Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.389 views

Surat Usamah Bin Ladin Untuk Amerika 21 Tahun Lalu Viral Di Tengah Perang Israel-Palestina

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Ketika perang Israel-Palestina yang sedang berlangsung telah memecah belah dunia, surat berusia 21 tahun yang ditulis oleh jihadis terkenal Syaikh Usamah Bin Ladin telah menjadi viral di internet dengan ribuan video TikTok. Dalam suratnya, Syaikh Usamah Bin Ladin mengatakan dukungan Amerika terhadap Israel untuk menduduki Palestina menjadi salah satu alasan terjadinya serangan 11 September 2001 atau di Barat lebih dikenal sebagai 9/11.

Artikel 'Letter to America' tersedia untuk dibaca di 'situs web The Guardian. Namun, setelah perdebatan besar mengenai surat tersebut dan banyak orang yang menunjukkan dukungan mereka terhadap mujahid yang tewas terbunuh tersebut, The Guardian telah menghapus surat tersebut dari situsnya.

Dua puluh satu tahun setelah pertama kali diterbitkan, Tik-Toker telah menemukan 'Surat untuk rakyat Amerika' dan, yang mengejutkan, tampaknya setuju dengan Syaikh Usamah Bin Ladin atas serangan di Amerika.

Dengan ribuan pengguna TikTok membuat dan membagikan klip mereka dalam satu hari, video surat Usamah kini telah menjadi viral di semua platform media sosial dan influencer memberikan pendapatnya mengenai artikel The Guardian.

Orang-orang menyebutnya "tsunami TikTok PsyOp" dan mengungkapkan betapa terkejutnya mereka karena Gen Z "memuji manifesto" yang membenarkan pembunuhan warga sipil.

Tentang 'Surat untuk rakyat Amerika' Usamah Bin Ladin

Surat itu ditulis oleh pemimpin Al-Qaidah, Syaikh Usamah Bin Ladin setelah serangan tahun 2001. Dikenal sebagai serangan '9/11', serangan ini dikenal sebagai serangan jihadis terburuk di wilayah AS. Para jihadis telah  membenarkan serangan tersebut dengan menghubungkannya antara lain dengan “dukungan penindasan Israel dalam pendudukan mereka di Palestina”.

Inilah salah satu alasan utama mengapa surat tersebut muncul kembali saat Palestina sedang menghadapi serangan darat besar-besaran Zionis Israel. Serangan besar-besaran di Gaza dimulai setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Israel berperang dengan Hamas setelah aksi militer yang mengguncang tidak hanya Israel tetapi juga dunia pada tanggal 7 Oktober membunuh ribuan warga Israel dan menculik lebih dari 200 orang di Gaza. Negara Yahudi menyebut serangan itu sebagai serangan 9/11 dan bersumpah untuk “menghancurkan Hamas”.

Israel berjanji untuk melenyapkan Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, dan serangan balasannya telah menyebabkan lebih dari 11.000 orang tewas, menurut pejabat kesehatan Gaza. Pukulan yang tiada henti telah membuat Gaza utara menjadi puing-puing dan Pasukan Pertahanan Zionis Israel kini telah mengepung dan menggerebek rumah sakit Al Shifa, fasilitas medis terbesar di Gaza. Menurut Israel, Hamas menggunakan fasilitas dan terowongan di bawah Al Shifa sebagai pusat komando dan kendali utamanya, meski pun hingga kini tidak ada satu pun bukti yang ditemukan yang bisa mendukung klaim tersebut.

Protes yang menuntut gencatan senjata di Gaza semakin meningkat setelah serangan terhadap Gaza dan kematian ribuan orang, termasuk anak-anak.

Video TikTok berisi surat Usamah Bin Ladin muncul dan menjadi viral dengan latar belakang ini.

Dalam referensi lain mengenai status kenegaraan Palestina, Syaikh Usamah mengatakan dalam suratnya: “Palestina telah berada di bawah pendudukan selama beberapa dekade, dan tidak ada satu pun presiden Anda yang membicarakannya sampai setelah 11 September…”

Syaikh Usamah mengakhiri 'suratnya untuk rakyat Amerika', dengan mengatakan, "Palestina tidak boleh dianggap sebagai tawanan karena kami akan mencoba mematahkan belenggunya" dan memperingatkan bahwa Amerika Serikat akan "membayar kesombongannya dengan darah umat Kristen".

Syaikh Usamah Bin Ladin sendiri terbunuh dalam serangan malam pasukan khusus Navy SEAL AS pada bulan Mei 2011 di kompleks Abbotabad Pakistan

Guardian menghapus surat Usamah

Surat kabar The Guardian memuat surat Syaikh Usamah Bin Ladin di situsnya sejak tahun 2002 tetapi menghapusnya setelah videonya menjadi viral.

