Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.000 views

Ribuan Warga Kanada Berunjuk Rasa Mengecam Islamofobia Setelah Pembunuhan Keluarga Muslim

ONTARIO, KANADA (voa-islam.com) - Ribuan orang telah berunjuk rasa di Kanada untuk mengecam Islamofobia dan menyatakan dukungan mereka bagi keluarga Muslim yang baru-baru ini tewas dalam serangan brutal yang digambarkan sebagai kejahatan rasial.

Pada Ahad malam, seorang teroris Kulit Putih menabrakkan sebuah truk pickup ke sebuah keluarga beranggotakan lima orang di kota Kanada, London, Provinsi Ontario, menewaskan empat dari mereka dan melukai yang lain dalam serangan yang menargetkan para korban karena mereka adalah Muslim.

Polisi mengatakan korban tewas adalah seorang wanita berusia 74 tahun, seorang pria berusia 46 tahun, seorang wanita berusia 44 tahun, dan seorang gadis berusia 15 tahun. Seorang anak laki-laki berusia 9 tahun terluka dan sekarang dirawat di rumah sakit dalam kondisi serius.

Anggota keluarga tersebut adalah anggota aktif komunitas Muslim dan Pakistan di London dan anak-anak bersekolah di sekolah Islam setempat.

Mereka pindah ke Kanada dari Pakistan pada 2007.

Sang teroris, yang diidentifikasi sebagai Nathaniel Veltman, ditangkap di sebuah mal tujuh kilometer dari persimpangan tempat serangan itu terjadi. Teroris berusia 20 tahun itu sekarang ditahan, menghadapi empat tuduhan pembunuhan tingkat pertama.

Orang-orang di London berbaris sekitar tujuh kilometer pada hari Jum'at (11/6/2021) dari tempat di mana keluarga itu ditabrak ke sebuah masjid terdekat di dekat tempat Veltman ditangkap oleh polisi.

Para demonstran Kanada membawa plakat dengan pesan yang berbunyi, "Kebencian tidak memiliki rumah di sini," dan "Cinta di atas kebencian."

Demonstrasi serupa juga diadakan di kota-kota lain di Ontario, provinsi terpadat di Kanada.

Selain itu, puluhan tokoh masyarakat Muslim dan Kristen serta warga berkumpul di sebuah taman lokal di Scarborough, Ontario, untuk menyalakan lilin dan meletakkan bunga untuk mengenang keluarga tersebut.

Serangan itu memicu kemarahan di seluruh Kanada, dengan politisi mengutuk serangan mematikan dan menyerukan tindakan terhadap Islamofobia dan kejahatan bermotif rasial.

Perdana Menteri Justine Trudeau mengecam pembunuhan itu sebagai "serangan teroris" dan berjanji untuk menekan kelompok sayap kanan dan penyebar kebencian online.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengecam serangan mematikan itu, dengan mengatakan "tindakan terorisme" ini mengungkapkan Islamofobia yang berkembang di negara-negara Barat.

Insiden itu adalah yang terburuk terhadap Muslim Kanada sejak 2017 ketika seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah masjid dan menewaskan enam jemaah di Quebec.

Kanada sudah terhuyung-huyung dari tragedi menemukan mayat  215 siswa pribumi di Kamloops Indian Residential School dekat kota Kamloops, British Columbia.

Sekolah tersebut, salah satu dari banyak sekolah asrama yang didirikan untuk mengasimilasi paksa penduduk asli negara itu, didirikan pada tahun 1890 di bawah kepemimpinan gereja Katolik Roma, dan ditutup pada tahun 1978.

Fasilitas pendidikan tersebut merupakan bagian dari jaringan lintas Kanada dari 139 sekolah perumahan yang dibuat untuk mengasimilasi anak-anak pribumi secara paksa dengan mengeluarkan mereka dari rumah dan komunitas mereka, dan melarang mereka berbicara bahasa asli mereka atau melakukan praktik budaya.

Kanada, dalam beberapa tahun terakhir, telah menerima ketidakadilan rasial yang diderita oleh penduduk asli, yang membentuk sekitar lima persen dari populasi hampir 37 juta.

Menurut penyelidikan pada 2019, negara itu terlibat dalam "genosida berbasis ras" terhadap perempuan pribumi.

Dikatakan perempuan pribumi 12 kali lebih mungkin untuk dibunuh atau hilang daripada perempuan lain di Kanada.

Pemerintah Kanada telah disalahkan atas sekitar 4.000 perempuan Pribumi yang hilang selama beberapa tahun terakhir. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X