikeluarkan. Jika tidak segera dikeluarkan, sampah emosi tersebut akan menimbulkan masalah-masalah kesehatan.Kesehatan dipengaruhi oleh 5 Faktor :

  1. Manajemen Stress
  2. Buah dan Sayuran
  3. Minum Air Putih
  4. Olah Raga
  5. Hindari toksin/racun

Jika Anda masih sakit segera healing Anda dengan Quranic Quantum Healing bersama Abi Khadijah dari RSQQ, Sehat tanpa obat bersama Al Quran.

Konsultasi via WA (082121601319)

Terapi HypnoQuran via Zoom Rp. 100,000/2 session (2 hari)

(rf-ip/dbs/adivammar)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X