Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.357 views

Usia Istri Jauh Lebih Tua: Membandingkan Kisah Macron dan Rasulullah

 

Oleh: Ana Sholikha

"Hai anak paman, sungguh aku sangat mencintaimu karena keluargamu, kemulyaanmu, rasa tanggung jawabmu, akhlakmu yang baik, dan kejujuran," kata Khadijah kepada Muhammad. (Mohon dipahami penulisan nama Baginda Muhammad Saw ditulis namanya saja ketika beliau belum diangkat sebagai Nabi).

Khadijah jatuh cinta kepada Muhammad. Kemudian menawarkan diri untuk menjadi istrinya. Apa gerangan yang membuat wanita cerdas, bijaksana, mulya, dan kaya raya itu mencintai pemuda berusia 25 tahun? Padahal Khadijah sendiri sudah berusia 40 tahun.

Beginilah runtutan peristiwanya. Telah sampai berita kepada Khadijah tentang Muhammad, besarnya tanggung jawab beliau terhadap amanah serta akhlaknya yang baik. Sehingga selaku aghniya (orang kaya), Khadijah menawarkan hartanya kepada Muhammad untuk diperdagangkan ke Syam (saat ini meliputi Suriah sebagai pusatnya, Palestina, Lebanon, dan Yordania) dengan ditemani pembantunya, Maisarah.

Di Syam, Muhammad singgah dan beristirahat di bawah pohon yang tidak jauh dari tempat pertapaan Rahib Nasthura. Lalu Rahib ini mendekati Maisarah dan berkata, "Siapa lelaki yang beristirahat di bawah pohon itu?"

"Dia itu orang Quraisy dari Ahlul Haram (keluarga terhormat)," jawab Maisarah.

Kemudian Sang Rahib kembali berkata, "Tidak seorang pun yang beristirahat di bawah pohon itu, kecuali dia seorang Nabi."

Sepanjang perjalanan perdagangan Makkah ke Syam begitu pun saat kembali, Maisarah selalu melihat dua malaikat yang menaungi Muhammad dari teriknya sinar matahari.

Setelah tiba kembali ke Makkah, Muhammad melaporkan kepada Khadijah bahwa barang dagangannya laku banyak serta mendapatkan keuntungan yang besar. Ini adalah keuntungan yang melimpah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Maisarah pun menyampaikan apa yang dilihatnya juga yang didengar dari Rahib Nasthura.

Dari sinilah Khadijah mulai jatuh cinta. Namun informasi dari Maisaroh itu tidak disimpan sendiri. Khadijah menyampaikannya kepada Waraqah bin Naufal, sepupunya. Waraqah adalah penganut agama Nasrani yang rajin mendalami berbagai kitab, sehingga dia menjadi orang yang terpandai saat itu.

Mendengar apa yang disampaikan Khadijah, Waraqah berkata, "Wahai Khadijah, jika semua itu benar, sesungguhnya Muhammad adalah Nabi bagi umat ini. Sekarang saya tahu bahwa dialah Nabi yang sedang ditunggu oleh umat ini."

Pernyataan Waraqah ini menjadikan Khadijah semakin yakin untuk menjadi istri bagi lelaki yang agung. Meskipun sebelumnya sudah banyak pemimpin dan pemuka kaum yang hendak menikahinya. Namun Khadijah belum menemukan chemistry untuk menerima mereka.

Tidak bertepuk sebelah tangan, tawaran Khadijah diterima Muhammad. Dua bulan kemudian pernikahan itu berlangsung dengan mas kawin dua puluh ekor onta muda. Jika kita kurskan ke rupiah. Harga satu ekor onta saat ini kisaran 30 juta. Maka nilai maharnya sekitar 600 juta, lebih dari setengah milyar.

Lantas apa irisan atau kesamaan Rasulullah Saw dengan Presiden Prancis saat ini? Ada satu hal, yakni sama-sama menikah dengan wanita yang usianya lebih tua. Nabi Muhammad Saw. selisih 15 tahun dengan Ummul Mukminin, Khadijah. Sementara Emmanuel Macron selisih 24 tahun dengan Brigitte.

Serupa tapi tak sama. Ada perbedaan tajam terkait proses menuju pernikahan kedua pasangan di atas. Tahapan yang ditempuh Rasulullah Saw. dan Khadijah adalah gambaran yang semestinya kita contoh. Tanpa menabrak norma. Juga tidak menyakiti pihak lain.

Sementara proses yang dilakoni Macron sarat pelanggaran norma. Sebab diawali dari perselingkuhan karena si wanita masih terikat pernikahan. Tentu di sini ada pihak yang terluka. Tahapan seperti ini jangan dijadikan panutan.

Terlepas dari proses menuju pernikahannya. Apresiasi besar layak diberikan kepada pasangan tipe ini. Baik kepada pihak wanita maupun pria. Karena mereka mampu berjalan di luar keumuman. Membuang anggapan bahwa laki-laki lebih suka bersama wanita yang lebih muda. Juga kesiapan wanita menghadapi segala tantangan saat dia lebih dulu menua.

