Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.522 views

Polisi Gerebek Rumah Imran Khan Saat Mantan PM Pakistan Itu Menuju Ke Pengadilan

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) – Polisi Pakistan telah menggerebek rumah mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan di Lahore yang sedang dalam perjalanan ke ibukota, Islamabad, untuk hadir di pengadilan.

Khan dipanggil oleh pengadilan sehubungan dengan kasus hadiah negara di mana dia akan didakwa pada hari Sabtu (19/3/2023). Segera setelah keberangkatannya dari Lahore pada hari Sabtu, polisi di ibu kota provinsi Punjab melakukan penggerebekan di kediamannya, mendobrak gerbang masuk untuk mendapatkan akses.

Khan, ketua partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), mengutuk penggerebekan itu dan mengatakan itu dilakukan saat istrinya sendirian di rumah.

“Polisi Punjab telah memimpin penyerangan ke rumah saya di Taman Zaman di mana Bushra Begum sendirian. Di bawah hukum apa mereka melakukan ini? Ini adalah bagian dari Rencana London di mana komitmen dibuat untuk membawa Nawaz Sharif yang melarikan diri ke tampuk kekuasaan sebagai quid pro quo untuk menyetujui satu penunjukan,” cuit Khan.

Rekaman dari Lahore menunjukkan polisi mendobrak gerbang kediaman Khan setelah mereka menghadapi perlawanan dari pendukung PTI. Sebuah tweet yang dibagikan oleh partainya menunjukkan polisi menggunakan pentungan untuk menyasar para pendukung.

Penampilan Khan di pengadilan Islamabad dipastikan setelah beberapa hari yang dramatis awal pekan ini ketika polisi melancarkan operasi dua hari di kediamannya untuk menangkapnya setelah mantan PM itu tidak hadir di pengadilan.

Bentrokan antara polisi dan pekerja PTI menandai kedatangan Khan di Kompleks Peradilan di Islamabad di tengah pengamanan ketat.

Tayangan TV menunjukkan pelemparan berat oleh kepala Polisi Islamabad, Akbar Nasir Khan, yang mengklaim bahwa pekerja PTI melempar batu dan menembakkan peluru ke arah polisi "tanpa provokasi".

Pejabat itu mengatakan bahwa polisi menanggapi dengan menggunakan gas air mata pada para pekerja.

“Perjalanan ketua PTI Imran Khan sejauh ini damai dan menyenangkan. Polisi terus menahan diri tapi begitu konvoinya mendekati pengadilan, polisi dilempari batu,” katanya.

Membagikan visual penembakan, PTI membalas klaim tersebut dalam sebuah tweet, dengan mengatakan polisi berusaha menciptakan "kekacauan".

“Polisi Islamabad menembaki kendaraan dan karavan Ketua Tehreek-e-Insaf Imran Khan tanpa alasan. Tujuannya adalah untuk menciptakan kekacauan dan mencegah Imran Khan hadir di pengadilan,” cuit akun resmi partai dalam bahasa Urdu.

Otoritas pengadilan telah membatasi pintu masuk ke kompleks dengan alasan masalah keamanan.

Dalam pesan audio yang dibagikan oleh timnya pada Sabtu malam, Khan mengatakan dia tidak diizinkan masuk ke pengadilan.

“Saya sudah berada di luar pengadilan selama 15 menit, saya mencoba yang terbaik untuk masuk tetapi polisi telah menembakkan gas air mata, memasang penghalang dan kontainer. Sepertinya mereka tidak ingin saya masuk ke pengadilan, ”kata Khan dalam pesan itu.

Surat perintah penangkapan Khan, yang dikeluarkan oleh pengadilan rendah di Islamabad, terkait dengan ketidakhadirannya di pengadilan untuk menjawab kasus yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Pakistan.

Pengawas pemilihan menuduhnya tidak mengumumkan hadiah yang diterima selama dia menjadi perdana menteri dari 2018-22, atau keuntungan yang diperoleh dari menjualnya.

Khan membantah tuduhan itu, dengan mengatakan tuduhan itu bermotivasi politik.

Pada hari Jum'at, Pengadilan Tinggi Islamabad menangguhkan surat perintah penangkapan, menginstruksikan Khan untuk menghadap pengadilan.

Mantan PM tersebut menyatakan keprihatinannya bahwa pihak berwenang berencana untuk menangkapnya, sebuah langkah, katanya, direncanakan untuk mencegahnya mengikuti pemilu akhir tahun ini.

Dalam sebuah tweet pada hari Sabtu saat melakukan perjalanan ke Islamabad, kepala PTI tersebut mengatakan bahwa pemerintah bermaksud untuk menangkapnya.

“Meskipun mengetahui niat jahat mereka, saya melanjutkan ke Islamabad & pengadilan karena saya percaya pada aturan hukum. Tapi niat jahat komplotan penjahat ini harus jelas bagi semua. Juga jelas sekarang bahwa seluruh pengepungan Lahore bukan tentang memastikan saya hadir di hadapan pengadilan dalam sebuah kasus, tetapi dimaksudkan untuk membawa saya ke penjara sehingga saya tidak dapat memimpin kampanye pemilihan kami,” katanya dalam tweet-nya.

Siaran langsung dibatasi

Badan pengatur media Pakistan, PEMRA, mengeluarkan perintah pada hari Sabtu untuk membatasi liputan langsung acara di luar Kompleks Peradilan Islamabad, tempat sidang pengadilan Khan akan berlangsung.

Menurut sebuah pernyataan, PEMRA mengacu pada bentrokan baru-baru ini yang terjadi antara pekerja PTI dan polisi di Lahore dan mengatakan telah "mengamati dengan prihatin" bahwa saluran TV satelit "menayangkan cuplikan / gambar langsung dari massa yang melakukan kekerasan, serangan terhadap polisi dan lembaga penegak hukum".

Oleh karena itu, “Pemra melarang liputan langsung/rekaman dari segala jenis rapat umum, pertemuan publik, prosesi oleh partai, organisasi, dan individu mana pun, dll untuk hari ini yaitu 18 Maret 2023 termasuk dari Kompleks Peradilan, Islamabad”.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Khan mengatakan dia telah membentuk sebuah komite untuk memimpin partainya jika dia ditangkap.

“Saya telah membuat sebuah komite yang jelas akan mengambil keputusan – jika – saya di dalam” penjara, kata pria berusia 70 tahun itu dalam sebuah wawancara di rumahnya di Lahore sebelum berangkat ke Islamabad. Dia mengatakan ada 94 kasus terhadap dirinya.

Proses hukum terhadap Khan dimulai segera setelah dia dicopot dari jabatannya dalam pemungutan suara parlemen tahun lalu. Sejak itu, dia menuntut pemilihan cepat dan mengadakan demonstrasi nasional, termasuk di mana dia ditembak dan terluka. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X