Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.078 views

Laporan: Raja Malaysia Akan Segera Pilih Perdana Menteri Berikutnya

KUALA LUMPUR, MALAYSIA (voa-islam.com) - Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah akan segera memilih perdana menteri berikutnya, kantor berita negara Bernama melaporkan pada hari Selasa (22/11/2022), mengutip istana nasional, yang tidak menentukan waktu untuk keputusannya.

Pernyataan istana datang ketika koalisi petahana mengatakan tidak akan mendukung pemimpin oposisi Anwar Ibrahim atau mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin dalam membentuk pemerintahan, menambah krisis politik dari pemilihan yang tidak meyakinkan.

Tanpa dukungan petahana Barisan Nasional, tidak ada kandidat yang dapat mencapai mayoritas sederhana yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan.

Raja telah memberikan partai politik sampai jam 2 siang waktu setempat pada hari Selasa untuk mengumpulkan aliansi yang dibutuhkan untuk mayoritas.

Tidak ada blok politik yang memenangkan mayoritas dengan sendirinya dalam pemilihan hari Sabtu.

Pemilihan dan gejolak berikutnya memperpanjang ketidakstabilan politik di negara Asia Tenggara, yang telah memiliki tiga perdana menteri selama bertahun-tahun, dan risiko penundaan keputusan kebijakan yang diperlukan untuk menggembleng pemulihan ekonomi.

Ketidakpastian melanda pasar saham Kuala Lumpur, yang turun untuk hari kedua pada Selasa. Kemenangan pemilu yang signifikan oleh partai Islam menambah ketakutan investor, terutama atas kebijakan perjudian dan konsumsi alkohol.

Perolehan elektoralnya juga menimbulkan kekhawatiran di Malaysia yang multikultural, yang memiliki minoritas etnis Cina dan India yang signifikan mengikuti agama lain. Partai Islam PAS telah mengadvokasi hukum syariah.

Polisi Malaysia memperingatkan pengguna media sosial negara itu untuk tidak memposting konten "provokatif" tentang ras dan agama setelah pemilihan yang memecah belah.

Koalisi progresif Anwar mengadakan negosiasi dengan Barisan Nasional, saingan lama Anwar, pada Senin untuk membahas aliansi potensial.

Barisan Nasional, kekuatan politik dominan Malaysia yang diperintah sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1957 hingga 2018 saat itu digulingkan karena tuduhan korupsi yang meluas.

Aliansi Muslim Melayu konservatif Muhyiddin - yang mencakup partai Islam - menegaskan kembali pada hari Senin bahwa dia punya
dukungan mayoritas, meskipun dia tidak mengidentifikasi pendukungnya.

Koalisi Anwar memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan hari Sabtu dengan 82, sementara blok Muhyiddin memenangkan 73. Mereka membutuhkan 112 -- dukungan mayoritas sederhana -- untuk membentuk pemerintahan.

Barisan Nasional hanya memenangkan 30 kursi – kinerja elektoral terburuknya – tetapi akan memainkan peran penting dalam memutuskan siapa yang membentuk pemerintahan karena dukungannya diperlukan agar Anwar dan Muhyiddin mencapai 112 kursi.

Ini akan menjadi perubahan haluan yang mencengangkan dalam politik Malaysia jika Anwar dan Barisan menjalin aliansi: sebagai ketua oposisi, Anwar telah menghabiskan sebagian besar karirnya mencoba menggulingkan Barisan.

Untuk pemilihan 2018, Anwar diikat dengan mentor yang berubah menjadi musuh Mahathir Mohamad untuk mengalahkan Barisan. Tapi aliansi mereka runtuh dalam 22 bulan, dan keduanya telah berselisih lagi. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X