Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.165 views

OPCW Salahkan Rezim Teroris Assad Dalam Serangan Gas Beracun Tahun 2018 Di Douma Suriah

DEN HAAG, BELANDA (voa-islam.com) - Pengawas senjata kimia global pada hari Jum'at (27/1/2023) mengatakan penyelidikan hampir dua tahun telah menemukan bahwa setidaknya satu helikopter militer rezim teroris Assad Suriah telah menjatuhkan tabung gas beracun ke bangunan tempat tinggal di kota Douma Suriah yang dikuasai oposisi pada tahun 2018, menewaskan 43 orang.

Serangan 7 April 2018 di pinggiran Damaskus adalah bagian dari serangan militer besar-besaran yang mengembalikan daerah itu ke kendali pasukan di bawah Presiden Suriah Bashar al-Assad setelah pengepungan berkepanjangan yang didukung Rusia terhadap kubu oposisi.

Investigasi sebelumnya oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) telah menyimpulkan pada Maret 2019 bahwa serangan kimia telah terjadi di Douma, tetapi penyelidikan itu tidak diamanatkan untuk menyalahkan.

Tim Investigasi dan Identifikasi dibentuk oleh negara-negara anggota di OPCW yang berbasis di Den Haag pada November 2018 untuk mengidentifikasi pelaku serangan kimia di Suriah setelah Rusia memveto misi bersama UN-OPCW.

Suriah menyangkal menggunakan senjata kimia tetapi penyelidikan bersama PBB dan OPCW sebelumnya menemukan bahwa pemerintah Suriah menggunakan racun saraf sarin dalam serangan April 2017 dan telah berulang kali menggunakan klorin sebagai senjata. Rezim teroris Assad menyalahkan pejuang Islamic State (IS) untuk penggunaan gas mustard.

Penyelidikan terbaru mengidentifikasi empat tersangka pelaku di satu unit angkatan udara, tetapi nama mereka tidak dipublikasikan. Temuan itu didasarkan pada analisis teknis terhadap 70 sampel biologis dan lingkungan, citra satelit, 66 wawancara saksi, serta pengujian balistik dan amunisi, kata OPCW.

"Setidaknya satu helikopter Unit Elit Pasukan Harimau Suriah menjatuhkan dua silinder kuning berisi gas klorin beracun di dua gedung apartemen di daerah yang dihuni warga sipil di Douma, menewaskan 43 orang yang disebutkan namanya dan memengaruhi puluhan lainnya," kata ringkasan laporan itu. .

Pasukan Harimau adalah pasukan elit Suriah yang umumnya digunakan dalam operasi ofensif dalam perang.

“Dunia sekarang mengetahui faktanya,” kata Direktur Jenderal OPCW Duta Besar Fernando Arias. “Terserah komunitas internasional untuk mengambil tindakan, di OPCW dan seterusnya.”

Temuan itu mengikuti penyelidikan yang dilakukan antara Januari 2021 hingga  Desember 2022. Kesimpulan itu "dicapai atas dasar 'alasan yang masuk akal', yang merupakan standar pembuktian yang secara konsisten diadopsi oleh badan pencari fakta internasional dan komisi penyelidikan," kata OPCW. .

Tim identifikasi OPCW sangat ditentang oleh Suriah dan sekutu militernya, Rusia, yang mengatakan itu ilegal. Damaskus dan Moskow tidak bekerja sama dalam penyelidikan terbaru. Kedua negara tidak mau mengakui menggunakan amunisi beracun yang dilarang dan sebaliknya mengatakan serangan di Douma itu direncanakan.

Beberapa teori yang didukung Rusia tentang serangan itu telah diuji tetapi tidak dapat dibuktikan, tim menemukan. Itu termasuk silinder klorin dan mayat-mayat telah diletakkan di tempat kejadian oleh pasukan oposisi dan gas beracun itu berasal dari gudang terdekat yang digunakan oleh pemberontak.

Di satu lokasi di mana jumlah korban terbesar tercatat "silinder menghantam lantai atap sebuah bangunan perumahan tiga lantai tanpa menembusnya sepenuhnya, pecah dan dengan cepat melepaskan gas beracun, klorin, dalam konsentrasi sangat tinggi, yang menyebar dengan cepat di dalam gedung. membunuh 43 orang yang disebutkan namanya", kata ringkasan eksekutif.

Senjata klorin dilarang berdasarkan Konvensi Senjata Kimia, yang diratifikasi oleh Suriah pada 2013.

Serangan senjata kimia di Douma memicu serangan rudal terhadap sasaran pemerintah Suriah oleh Amerika Serikat, Inggris dan Prancis seminggu kemudian dalam aksi militer terbesar Barat terhadap Damaskus selama perang yang dimulai pada 2011. (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X