Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.300 views

Rusia Serang Lebih Dari 700 Rumah Sakit Dan Fasilitas Kesehatan Di Ukraina Sejak Invasi

KIEV, UKRAINA (voa-islam.com) - Lebih dari 700 serangan telah menargetkan rumah sakit, fasilitas kesehatan, dan staf sejak 24 Februari 2022, invasi Rusia, menurut data yang diverifikasi oleh lima organisasi yang bekerja di Ukraina.

Laporan mereka yang berjudul Destruction and Devastation: One Year of Russia’s Assault on Ukraine’s Health Care System mengisahkan kenyataan pahit yang dihadapi oleh petugas kesehatan dan pasien di Ukraina, karena fasilitas kesehatan telah berkali-kali dihantam rudal dan serangan.

Puluhan dokter dan perawat serta petugas kesehatan lainnya yang dengan berani memberikan perawatan medis telah tewas dan terluka. Yang lain telah diancam, dipenjara, disandera dan dipaksa bekerja di bawah pendudukan Rusia, kata laporan itu.

Hal ini membuat akses orang Ukraina ke perawatan medis yang menyelamatkan jiwa hampir tidak mungkin dilakukan di beberapa daerah, kata laporan itu.

Bukti yang mendokumentasikan apa yang dalam beberapa kasus tampak sebagai serangan yang sengaja menargetkan infrastruktur sipil, fasilitas kesehatan, dan tenaga medis menunjukkan bahwa militer Rusia telah melanggar hukum humaniter internasional. Kejahatan-kejahatan ini harus dituntut baik di dalam negeri maupun oleh Pengadilan Kriminal Internasional, kata Christian De Vos, direktur penelitian dan investigasi di Physicians for Human Rights, salah satu kelompok yang menyusun dan menulis laporan tersebut.

“Serangan terhadap kesehatan … itu ilegal menurut Konvensi Jenewa,” katanya. “Ini adalah kejahatan perang dan berpotensi kejahatan terhadap kemanusiaan.”

Secara total, ada 707 serangan yang terdokumentasi terhadap fasilitas kesehatan, klinik, ambulans, dan tenaga medis pada tahun 2022 – penghitungan suram yang berjumlah setidaknya dua serangan terhadap kesehatan setiap hari selama setahun terakhir, kata De Vos.

"Itu adalah angka yang mengejutkan ... skalanya benar-benar mengejutkan."

Menurut data, antara 24 Februari dan 31 Desember 2022, tercatat ada 292 serangan yang merusak atau menghancurkan 218 rumah sakit dan klinik.

Banyak fasilitas kesehatan diserang lebih dari satu kali.

Ada juga 65 serangan yang terdokumentasi terhadap ambulans dan 181 serangan terdokumentasi terhadap infrastruktur kesehatan lainnya seperti apotek, pusat darah, klinik gigi, dan pusat penelitian.

Sebanyak 86 serangan terhadap petugas kesehatan didokumentasikan, dengan 62 petugas kesehatan tewas dan 52 luka-luka.

Satu dari 10 rumah sakit Ukraina telah rusak langsung akibat serangan, dengan kerusakan terparah di wilayah timur Kharkiv, Donetsk dan Luhansk serta di Kherson dan Kyiv, menurut laporan tersebut.

Di beberapa kota besar dan kecil, hampir semua fasilitas kesehatan rusak.
Seorang wanita berjalan di luar rumah sakit bersalin yang rusak akibat penembakan di Mariupol, Ukraina, Rabu, 9 Maret 2022.

Di 10 wilayah negara bagian, 48 rumah sakit diserang beberapa kali, sebuah statistik yang menurut De Vos tidak hanya menunjukkan sifat serangan yang tidak pandang bulu tetapi juga kemungkinan bahwa mereka sengaja menjadi sasaran.

Misalnya, Rumah Sakit Multiprofil Kota Severodonetsk di Luhansk terkena 10 kali serangan antara Maret hingga Mei 2022, kata laporan itu. Rumah sakit lain di Kharkiv dihantam lima kali.

Serangan-serangan ini memiliki efek "menghancurkan" pada akses warga Ukraina ke perawatan kesehatan, kata De Vos.

