Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.808 views

Yayasan Waqaf Haroen Aly Gelar Pelatihan dan Workshop Perangkat Pembelajaran

BANDA ACEH (voa-islam.com)--Yayasan Waqaf Haroen Aly (YWHA) yang menaungi Dayah Darul Quran Aceh (DQA) menggelar pelatihan dan workshop perangkat pembelajaran dan simulasi pelaksanaan pembelajaran untuk Guru SMP & SMA di Dayah Darul Quran Aceh (DQA) mulai 12-13 Januari 2021 di Hotel Pertama Hati, Banda Aceh.

Kegiatan tersebut diikuti 50 peserta yang terdiri dari Dewan Guru dan Staf Sekretariat Dayah DQA. Dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris YWHA, Tgk H Irawan Abdullah, S.Ag.

Adapun pematerinya yang sangat berkompeten dan para ahli di bidangya masing-masing. Diantaranya konsultan pendidikan UIN Ar-Raniry, Dr. M. Duskri, M.Kes, Kabid Pendidikan dan Pengembangan SDM DQA, Dr. Safrilsyah Syarief, M.Si, Mahdi Wahyuni Salam, M.Ed Ph.D, Dr. Nurchalis Sofyan, MA dan Muhammad Aulia, M.Ed Ph.D. 

Dalam sambutannya Tgk Irawan Abdullah menyampaikan seorang guru atau pengajar  tugasnya bukanlah hanya untuk mentransferkan ilmunya kepada santri atau pelajar. Akan tetapi yang lebih utama memberikan nilai-nilai karakter dan akhlak yang bisa menjadi suri tauladan dan panutan para santri. 

“Guru juga diharapkan dapat mengupgrade dirinya sendiri untuk  pengembangan SDM yang lebih handal dan profesional. Selain itu seorang guru juga di tuntut untuk bisa melayani dan berkomunikasi dengan masyarakat, terutama wali santri secara baik dan teratur,” kata Tgk Irawan Abdullah.

Sementara itu Direktur Dayah DQA Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz, MA menjelaskan kualitas seorang guru tidak hanya diukur dari tingginya pendidikan yang sudah ia tempuh. Namun juga harus memiliki wawasan yang luas dengan membaca buku atau mencari referensi lainnya. 

“Selain itu juga sanantiasa berusaha meningkatkan kreatifitas diri yang produktif dan memiliki daya tarik terhadap santri ketika mengajar,” kata Ustaz Hajarul Akbar.

Peraih peringkat 13 dunia lomba hafiz 30 juz dan tafsir pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Internasional di Casablanca, Moroko tahun 2018 itu sangat mengapresisasi dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan upgrading untuk guru tersebut. 

Ia menambahkan dalam pelatihan dan workshop itu juga dibahas dan dibedah beberapa grand desain pendidikan yang diajarkan di Dayah DQA. Diantaranya komisi akademik, karakter santri, tahfizh dan wawasan keislaman. Selain itu juga adanya bidang bahasa dan teaching method yaitu metode pembelajaran kreatif dan menarik. 

“Grand desain pendidikan di Dayah DQA itu akan selalu di upgrade untuk menambah dan memaksimalkan kualitas para guru. Sehingga output dari para santri juga sesuai harapan dan menggembirakan,” jelas Ustaz Hajarul Akbar.

Ia menjelaskan dengan grand desain pendidikan yang baik itu diharapkan akan menghasilkan santri yang memiliki karakter qurani dan mampu menguasai keilmuan saint (IPA) dan humaniora (Agama dan sosial budaya) yang berstandar nasional dan  internasional.

Juga menghasilkan santri yang memiliki hafalan quran yang terstandar dan malakah serta pemahaman makna bacaaan alquran secara benar dan baik. Serta mampu berbahasa arab dan inggris secara aktif dengan baik dan benar yang berstandar internasional (TOAFL DAN TOEFL).

“Lebih dari itu juga memiliki wawasan keislaman yang luas, berpikir kreatif, inovatif dan secara universal berintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal. Tentunya harapan-harapan tersebut akan terwujud jika semua pihak berkontribusi aktif dan profesional dalam melaksanakannya,” pungkas Ustaz Hajarul Akbar.* [Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X