Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.960 views

Laporan: Muslim Inggris Sumbang 16 Trilyun Rupiah Lebih Setahun Untuk Amal

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Sebuah laporan baru oleh think tank yang berbasis di London, Ayaan Institute, telah mengungkapkan bahwa Muslim Inggris menyumbang setidaknya £1 miliar (-+Rp 16,1 trilyun) setahun untuk amal, yang diproyeksikan mencapai £4 miliar pada tahun 2051.

Laporan berjudul “Aiding the Ummah: Analyzing the Muslim Humanitarian Charity Sector in the UK” (Membantu Umat: Menganalisis Sektor Amal Kemanusiaan Muslim di Inggris) mengatakan bahwa badan amal kemanusiaan Muslim Inggris mengumpulkan £708 juta untuk amal pada tahun 2020, yang dikombinasikan dengan sumbangan Muslim untuk badan amal Inggris (termasuk 2.752 masjid dan tempat ibadah), berarti £ 1 miliar per tahun diberikan.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa: Ada 1.026 badan amal Muslim dengan tujuan kemanusiaan, dijalankan oleh 4.108 wali, 4.509 karyawan dan 10.127 relawan.   

Ada pertumbuhan 91% dalam jumlah badan amal Muslim tersebut dalam 20 tahun terakhir.   

Pada tahun 2020, sektor ini mengumpulkan £708 juta dan menghabiskan £611 juta, pertumbuhan pendapatan sebesar £192 juta atau 37% sejak 2017. Namun, 20 badan amal teratas menyumbang 76% dari pendapatan tersebut.   

Badan amal beroperasi di 90 negara tetapi difokuskan pada 10 negara yaitu Pakistan, Bangladesh, India, Yaman, Suriah, Palestina, Somalia, Gaza, Irak, dan Gambia.   

Secara total, 2.074 proyek dari 3.171 dilaksanakan di sepuluh negara (65% dari total). 809 proyek disampaikan di Pakistan, 529 di Bangladesh, 186 di India, 291 di negara-negara Arab, 138 untuk Palestina dan 65 di Somalia.

Laporan tersebut merekomendasikan cara agar badan amal menjadi lebih strategis dan efektif. Ini menyarankan badan amal harus mendiversifikasi proyek mereka tetapi juga terlibat dalam kampanye, advokasi dan pekerjaan anti-Islamofobia untuk membantu memajukan kehidupan penerima manfaat mereka, seperti pengungsi global dan orang-orang terlantar.

Ini juga meminta media untuk meliput lebih banyak cerita positif tentang Muslim seperti kegiatan amal dan komunitas mereka, untuk melawan cerita negatif dan Islamofobia yang meningkat.

Laporan tersebut menyatakan: “Pemberian amal Muslim adalah salah satu bidang di mana sentimen Islam terhadap umat dan persaudaraan telah kuat. Penggalangan dana amal bagi mereka yang membutuhkan memanfaatkan umat dan solidaritas dalam kampanye. Sungguh menggembirakan melihat Muslim di Inggris yang terlibat dalam bantuan kemanusiaan, bekerja secara aktif di berbagai belahan dunia dalam semangat Umat.

“Namun, sementara pekerjaan itu penting, sangat sedikit penelitian yang telah dilakukan tentang seperti apa pekerjaan itu, keefektifannya, dan apakah itu sesuai dengan konsep kesejahteraan Islam daripada gagasan amal Barat kontemporer. Dengan mengingat hal itu, dan untuk menyoroti kerja positif bantuan kemanusiaan global Muslim Inggris, kami berangkat untuk memeriksa kerja sektor kemanusiaan Muslim di Inggris. Sementara pekerjaan ini terbatas pada badan amal Muslim di Inggris, perlu dicatat bahwa ada juga kontribusi signifikan terhadap bantuan kemanusiaan yang dilakukan di seluruh dunia oleh komunitas Muslim yang tinggal di AS, Kanada, Australia, dan Eropa.

“Sejak Perang Global Melawan Teror pada tahun 2001, pekerjaan amal Muslim telah meningkat dan berada di bawah pengawasan dan tekanan yang besar. Banyak badan amal menghadapi penyelidikan, intrusi media terus-menerus, dan pengawasan terhadap pekerjaan dan aktivitas mereka. Namun komunitas Muslim Inggris dan sektor amal telah menunjukkan ketangguhan dan komitmen yang besar, untuk memastikan bahwa kewajiban agama masyarakat terhadap yang paling tidak mampu dan teraniaya terus terpenuhi.

“Informasi dalam laporan ini menunjukkan betapa seriusnya komunitas Muslim menjalankan kewajiban agama mereka untuk membantu orang miskin dan membutuhkan di seluruh dunia. Dalam ritual dan kewajiban Islam yang ditahbiskan secara ilahilah kita menemukan ekspresi terbesar dari solidaritas umat. Keyakinan Islam telah memberi kita alat untuk menyediakan kebutuhan kesejahteraan umat, baik negara dan politisi bekerja untuk mencapai tujuan itu atau tidak.”

Jahangir Mohammed, Direktur Ayaan Institute, menambahkan: “Sektor amal Muslim memberikan kontribusi yang berharga bagi masyarakat Inggris, ekonomi, komunitas Muslim dan membantu negara-negara di seluruh dunia melalui bantuan dan bantuan. Karya ini didorong oleh iman Islam dan layak mendapat pengakuan lebih.” (5Pillars)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X