“Ada begitu banyak efek yang mengalir dari serangan terhadap kesehatan di luar kerusakan fisik yang terjadi pada rumah sakit atau kendaraan medis … ketakutan dan teror pada penduduk sipil,” katanya.

“Ini juga mempersulit penduduk sipil untuk mengakses obat-obatan penting, vaksinasi, perawatan untuk kondisi kronis, serta perawatan berkelanjutan yang dibutuhkan orang untuk memastikan kesehatan yang baik. Jadi, ini secara langsung berdampak pada hak untuk mengakses layanan kesehatan.”

Lyubov Smachylo, seorang analis Media Initiative for Human Rights, yang juga bekerja mengumpulkan bukti untuk laporan tersebut, mengatakan satu dari tiga warga Ukraina saat ini tidak memiliki akses ke perawatan medis akibat serangan terhadap fasilitas dan pekerja kesehatan.

Dia menggambarkan bahwa dia menangis karena kisah para dokter yang diwawancarai oleh para peneliti yang menyampaikan kisah-kisah mengerikan tentang bertahan hidup.

“Kami ingin meminta pertanggungjawaban Rusia atas kejahatannya,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Global News dari Ukraina.

Dia menunjuk bukti yang menunjukkan beberapa rumah sakit memiliki simbol status yang diakui secara internasional sebagai pusat kesehatan – palang merah di atas kanvas putih – yang terlihat jelas dari udara. Namun rumah sakit ini masih dihantam oleh rudal Rusia, laporan itu didokumentasikan, mengutip kesaksian saksi mata.

“Mereka tidak peduli bahwa semua hal ini dilarang oleh hukum humaniter internasional,” kata Smachylo.

Organisasi hak asasi manusia yang mengumpulkan dan mendokumentasikan serangan ini menyerukan kepada komunitas internasional untuk memastikan Rusia bertanggung jawab.

“Justru karena serangan terhadap perawatan kesehatan sangat menghancurkan dan sayangnya telah sangat kurang diselidiki dan tidak dituntut secara historis, ada celah impunitas yang sangat besar di sini untuk serangan terhadap perawatan kesehatan khususnya,” kata De Vos.

“Prioritaskan serangan ini untuk penyelidikan dan penuntutan lebih lanjut dan … bangun kasus yang pada akhirnya dapat menghasilkan pertanggungjawaban atas pelanggaran ini.”

Organisasi Kesehatan Dunia juga telah mendokumentasikan lebih dari 750 serangan dan 101 kematian, dan menteri kesehatan Ukraina baru-baru ini mengatakan bahwa lebih dari 1.200 fasilitas telah rusak baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan 173 rumah sakit rusak tidak dapat diperbaiki.

Mengikuti taktik brutal serupa di Suriah

Penargetan warga sipil dan infrastruktur sipil ini mirip dengan taktik militer brutal yang telah dikerahkan di Suriah, di mana mereka telah mendukung rezim teroris Bashar Al-Assad sejak 2015.

Moskow telah meratakan lusinan kota dan desa di Suriah dalam serangan kilat di daerah oposisi, yang secara khusus menargetkan infrastruktur sipil seperti sekolah dan rumah sakit.

Tercatat ada lusinan rumah sakit, sekolah, toko roti, dan infrastruktur sipil lainnya menjadi sasaran di seluruh Suriah oleh pasukan Rusia dan rezim teroris Assad, dalam upaya untuk membuat kota-kota oposisi tidak dapat dihuni.

Angkatan udara Rusia membom empat rumah sakit dalam periode empat jam di daerah oposisi, menurut investigasi New York Times pada Mei 2019.

Physicians for Human Rights, yang melacak serangan terhadap pekerja medis di Suriah, mengatakan bahwa mereka telah mendokumentasikan setidaknya 266 serangan semacam itu sejak Rusia melakukan intervensi di Suriah pada 2015.

Mereka memperkirakan sedikitnya 916 pekerja medis telah tewas sejak 2011 ketika rezim Assad secara brutal memadamkan protes damai pro-demokrasi yang mengarah pada pemberontakan yang meluas.

Skenario yang sama tampaknya terjadi di Ukraina, di mana pemboman Rusia tampaknya bertujuan untuk memusnahkan daerah perkotaan. (GN/VOI)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X