Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.379 views

Pengadilan Islamabad Batalkan Surat Perintah Penangkapan Terhadap Mantan PM Imran Khan

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Sebuah pengadilan di Islamabad pada Sabtu (18/3/2023) membatalkan surat perintah penangkapan tanpa adanya jaminan terhadap mantan Perdana Menteri Imran Khan setelah para pendukungnya bentrok dengan polisi.

Sekitar 4.000 petugas keamanan dikerahkan selama persidangan ketika konvoi Khan tiba dari kediamannya di Lahore ke ibu kota Pakistan, di mana dia dijadwalkan untuk menghadiri tuduhan menjual hadiah negara secara tidak sah yang diberikan kepadanya oleh para pemimpin asing saat menjabat dari 2018 hingga 2022.

Khan membantah tuduhan terhadapnya.

Saat Khan hendak mencapai kompleks peradilan untuk sidang, bentrokan pecah antara petugas keamanan dan pendukung partai Pakistan Tehreek-e-Insaf.

Dia menandai kehadirannya dari mobilnya dan pengadilan mengakui kehadirannya.

“Sidang dan penampilan (Khan) tidak dapat dilanjutkan dalam situasi ini,” kata Hakim Zafar Iqbal, seperti yang ditujukan kepada staf kehakiman setelah polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan pendukung Khan dan menjadi sulit bernapas di ruang sidang.

“Tanyakan pada Imran Khan, tidak perlu penembakan (gas air mata), pelemparan batu atau apa pun, tandatangani (daftar hadir) dan pergi… Semua yang berkumpul di luar pengadilan harus bubar setelah tanda tangan (Khan).”

Sidang eks PM ditunda hingga 30 Maret.

Pengadilan sebelumnya telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Khan dalam kasus tersebut karena dia tidak hadir dalam sidang sebelumnya.

Sebelum dia mencapai Islamabad, Khan mengungkapkan ketakutannya bahwa polisi dan pemerintah berencana untuk menahannya.

Pengadilan Tinggi Islamabad sebelumnya telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Khan dalam kasus tersebut karena ia tidak hadir dalam sidang sebelumnya. Atas jaminan bahwa dia akan hadir pada hari Sabtu, pengadilan memberinya perlindungan dari penangkapan.

Awal pekan ini, polisi Lahore berusaha menangkap Khan, dan petugas bentrok dengan para pendukungnya di luar rumahnya.

Di Twitter, Khan menulis bahwa “jelas” bahwa pemerintah bermaksud untuk menangkapnya dan bahwa dia akan melanjutkan ke Islamabad dan pengadilan karena dia percaya “pada aturan hukum.”

Dia menambahkan: “Jelas juga sekarang bahwa seluruh pengepungan Lahore bukan tentang memastikan saya hadir di hadapan pengadilan dalam sebuah kasus, tetapi dimaksudkan untuk membawa saya ke penjara sehingga saya tidak dapat memimpin kampanye pemilihan kami.”

Khan telah memimpin protes nasional sejak pemecatannya dalam mosi tidak percaya pada April tahun lalu.

Dia menekan pemerintahan penggantinya Shehbaz Sharif dengan demonstrasi yang menyerukan pemilu akhir tahun ini diadakan lebih awal. (AN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Jum'at, 12/04/2024 13:42

Generasi Enggan Menikah, Apa yang Salah?