Tidak ada yang aneh dengan pernikahan usia suami lebih muda. Terpenting adalah bagaimana proses menujunya. Tetap pegang tuntunan syariat. Juga usaha menjaga pernikahan agar tetap langgeng hingga maut memisahkan. Tentu ini bukan perkara mudah, namun bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan.

Baginda Nabi Muhammad Saw. memperlakukan Khadijah dengan penuh cinta hingga istrinya wafat saat usia 65 tahun. Bagi Rasulullah sendiri, Khadijah sangat istimewa. Diriwayatkan, ketika Khadijah sakit menjelang ajal, beliau berkata kepada Rasululllah SAW, “Aku memohon maaf kepadamu, Ya Rasulullah, kalau aku sebagai istrimu belum berbakti kepadamu.”

Rasulullah menjawab, "Jauh dari itu ya Khadijah. Engkau telah mendukung dakwah Islam sepenuhnya.”

Itulah akhir perjalanan Rasulullah dengan Khadijah. So sweet. Layak banget dijadikan teladan bagi kita semua.

Nah, bagaimana akhir kisah Macron dengan istrinya? Yang akhir-akhir ini netizen mulai julid atas hidup mereka. Sampai memprediksi akan poligami segala.

Sebagai sesama wanita, berharap Macron mampu meneladani Nabi dalam perkara ini. Yakni tetap memperlakukan istrinya dengan baik hingga akhir hayatnya. Syukur-syukur mau menjadi pejuang Islam juga. Gak apa-apa kan mimpi yang baik-baik? Telah banyak dicatat sejarah, mereka yang dulunya sangat membenci Islam berubah menjadi sosok yang sangan mencintai Islam dengan izin Allah. Tak ada yang mustahil di dunia ini. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Selain jadi target pemurtadan misionaris, warga kesulitan air bersih untuk wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi penghubung sumber mata air ke masjid,...

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Kondisi Mushalla Khoirussalam Sambong ini semrawut karena pembangunan berhenti terkendala dana. Dibutuhkan dana 15 juta rupiah untuk menuntaskan mushalla hingga layak dan nyaman. ...

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia  Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Yatim berprestasi ini putus sekolah. Impian pendidikan pesantren untuk mewujudkan cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan guru agama Islam terkubur oleh kendala biaya....

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Latest News
Memilih Pemimpin

Memilih Pemimpin

Jum'at, 15 Jan 2021 21:15

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Jum'at, 15 Jan 2021 19:45

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Jum'at, 15 Jan 2021 16:56

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 12:59

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Jum'at, 15 Jan 2021 11:35

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Jum'at, 15 Jan 2021 11:10

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Jum'at, 15 Jan 2021 10:59

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 10:47

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

Jum'at, 15 Jan 2021 00:16

Ketua KPU Arief Budiman Dipecat

Ketua KPU Arief Budiman Dipecat

Jum'at, 15 Jan 2021 00:10

Unduhan WhatsApp Menyusut Buntut Pengumuman Kebijakan Privasi Baru

Unduhan WhatsApp Menyusut Buntut Pengumuman Kebijakan Privasi Baru

Kamis, 14 Jan 2021 21:05

Pemberonak Syi'ah Houtsi Bantai 20 Petani di Taiz Yaman

Pemberonak Syi'ah Houtsi Bantai 20 Petani di Taiz Yaman

Kamis, 14 Jan 2021 20:45

Ngenes, Kematian Nakes Tertinggi se-Asia?

Ngenes, Kematian Nakes Tertinggi se-Asia?

Kamis, 14 Jan 2021 18:54

Ketua STAI PTDII: Syekh Ali Jaber Inspirasi Program Tahfiz

Ketua STAI PTDII: Syekh Ali Jaber Inspirasi Program Tahfiz

Kamis, 14 Jan 2021 16:21

Orang Meninggal dengan Izin Allah, Apa Maksudnya?

Orang Meninggal dengan Izin Allah, Apa Maksudnya?

Kamis, 14 Jan 2021 14:45

Meski Sempat Jadi WN Arab Saudi, MUI Sebut Syekh Ali Jaber Cinta Indonesia Sepenuh Hati

Meski Sempat Jadi WN Arab Saudi, MUI Sebut Syekh Ali Jaber Cinta Indonesia Sepenuh Hati

Kamis, 14 Jan 2021 14:36

Donald Trump Jadi Presiden AS Pertama yang Dimakzulkan untuk Kedua Kalinya

Donald Trump Jadi Presiden AS Pertama yang Dimakzulkan untuk Kedua Kalinya

Kamis, 14 Jan 2021 14:15

Waspada terhadap Covid-19 adalah Bentuk Ketaqwaan

Waspada terhadap Covid-19 adalah Bentuk Ketaqwaan

Kamis, 14 Jan 2021 13:01

Bagong Mbangun Deso Versus Gelandangan Instant

Bagong Mbangun Deso Versus Gelandangan Instant

Kamis, 14 Jan 2021 11:55

KH Cholil Nafis: Syekh Ali Jaber Dai yang Istiqamah dan Rendah Hati

KH Cholil Nafis: Syekh Ali Jaber Dai yang Istiqamah dan Rendah Hati

Kamis, 14 Jan 2021 10:41


MUI

Must Read!
X