Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.199 views

Anjuran Menutup Aurat untuk Anak

 

Oleh:

Arsita Rahadiyani Loekito

 

TERCATAT bahwa populasi muslim tertinggi dunia berada di Indonesia, yakni sebesar 12,7%, kemudian diikuti oleh Pakistan (11,0%) dan India (10,9%). Pemeluk agama Islam meyakini adanya perintah untuk menutup aurat. Bagi muslim laki-laki, aurat yang wajib ditutupi adalah bagian badan antara pusat sampai lutut. Sementara bagi muslim perempuan, auratnya adalah seluruh badan kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

Perintah tersebut diwajibkan bagi umat Islam yang telah baligh dan berakal sehat. Maka, saat ada perempuan muslim yang masih anak-anak belum menutup auratnya, hal ini tidaklah melanggar perintah agama. Anjuran menutup aurat pada anak merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan perintah agama sejak usia dini, sehingga saat sudah mencapai baligh nanti mereka telah terbiasa dan siap menjalankan perintah menutup aurat.

 

Islam dan Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Berdasarkan hasil Sensus Penduduk di tahun 2010, Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa Islam merupakan agama dengan jumlah pemeluk tertinggi di Indonesia yakni sebanyak 207 juta jiwa. Nilai ini setara dengan 87%, artinya bahwa sebagian besar dari penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Dan apabila dilihat dari skala yang lebih besar lagi, Wikipedia mencatat bahwa sejumlah 13% umat muslim dunia berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Agama di Indonesia umumnya diturunkan dari garis keluarga. Artinya anak yang dilahirkan dari keluarga muslim akan memeluk kepercayaan yang dianut oleh orang tuanya. Begitu pula untuk agama yang lain. Tetapi ada pula yang memeluk agama yang berbeda dengan yang dianut oleh orang tuanya, hal seperti ini umumnya terjadi pada orang yang telah dewasa atau seseorang telah dapat mengambil keputusan atas jalan fikirannya sendiri.

Anak-anak merupakan generasi masa depan yang masih membutuhkan bimbingan. Untuk mencetak generasi muda yang unggul, berakhlak mulia serta berbudi pekerti yang luhur, orang tua sangat perlu memberikan arahan serta tuntunan kepada anak-anak. Tentu dalam hal penampilan, juga harus sesuai dengan aturan yang diperintah oleh Sang Pencipta. Demikian juga dengan keluarga Islam, mereka tentu ingin mencetak generasi yang menjalankan syariat dan tuntunan Islam.

 

Perintah Menutup Aurat

Islam mewajibkan laki-laki dan perempuan untuk menutup aurat. Aurat bagi laki-laki muslim adalah dari pusar sampai lutut, sementara aurat bagi perempuan muslim menurut sebagian ulama adalah seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan. Kewajiban menutup aurat ini dibebankan kepada mukallaf, yaitu orang yang telah baligh dan berakal. Ketika seorang pemeluk agama Islam sudah mukallaf, maka diwajibkan baginya untuk menutup aurat dan menjalankan seluruh kewajiban agama.

Islam pun telah menetapkan aturan menutup aurat bagi muslim perempuan dengan sangat rinci, salah satunya adalah perintah mengenakan kerudung.. Mengenakan kerudung berarti merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Selain itu berkerudung juga menjadi bukti keimanan seorang Muslimah. Sebab, dalam firman-Nya, QS An-Nur: 31 dan QS Al-Ahzab: 33Allah tidak mengarahkan pembicaraan tentang hijab kecuali kepada para wanita Mukminah (beriman).

 

Lalu bagaimana dengan menutup aurat bagi anak-anak? 

Di atas sudah disebutkan bahwa perintah menutup aurat bagi umat muslim adalah saat telah mencapai usia baligh dan juga berakal. Maka jelas, menutup aurat bagi anak-anak bukanlah kewajiban. Anak perempuan muslim yang belum baligh, tidak ada kewajiban bagi mereka untuk memakai hijab atau kerudung.

Aktivitas memakaikan hijab atau kerudung bagi anak-anak merupakan salah satu langkah pengajaran dan pembelajaran untuk menutup aurat sejak dini. Kegiatan mengajari anak-anak untuk menutup aurat sejak dini ini dalam rangka membiasakan perbuatan baik sedari kecil sehingga akan terbiasa menutup aurat sampai akhirnya mereka dewasa nanti. Saat tiba masa baligh, mereka telah siap secara lahir dan batin untuk menutup auratnya, bukan karena suatu paksaan, takut maupun karena sekedar untuk menjalankan aturan di negaranya.

 

Saat Islam menjadi Minoritas

Berkesempatan menjadi muslimah di negeri yang Islam menjadi minoritas dapat membuka mata serta fikiran. Saat Islam menjadi minoritas, tantangan dalam beribadah serta menambah ilmu keislaman tentu lebih besar. Keadaan alam dan geografis maupun lingkungan sosial yang berbeda turut memberi andil dalam menguji ketaatan dan keimanan. Namun, dibalik besarnya tantangan yang dihadapi nilai kekhusyukan makin terasa ketika menjalakan ritual ibadah.

