Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
592 views

Perburuan Asal-usul Serangan Pager di Libanon Meluas ke Bulgaria dan Norwegia

SOFIA, BULGARIA (voa-islam.com) - Bulgaria dan Norwegia menjadi titik fokus baru pada hari Kamis (19/9/2024) dalam perburuan global untuk mengetahui siapa yang memasok ribuan pager kepada Hizbulata yang meledak di Lebanon minggu ini dalam pukulan mematikan bagi kelompok militan tersebut.

Sumber keamanan mengatakan bahwa Israel bertanggung jawab atas ledakan pada hari Selasa yang menewaskan 12 orang, melukai lebih dari 2.300 orang dan meningkatkan taruhan dalam konflik yang berkembang antara kedua belah pihak. Israel belum mengomentari serangan tersebut secara langsung.

Bagaimana dan dengan bantuan siapa serangan pager itu dilakukan belum diketahui, meskipun sejauh ini ada kemungkinan petunjuk di Taiwan, Hungaria, dan Bulgaria.

Tidak jelas bagaimana dan kapan pager tersebut dijadikan senjata sehingga dapat diledakkan dari jarak jauh. Pertanyaan yang sama masih ada untuk ratusan radio genggam yang digunakan oleh Hizbulata yang meledak pada hari Rabu dalam gelombang serangan kedua.

Satu teori adalah bahwa pager tersebut dicegat dan dihubungkan dengan bahan peledak setelah meninggalkan pabrik. Teori lainnya adalah bahwa Israel mengatur seluruh rantai pasokan yang mematikan tersebut.

Pihak berwenang Bulgaria mengatakan pada hari Kamis bahwa kementerian dalam negeri dan dinas keamanan negara telah membuka penyelidikan terhadap kemungkinan hubungan sebuah perusahaan. Mereka tidak menyebutkan nama perusahaan yang mereka selidiki.

Laporan media lokal mengatakan Norta Global Ltd yang berkantor pusat di Sofia telah memfasilitasi penjualan pager tersebut kepada Hizbulata. Mengutip sumber keamanan, penyiar nasional bTV melaporkan bahwa 1,6 juta euro yang terkait dengan transaksi tersebut melewati Bulgaria, dan dikirim ke Hungaria.

Reuters tidak dapat segera mengonfirmasi klaim tersebut.

Email yang dikirim ke email Norta yang tercantum dalam catatan pendaftaran perusahaan Bulgaria dikembalikan karena tidak dapat dikirim. Pendiri perusahaan tersebut menolak berkomentar.

Gambar pager yang hancur yang dianalisis oleh Reuters menunjukkan format yang konsisten dengan perangkat yang dibuat oleh Gold Apollo Taiwan. Gold Apollo mengatakan pada hari Rabu bahwa pager tersebut dibuat oleh BAC Consulting, sebuah perusahaan yang berpusat di ibu kota Hongaria, Budapest.

Pemilik dan CEO BAC Consulting, Cristiana Barsony-Arcidiacono, tidak menanggapi beberapa permintaan komentar melalui telepon dan pesan teks.

Pada hari Rabu, dia mengatakan kepada NBC News bahwa perusahaannya bekerja sama dengan Gold Apollo tetapi dia tidak ada hubungannya dengan pembuatan pager tersebut. "Saya hanya perantara. Saya pikir Anda salah," katanya kepada NBC.

Situs berita Hongaria, Telex melaporkan bahwa penjualan tersebut difasilitasi oleh Norta Global Ltd, mengutip sumber.

Kantor pusat Norta di Bulgaria terdaftar di sebuah gedung apartemen di ibu kota Sofia yang juga merupakan rumah bagi hampir 200 perusahaan lain, menurut pendaftaran perusahaan setempat. Tidak ada tanda-tanda Norta.

Seorang pengacara, Vladimir Kuzmanov, yang mengatakan bahwa dia mewakili perusahaan tersebut, hadir di alamat tersebut tetapi menolak untuk menanggapi pertanyaan ketika dihubungi oleh Reuters pada hari Kamis.

Konten di situs web Norta Global, globalnorta.com, dihapus pada hari Kamis. Situs web tersebut sebelumnya memiliki versi bahasa Inggris, Bulgaria, dan Norwegia, dan mengiklankan layanan termasuk konsultasi, integrasi teknologi, perekrutan, dan alih daya.

"Apakah Anda mencari perusahaan yang tangkas untuk membantu Anda sukses atau menemukan solusi teknologi yang tepat untuk Anda? Tidak perlu mencari lebih jauh," kata situs web tersebut, menurut salinan situs web yang ditinjau oleh Reuters sebelum diubah.

Pendiri Norta, Rinson Jose, berdomisili di Norwegia. Ia menolak berkomentar tentang pager ketika dihubungi melalui telepon dan menutup telepon ketika ditanya tentang bisnis Bulgaria tersebut.

Tetangganya di pinggiran kota Oslo yang tenang mengatakan mereka tidak tahu banyak tentangnya. Amund Djuve, CEO DN Media, tempat Jose saat ini bekerja, mengatakan kepada Reuters bahwa ia mengetahui laporan tersebut dan telah memberi tahu polisi dan dinas keamanan. Ia mengatakan bahwa Jose sedang dalam perjalanan ke Amerika Serikat.

"Kami menanggapi masalah ini dengan sangat serius," kata Djuve.

Kepolisian Oslo mengatakan telah memulai "penyelidikan awal atas informasi yang terungkap".

Badan intelijen domestik Norwegia, PST, mengatakan pihaknya mengetahui situasi tersebut dan menolak berkomentar lebih lanjut.

Tidak ada bukti adanya hubungan antara DN Media dan Norta.

Pertanyaan yang belum terjawab

Barsony-Arcidiacono dari BAC Consulting, perusahaan yang berkantor pusat di Budapest yang juga terkait dengan penjualan pager, mengosongkan apartemennya di Budapest pada hari Rabu, kata seorang tetangga kepada Reuters. Pintunya terbuka sedikit pada hari Rabu tetapi ditutup pada hari Kamis pagi, kata seorang reporter Reuters di tempat kejadian. Tidak seorang pun menjawab bel pintu.

Seorang sumber keamanan Libanon mengatakan kepada Reuters bahwa Hizbullah yakin bahwa mereka memesan pager dari Gold Apollo dan bahwa pager tersebut diproduksi di Asia, bukan Eropa.

Sumber tersebut mengatakan bahwa Hizbullah menganggap jauh lebih mudah bagi badan mata-mata Israel, Mossad, untuk beroperasi di Hongaria.

"Ada kemungkinan Mossad mendirikan perusahaan Eropa," kata sumber itu.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X