Hal ini pada akhirnya menjadi kontra-produktif. Pencabutan surat tersebut dari situs The Guardian dikatakan telah meningkatkan minat terhadap surat Usamah dan videonya.

Pesan The Guardian berbunyi: "Halaman ini sebelumnya menampilkan dokumen yang berisi, dalam terjemahan, teks lengkap "surat kepada rakyat Amerika" Usama Bin Ladin, seperti yang dilaporkan di Observer pada hari Ahad 24 November 2002.

The Guardian mengatakan bahwa dokumen tersebut, yang dipublikasikan di situsnya pada hari yang sama, telah dihapus pada 15 November 2023. Tidak disebutkan alasan apa pun atas penghapusan dokumen tersebut.

Langkah The Guardian dilakukan tepat setelah video tersebut mulai menjadi viral. Dan setelah The Guardian menghapus dokumen tersebut dari situsnya, salinan surat tersebut dibagikan di platform media sosial.

“The Guardian memiliki salinan 'Letter to America' yang diunggah, namun begitu TikToks ini menjadi viral, The Guardian menghapusnya, yang hanya menyebabkan lebih banyak minat terhadap surat dan konspirasi dari para TikToker yang mengatakan ini adalah bagian dari media dan kekuatan yang mengontrolnya berusaha membungkam kebenaran," tulis jurnalis Amerika Yashar Ali di X.

“Banyak dari mereka – dan saya telah menyaksikan banyak hal – mengatakan bahwa hal ini membuat mereka mengevaluasi kembali perspektif mereka tentang bagaimana apa yang sering dicap sebagai terorisme dapat menjadi bentuk perlawanan yang sah terhadap kekuatan musuh,” tulis Yashar Ali.

Dia mengatakan video-video tersebut tidak hanya terbatas pada TikTok saja dan kini telah diposting di berbagai platform media sosial.

Bagaimana surat Syaikh Usamah muncul dan menjadi Viral

Menurut situs web The Rolling Stones, pengguna TikTok Lynette Adkins mengatakan dalam sebuah video yang diposting pada hari Selasa, “Saya ingin semua orang menghentikan apa yang mereka lakukan saat ini dan membaca – yang sebenarnya terdiri dari dua halaman – bacalah 'A Letter to America' ( teks oleh Usamah).

Dia melanjutkan dengan mengatakan, “Kembalilah ke sini dan beri tahu saya pendapat Anda. Karena saya merasa seperti sedang mengalami krisis eksistensial saat ini, dan banyak orang yang mengalaminya. Jadi saya hanya membutuhkan orang lain untuk merasakan hal ini juga.”

Surat itu menjadi viral dan beberapa pengguna TikTok menyebutnya “sangat membuka mata” dan “menakjubkan” serta mendesak para pengikutnya untuk membaca surat tersebut.

“..Aku bahkan tidak tahu surat ini ada. Ini liar dan semua orang harus membacanya..ini membuatku kecewa..Aku merasa sedikit bingung, seperti memasuki timeline lain,” kata seorang TikToker.

Mengungkap kaitan perang Israel-Hamas dengan surat yang menjadi viral, pengguna lain berkata: “Jika Anda seorang Muslim dan tinggal di AS sejak 9/11, Anda tahu lebih banyak daripada warga negara pada umumnya. Sekarang hal ini terungkap karena Palestina.”

Kejutan dan kebingungan banyak terdengar di kalangan Gen Z yang awalnya tidak mengetahui keberadaan surat tersebut dan kemudian karena isinya.

“Saya tidak akan pernah memandang kehidupan dengan cara yang sama, saya tidak akan pernah memandang negara ini (AS) dengan cara yang sama. Jika Anda sudah membacanya, beri tahu saya jika Anda sedang mengalami krisis eksistensial. Karena dalam 20 menit terakhir, seluruh sudut pandang saya tentang seluruh hidup yang saya yakini dan jalani telah berubah,” komentar pengguna lain.

Pengguna lain berkata, “Ini benar-benar hal paling gila yang pernah saya baca selama ini. Meskipun saya tidak bisa mengatakan bahwa saya begitu terkejut, saya cukup terkejut.”

Tidak hanya Generasi Z yang terkejut, dukungan mereka terhadap gagasan Usamah Bin Ladin juga membuat banyak orang terkejut.

Seorang pengguna di X memposting salah satu video dan berkomentar, "Saat Anda menjadi begitu 'progresif' sehingga Anda mulai bersimpati dengan Usama Bin Ladin".

Pengguna lain menuntut penyelidikan terhadap tren TikTok, menuduh bahwa beberapa kata dalam video tersebut hampir sama. “Mungkin saja hal ini terjadi secara organik, namun kemungkinan besar hal ini dimulai sebagai kampanye manipulasi tren yang disengaja,” tulis pengguna X tersebut. (IT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X