Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.705 views

Menyambut Malam Lailatul Qadar

 

Oleh: Aily Natasya

Di bulan Ramadhan, sebenarnya banyak banget hal-hal istimewa yang kita tunggu. Dan salah satunya adalah beribadah di malam Lailatul Qadar. Malam di mana ibadah pada malam ini lebih baik dari seribu bulan.

 “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadar: 3).

Wuah, maasyaa Allah. Seribu bulan itu berapa tahun, ya? Uhm, sekitar delapan puluh tahunanlah. Untung banget, ibadah satu malam, dapat pahalanya setara dengan ibadah selama delapan puluh tahun. Juga, banyak malaikat yang akan turun di malam yang satu ini. Dan perlu diketahui bahwa malam menurut Islam itu dimulai dari terbenamnya matahari (maghrib) sampai menjelang fajar (subuh). Semoga kita bisa mendapatkannya. Aamiin.

Keistimewaan lainnya

Selain keistimewaan pahala yang setara dengan ibadah selama seribu bulan, malam Lailatul Qadar juga memiliki banyak keunggulan lain yang menjadikan ia sebagai malam yang sangat istimewa. Apa aja, tuh? Check this out!

Pertama, malam Lailatul Qadar merupakan malam diturunkannya Al-Quran. Ini sudah Allah nyatakan dengan jelas dalam Al-Quran, yang artinya:

“Sesungguhnya Kami sudah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al-Qadar: 1).

Kedua, malam Lailatul Qadar memiliki kedudukan dan nilai yang sangat tinggi di sisi Allah.

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad-Dhukhan: 3)

Ketiga, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada malam Lailatul Qadar para malaikat dan Jibril turun ke bumi untuk mendapatkan berkah dan menyaksikan manusia berlomba-lomba beramal shalih.

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibri dengan izin Rab-nya mengatur segala urusan.” (QS. Al-Qadar: 4).

Keempat, malam Lailatul Qadar penuh dengan keselamatan dan kesejahteraan sampai terbit fajar.

“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Al-Qadar: 5).

Kelima, malam Lailatul Qadar penuh dengan ampunan bagi yang melakukan shalat pada malam ini. Rasulullah bersabda, “Siapa yang shalat malam pada malam Lailatul Qadar dengan iman dan penuh mengharap (pahala) maka akan diampuni dosa-dosanya baik yang telah lampau atau yang akan datang.”

Get Ready!

Seperti mana yang biasa kita ketahui bahwa kita bisa mulai menyiapkan malam ini di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Carilah malam Lailatul Qadar itu pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.”

Menurut website lampung.nu.or.id, terkait ciri-ciri Lailatul Qadar, para ulama dengan petunjuk dari hadits Rasulullah hanya mampu menjelaskan ciri-cirinya saja. Bahwa pada malam tersebut ditandai dengan hawa dan kondisi tenang dan tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang berbunyi:

“Lailatulqadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).” (HR. At-Thabrani).

Dan untuk doanya, kita bisa pakai yang diajarkan oleh Nabi kita, rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, sebagaimana dalam hadits:

Dari ‘Aisyah radhiyallahu’anha, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam , yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah Lailatulqadar, lantas apa doa yang mesti kuucapkan?” Jawan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, “Berdolah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku). (HR. Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850).

Okay, itu dia semua persiapannya. Jangan sampai loyo, ya. Akhir-akhir bulan Ramadhan ini malah yang tantangan banget untuk istiqomah dalam meningkatkan semangat ibadah. Semoga setelah pencerahan-pencerahan ini dapat membangkitkan rasa semangat kita dalam menyambut malam Lailatul Qadar di tahun ini, dan akan bisa menjadi lebih baik lagi daripada tahun sebelumnya. Aamiin. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Ahad, 16/06/2024 13:34

UKT dan Liberalisasi Pendidikan