Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.803 views

PBB Suarakan Kekhawatiran Atas Ujaran Kebencian Dan Hasutan Kekerasan di Bosnia Dan Serbia

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyuarakan keprihatinan atas insiden pidato kebencian baru-baru ini dan hasutan untuk melakukan kekerasan di Bosnia dan Herzegovina dan di Serbia, karena khawatir tindakan yang menghasut akan meningkat menjelang pemilihan umum tahun ini.

Orang Serbia Bosnia merayakan hari nasional mereka pada hari Ahad, menandai pembentukan Republika Srpska (RS) – entitas Serbia Bosnia yang dideklarasikan tiga dekade lalu.

Itu adalah salah satu peristiwa yang dilihat sebagai menempatkan negara di jalan menuju perang di Bosnia pada 1990-an, yang menewaskan sekitar 100.000 orang dan memaksa dua juta lainnya dari rumah mereka.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jum'at (14/1/2022), juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia mengatakan PBB “sangat prihatin” dengan insiden yang membuat individu “mengagungkan kejahatan kekejaman dan penjahat perang yang dihukum, menargetkan komunitas tertentu dengan ujaran kebencian, dan, dalam beberapa kasus, secara langsung menghasut kekerasan”.

Liz Throssell mengatakan orang-orang meneriakkan nama terpidana perang Ratko Mladic selama prosesi obor, menyanyikan lagu-lagu nasionalis menyerukan pengambilalihan lokasi di bekas Yugoslavia dan dalam satu insiden, individu melepaskan tembakan ke udara di luar masjid.

Media lokal dan asosiasi korban menyoroti bahwa di Foca pada hari Sabtu beberapa ratus orang menghadiri pertunjukan kembang api yang diselenggarakan oleh pendukung sepak bola Red Star Belgrade di mana potret besar Mladic diresmikan di sebuah gedung.

Mantan jenderal Serbia Bosnia itu dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena kejahatan perang di Bosnia, khususnya atas pembantaian terhadap ribuan umat Muslim di Srebrenica dan pengepungan mematikan Sarajevo.

Serbia dan Bosnia masing-masing akan mengadakan pemilihan pada bulan April dan Oktober, dan Throssell memperingatkan bahwa “retorika nasionalistik yang terus menghasut” berisiko memperburuk lingkungan politik yang “sangat tegang” pada tahun 2022.

“Insiden-insiden ini – beberapa di lokasi yang menyaksikan kejahatan kekejaman skala besar selama perang di Bosnia dan Herzegovina, seperti Prijedor dan Foca – merupakan penghinaan bagi para penyintas, termasuk mereka yang kembali ke rumah mereka setelah konflik,” bunyi pernyataannya.

“Kegagalan untuk mencegah dan memberikan sanksi terhadap tindakan semacam itu, yang memicu iklim kecemasan, ketakutan, dan ketidakamanan yang ekstrem di beberapa komunitas, merupakan hambatan utama untuk membangun kepercayaan dan rekonsiliasi.”

Komentar Throssell muncul ketika Bosnia menghadapi krisis politik terburuk sejak 1990-an, setelah Serbia Bosnia memblokir pekerjaan pemerintah pusat dan pemimpin Serbia Bosnia Milorad Dodik mengancam akan menarik diri dari lembaga negara, termasuk tentara, peradilan dan sistem pajak.

Perjanjian Damai Dayton yang ditengahi AS tahun 1995 mengakhiri tiga setengah tahun perang di Bosnia. Perjanjian tersebut juga menetapkan Bosnia dan Herzegovina sebagai negara yang terdiri dari dua entitas: federasi yang didominasi Bosnia-Kroasia dan Republika Srpska yang dikelola Serbia.

Dodik adalah anggota Serbia dari Presidensi tripartit Bosnia dan Herzegovina, dan dia telah mengancam pemisahan Republika Srpska selama 15 tahun.

Komentarnya baru-baru ini memicu sanksi baru awal bulan ini dari Amerika Serikat, yang menuduh Dodik melakukan korupsi dan mengancam stabilitas dan integritas wilayah Bosnia dan Herzegovina.

Dodik menolak tindakan itu, dengan mengatakan sanksi itu "dilobi oleh beberapa pejabat AS yang tidak memiliki visi Bosnia-Herzegovina yang saya miliki dan yang ditandatangani pada 1995". (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Jum'at, 12/04/2024 13:42

Generasi Enggan Menikah, Apa yang Salah?