Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.247 views

Netanyahu Umumkan Rencana Untuk Persenjatai Warga Israel

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Perdana menteri Israel juga mengatakan tunjangan jaminan sosial bagi keluarga tersangka penyerang Palestina akan dibatalkan dan rumah mereka akan dihancurkan.

Israel telah mengumumkan rencana untuk memudahkan warga Israel mendapatkan senjata api di tengah meningkatnya kekerasan di wilayah Palestina yang diduduki.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengumumkan tindakan itu pada Sabtu (28/1/2023) malam setelah mengadakan rapat kabinet keamanannya – yang diisi dengan politisi garis keras – atas sepasang penembakan yang mencakup serangan di Yerusalem Timur yang diduduki.

Tujuh orang tewas dalam penembakan di luar sinagoga Yerusalem Timur pada hari Jum'at.

“Kami mengerahkan pasukan, kami meningkatkan pasukan, dan kami melakukannya di arena yang berbeda,” kata Netanyahu pada hari Sabtu.

Dia berjanji untuk mempercepat izin senjata bagi warga Israel dan meningkatkan upaya untuk mengumpulkan "senjata ilegal".

Rumah para tersangka penyerang juga akan disegel segera sebelum penghancuran, katanya, “untuk mendapatkan harga tambahan dari mereka yang mendukung terorisme”.

Kantornya kemudian mengatakan tunjangan jaminan sosial untuk keluarga penyerang juga akan dibatalkan.

Selain itu, ia menjanjikan langkah-langkah baru untuk “memperkuat” pemukiman ilegal Israel di Tepi Barat yang diduduki tetapi tidak memberikan rincian.

Editor Diplomatik Al Jazeera James Bays mengatakan rencana Netanyahu untuk menyetujui lebih banyak izin senjata bagi warga Israel datang ketika polisi Israel juga mendorong mereka yang memiliki izin untuk membawa senjata mereka. “Sementara Netanyahu mendesak orang Israel untuk tidak main hakim sendiri, dia juga menempatkan lebih banyak senjata ke tangan yang sama,” katanya dari Yerusalem Timur yang diduduki.

Bays melanjutkan dengan menggambarkan tindakan terhadap keluarga Palestina sebagai "hukuman kolektif".

“Ini jelas pelanggaran HAM,” katanya.

Analis politik senior Al Jazeera, Marwan Bishara, mengatakan mempersenjatai warga sipil di Israel dapat semakin meningkatkan kekerasan.

“Mereka mencoba mempersenjatai lebih lanjut orang-orang yang sudah bersenjata di Yerusalem dan Tepi Barat,” kata Bishara, menambahkan, “Lebih banyak kekerasan dan lebih banyak penderitaan hanya akan terjadi di tangan [kelompok] paling ekstrem di Israel dan berpotensi di Palestina.”

Penembakan akhir pekan terjadi menjelang akhir bulan konfrontasi yang berkembang dan mengikuti serangan Israel di kota Jenin Tepi Barat yang diduduki yang menewaskan sembilan warga Palestina dan baku tembak antara Israel dan Gaza. Secara keseluruhan, pasukan Israel telah membunuh 32 warga Palestina bulan ini.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan satu batalion tambahan telah dikirim ke Tepi Barat yang diduduki untuk penguatan.

Analis di Israel mengatakan Netanyahu berada di bawah tekanan dari garis keras di kabinetnya, termasuk Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir.

Pemerintah di Israel adalah sayap paling kanan dalam sejarah Israel.

Ben-Gvir, yang telah mendorong lebih banyak izin senjata, mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia juga akan mendorong hukuman mati terhadap "teroris".

Dia mengatakan langkah-langkah baru kabinet keamanan itu "penting", tetapi dia menginginkan "lebih banyak lagi".

“Itamar Ben-Gvir memiliki reputasi sebagai tukang bakar dan sekarang Netanyahu memberinya satu wadah penuh minyak,” kata Akiva Eldar, seorang kontributor surat kabar harian Israel Haaretz. “Saya khawatir tangan Netanyahu terikat. Di antara dua kejahatan, dia harus memutuskan sisi mana yang dia ambil, dan saya khawatir tidak ada orang dewasa yang bertanggung jawab di kabinetnya yang dapat menghentikannya,” kata Eldar kepada Al Jazeera.

Langkah-langkah terbaru pada hari Sabtu diumumkan ketika puluhan ribu pengunjuk rasa juga berkumpul di kota Tel Aviv untuk memprotes rencana terpisah oleh pemerintah Netanyahu, yang mulai menjabat pada bulan Desember, untuk merombak sistem peradilan negara dan melemahkan Mahkamah Agung Israel.

Para pengunjuk rasa juga mengheningkan cipta untuk mengenang para korban penembakan Yerusalem.

Sementara itu, kekerasan yang meningkat telah menimbulkan pertanyaan tentang pemberontakan Palestina ketiga.

Basem Naim dari Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka siap menanggapi serangan Israel lebih lanjut. Dia mengatakan kelompok itu berkomitmen untuk membela rakyat dan keluarganya, serta Yerusalem dan kompleks Masjid Al-Aqsa.

“Kami tidak merencanakan atau memulai eskalasi atau kampanye kekerasan apa pun. Kami juga siap, pada saat yang sama, untuk menanggapi [serangan] seperti biasa,” katanya.

Naim mengatakan Hamas akan mengupayakan kebebasan rakyatnya dengan segala cara yang tersedia, termasuk cara diplomatik, politik, dan bersenjata.

Kepemimpinan Palestina di Tepi Barat yang diduduki juga mendukung keputusannya untuk menghentikan koordinasi keamanan dengan Israel untuk memprotes serangan mematikan di Jenin. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X