Bagi yang tinggal di Indonesia, selain bimbingan yang diberikan oleh tua, kondisi lingkungan sosial dapat turut mendukung proses pengenalan tuntunan syariat seperti yang dicontohan Nabi Muhammad SAW beserta istri dan juga para sahabatnya. Sedangkan bagi para orang tua yang tinggal di luar tanah air, khususnya muslim menjadi agama minoritas, tentu kondisinya saat berlainan. Faktor lingkungan sosial yang tidak islami, literatur yang mendukung proses pengenalan agama Islam kepada anak-anak tidak tersedia dan sulit dijangkau, dan bahkan di beberapa daerah lokasi masjid terletak jauh atau agak jauh dari pemukiman mereka.

Bagi muslim yang berkesempatan tinggal di luar negeri, aktivitas yang dilakukan sehari-hari menjadi suatu aktivitas dakwah di lokasi mereka tinggal. Karena melalui aktivitas harian, mereka dapat memberikan informasi serta pemahaman atas Islam kepada tetangga atau masyarakat sekitar yang masih belum memiliki gambaran tentang Islam.

Salah satunya adalah hijab sebagi bentuk ketataan muslimah terhadap perintah menutup aurat. Memakai hijab atau kerudung tentu menjadi suatu hal yang mencolok di tengah kondisi sosial yang Islam menjadi minoritas di sana. Menjadi berbeda dari lingkungan. Hal ini tentu timbul banyak pertanyaan di benak penduduk lokal tentang hijab ataupun kerudung yang kemudian dihubungkan dengan kondisi dan lokasi tempat tinggal.

Menjalani peran sebagai WNI yang beragama Islam di luar negeri artinya kita membawa simbol yang menggambarkan umat muslim pada umumnya, serta WNI muslim pada khususnya. Oleh karena itu, sebagai muslim pendatang di suatu negara harus tetap mematuhi peraturan yang diterapkan oleh negara dimana ia tinggal, agar penduduk setempat pun mendapatkan kesan bahwa orang asing yang muslim mau dan berusaha menjalankan aturan negara yang berlaku.

Berada di negeri dimana Islam menjadi minoritas juga memberikan pengalaman tak terlupakan saat bertemu dan berinteraksi dengan umat muslim dari negara dan belahan bumi yang lain. Beberapa berkesempatan mendirikan sholat berjamaah di masjid, dan melihat secara langsung cara umat Islam dari negara lain dalam berpakaian. Mengetahui fakta bahwa berhijab di Arab Saudi merupakan aturan negara yang wajib dijalankan oleh semua warganya, dan mendapati fenomena ada warga negara tersebut yang menanggalkan hijabnya saat keluar dari negaranya.

Mengikuti kegiatan berbuka puasa di masjid terdekat dan bertemu dengan anak-anak muslim dari negara Bangladesh, India, beberapa negara timur tengah seperti Mesir, Pakistan, Iran dan Arab Saudi tidak mengenakan hijab atau kerudung saat datang untuk beribadah di masjid. Sungguh suatu yang di luar dugaan. Selama ini menganggap bahwa aktivitas membiasakan hijab atau kerudung pada anak mengadopsi dari kebiasaan warga muslim yang tinggal di negara yang berlandaskan pada hukum Islam. 

Sebagai warga muslim Indonesia, sepatutnya kita tidak perlu mempermasalahkan penggunaan hijab pada anak karena itu sebenarnya bukanlah suatu kewajiban, melainkan pembiasaan baik yang diterapkan sejak dini. Suatu aktivitas mendidik dan mengajarkan tentang kewajiban menutup aurat sejak dini. Dengan menerapkan kebiasaan menutup aurat sejak dini, anak-anak mulai belajar untuk memahami perbedaan gender dan rasa malu. Dan yang lebih penting adalah memberikan dasar pemikiran agar menutup aurat itu merupakan kewajiban dari Tuhan Yang Maha Esa, bukan suatu aturan yang ditetapkan oleh negara.

Sehingga saat berada di manapun, akan selalu merasa untuk menjalankan kewajiban yang diperintahkan oleh-Nya. Setelah menjalankan kewajiban tersebut, sebagai perempuan muslim yang telah menutup aurat dengan berhijab atau berkerudung, hendaklah mampu menjaga perbuatan dan tingkah lakunya. Jangan sampai seluruh penampilan telah sesuai dengan tuntunan Islam, namun perilaku sehari-hari tidak mencerminkan seorang muslim yang seharusnya.

 

Profil Penulis

Wanita kelahiran Kupang (NTT), ibu bagi dua orang putri yang kini berusia 13 tahun dan 14 bulan. Sejak tahun 2016 tinggal di Jepang, menemani suami yang sedang menuntut ilmu di Universitas Tsukuba, icon kota itu. Aktif sebagai pengurus komunitas Forum Pengajian Muslimah Indonesia Tsukuba sejak 2017. Fokus mengembangkan blogger pribadinya, www.arsitarahadiyani.com, yang bertema seputar kehidupan di Jepang dan gaya hidup.

Untuk menghubungi penulis bisa melalui arsitaloekito@gmail.com

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X