Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.361 views

Syawal, Bulan Overthinking tentang Nikah?

 

Oleh: Ameena N

Bulan syawal itu musim nikah, gitu nggak sih? Yup, sibuk kondangan sana-sini, eh, tiba-tiba overthinking tentang,

“Temen-temen udah pada nikah, aku kapan?”

“Jodoh aku siapa, ya?”

“Yang seperti apa, ya?”

Dan semacamnyalah. Apalagi buat yang umurnya udah umum untuk menikah seperti dua satu sampai dengan  dua puluh lima (bagi yang perempuan). Tapi emang kebanyakan yang overthinking kayak gini, tuh, cewek nggak, sih? Apa cowok juga? Lebih parah, mungkin?

But, eits. Cukup sampai situ aja overthinking-nya. Mikir gitu nggak pa-pa. Tapi jangan dibuat overthinking. Kenapa? Karena jalan hidup orang itu beda-beda, loh. Ada yang ketemunya secepat kilat, ada yang pelan tapi pasti, ada yang udahlah pelan, abu-abu lagi. Intinya, jangan selalu apa-apa itu takarannya jalan hidup orang lain. Apalagi masalah jodoh. Ini masalah kesiapan. Dan kesiapan ini pun dipengaruhi oleh banyak faktor. Ada yang siap secara ilmu karena di pesantren ada pelajaran bab nikah. Ada yang siap secara mental karena berasal dari keluarga cemara, jadi siap-siap aja menikah tanpa ada unsur trauma. Ada yang siap secara fisik karena emang rajin berbenah. Dan ada juga yang siap secara ekonomi karena emang kaya dari lahir.

Yang bahaya itu justru kalau nggak siap tapi hajar aja. Maksudnya, yang penting nikah aja dulu, deh. Yang lain-lain dipikir belakangan. Sebenarnya, yang paling minimal sekali untuk dipersiapkan dalam menikah itu, ya, ilmu dan mental. Kalau dua ini nggak ada sama sekali, bayangkan saja sendiri bagaimana menjalani bahtera rumah tangganya. Namanya juga pernikahan, tanggung jawabnya besar. Makanya jangan sampai, hanya karena FOMO, jadi say yes aja buat nikah sama sembarangan orang. Maksudnya, bobot bebetnya nggak dikonfirmasi dulu, latar belakangnya, dan lain sebagainya. Jangan tertipu sama apa yang tampak aja.

Berlapang dada atas skenario Allah

Ada yang nggak ngapa-ngapain, eh, tiba-tiba dijodohin dan langsung menikah. Ada juga yang sudah mencari ke sana ke mari namun belum kelihatan juga hilalnya. Ada yang mencintai dalam doa, eh, ternyata dikabulkan. Ada yang patah hati dulu baru dapat yang lebih baik. Jadi macam-macam, deh, skenario Allah itu. Kalian yang mana? Allahua’lam kalau itu. Yang jelas, sabar, berdoa, dan benahi diri. Itu aja dulu. Kalau masalah jodoh, biar Allah yang mengatur skenarionya. Dan selalu indah. Tunggu aja.

Persiapkan diri

Daripada overthinking tentang kapan menikah, kan lebih baik jika kita fokus terhadap diri kita dulu. Maksudnya, persiapkan diri agar jika nanti tiba-tiba jodoh itu datang, kita sudah siap secara lahir dan batin. Ilmu udah siap, mental udah siap, fisik juga udah siap. Jadi, habiskan waktu dan tenaga kita semasa single ini untuk belajar banyak hal. Nanti, ketika sudah berumah tangga, tinggal prakteknya. Nanti, ketika Allah udah bilang siap, maka insyaa Allah, akan Allah datangkan seseorang yang memang pantas untuk kita.

Berdoa

Usaha terakhir kita selain berbenah diri adalah berdoa kepada Allah. Alhamdulillah masih punya banyak waktu untuk berdoa minta didatangkan yang terbaik.

“Apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakkal.” (Ali imran: 159).

Untuk segala dilema kita tentang menikah, yang paling penting yang harus selalu kita ingat dan kita siapkan adalah perihal kematian kita. Karena bisa saja yang dahulu menjemput kita itu maut, alih-alih jodoh. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X