Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.440 views

Persaudaraan Muslimah Serukan Budaya Hidup Halal dalam Keluarga Muslim

JAKARTA (voa-islam.com)--Ormas Persaudaraan Muslimah (Salimah) menyerukan penerapan budaya hidup halal di tengah masyarakat muslim. Melalui seruan ini diharapkan pengurus dan anggota Salimah serta seluruh umat Islam dapat menjaga konsumsi halal sesuai syariat.

Hal itu terungkap dalam tabligh akbar menyambut Ramadhan Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (PP Salimah) yang diselenggarakan secara virtual pada Ahad (6/3). Acara yang menghadirkan Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah, K.H. Muhammad Cholil Nafis, dihadiri oleh hampir seribu peserta yang merupakan pengurus dan anggota Salimah serta masyarakat umum.

Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati, menuturkan bahwa membudayakan hidup halal merupakan kewajiban yang harus ditegakkan oleh umat Islam.

"Budaya hidup halal merupakan bukti keimanan dan ketakwaan. Ketakwaan menyebabkan turunnya keberkahan dari langit dan bumi," jelasnya.

Etty juga menyampaikan pentingnya memperhatikan kehalalan makanan. Sebab, perhatian terhadap makanan akan mempengaruhi aspek kehidupan yang lain. Karena itu, Salimah yang memiliki jaringan di 34 provinsi, 371 kabupaten, 1.745 kecamatan, dan 632 kelurahan, berkomitmen untuk menjadikan halal sebagai budaya hidup sehari-hari.

Sementara itu, K.H. Cholil Nafis yang menjadi pembicara pertama pada tabligh akbar, mengajak peserta untuk mencari keberkahan yang khusus diberikan Allah untuk umat Nabi Muhammad.

"Umur umat Rasulullah berkisar antara 60 sampai 70 tahun. Namun, mereka bisa lebih baik dibanding umat-umat sebelumnya yang umurnya sangat panjang. Itu karena adanya berkah Allah yang melipatgandakan pahala hingga tak terbatas," terangnya.

Kiyai Cholil kemudian menjelaskan pentingnya menjaga kehalalan dalam keseharian. Menurutnya, halal haram adalah standard syariah, sedangkan berkah adalah hiasannya. Halal adalah kebenaran, berkah adalah kebaikan. Karena itu, ia mengajak peserta tabligh akbar untuk memastikan bahwa semua yang dilakukan adalah yang halal.

Selanjutnya, Sinta Santi, Ketua I PP Salimah yang menjadi pembicara kedua, memaparkan betapa pentingnya peran ibu dalam menjaga kehalalan dapur keluarga. Menurutnya, apa yang disuguhkan seorang ibu akan menjadi perilaku, karakter, dan pola pikir anak keturunannya. Maka, seorang ibu harus betul-betul memperhatikan konsumsi keluarga.

"Kehalalan yang diperhatikan seorang ibu bukan hanya dari zat, tetapi juga cara memperolehnya. Perhatikan dari mana memperoleh bahan makanan dan bagaimana mengolahnya," pesan Sinta.

Selain ceramah, acara tabligh akbar juga dimeriahkan dengan pemberian bantuan dari Pegadaian Syariah untuk Baitul Qur'an Salimah (BQS). Bantuan diberikan kepada BQS di 5 provinsi, yaitu Banten, Riau, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan.*[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X