Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.182 views

Erdogan Sebut Kebangkitan Hagia Shopia Membuka Jalan Untuk 'Pembebasan Masjid Al-Aqsa'

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Presiden Turki telah berjanji untuk "membebaskan Masjid Al-Aqsa" dari Israel hanya beberapa saat setelah keputusan untuk mengubah Hagia Sophia dari museum menjadi masjid diumumkan.

Presiden Recep Tayyip Erdogan membuat komentar dalam pernyataan Arab setelah "membangkitkan kembali Hagia Sophia" pada hari Jum'at (11/7/2020), dalam sebuah langkah yang telah membagi pendapat di seluruh dunia.

"Kebangkitan Hagia Sophia adalah jejak kehendak umat Islam di seluruh dunia yang akan datang ... kebangkitan Hagia Sophia adalah kebangkitan api harapan umat Islam dan semua yang tertindas, salah, tertindas dan dieksploitasi," situs web Kepresidenan Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan berbahasa Turki.

Namun, terjemahan bahasa Arab dari pernyataan yang sama menunjukkan langkah Turki terkait Hagia Sophia adalah bagian dari "kembalinya kebebasan ke Al-Aqsa" dari Israel.

Sebagai magnet bagi wisatawan di seluruh dunia, Hagia Sophia atau dikenal juga sebagai Aya Shopia pertama kali dibangun sebagai katedral di Kekaisaran Bizantium Kristen tetapi diubah menjadi masjid setelah penaklukan Daulah Utsmaniyah atau Ottoman atas Konstantinopel pada tahun 1453.

Pada hari Jum'at, Erdogan, yang telah meninggalkan sekularisme negara mayoritas Muslim itu, mengumumkan shalat akan dilaksanakan pada 24 Juli di situs Warisan Dunia UNESCO, mengubah landmark ikonik itu dari museum menjadi masjid setelah banyak upaya selama bertahun-tahun.

Pengumuman Erdogan datang setelah pembatalan keputusan di bawah pendiri sekularis Turki modern Mustafa Kemal Ataturk yang menjadikan masjid itu sebagai museum.

Keputusan itu menuai kecaman dari beberapa gelintir negara di dunia, termasuk AS, yang menggambarkan kekecewaan, kesedihan dan kekecewaan atas langkah itu.

"Kami kecewa dengan keputusan pemerintah Turki untuk mengubah status Hagia Sophia," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Morgan Ortagus.

"Kami memahami bahwa pemerintah Turki tetap berkomitmen untuk mempertahankan akses ke Hagia Sophia untuk semua pengunjung, dan berharap untuk mendengar rencananya untuk melanjutkan pengelolaan Hagia Sophia untuk memastikannya tetap dapat diakses tanpa hambatan untuk semua," katanya.

'Biarkan rantai putus'

Hagia Sophia telah menjadi museum sejak 1935 dan terbuka untuk orang dari semua agama.

Mengubahnya dari masjid adalah reformasi kunci di bawah republik baru yang lahir dari abu Kekaisaran Ottoman.

Keputusan penting itu akan mengobarkan ketegangan tidak hanya dengan Barat dan musuh historisnya Yunani, tetapi juga Rusia, yang dengannya Erdogan telah menjalin kemitraan yang semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir.

Badan kebudayaan PBB, UNESCO, Jum'at pagi memperingatkan Turki agar tidak mengubah Hagia Sophia menjadi masjid, mendesak dialog sebelum keputusan diambil.

Menjelang keputusan pengadilan, Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul membagikan foto Hagia Sophia di akun Twitter resminya, dengan pesan: "Semoga hari Jum'atmu menyenangkan."

Menteri Keuangan Berat Albayrak, menantu Erdogan, mentweet bahwa Hagia Sophia akan dibuka kembali untuk ibadah umat Muslim "cepat atau lambat", merujuk pada kutipan dari penyair Turki Necip Fazil Kisakurek.

Dewan Negara pada tanggal 2 Juli memperdebatkan kasus yang dibawa oleh kelompok Turki - Asosiasi Perlindungan Monumen Bersejarah dan Lingkungan, yang menuntut Hagia Sophia dibuka kembali untuk shalat umat Muslim.

Sejak 2005, ada beberapa upaya untuk mengubah status bangunan itu. Pada 2018, Mahkamah Konstitusi menolak satu permohonan.

Meskipun sesekali protes di luar situs oleh kelompok-kelompok Islam, sering berteriak, "Biarkan rantai putus dan buka Hagia Sophia" untuk shalat, pihak berwenang sampai sekarang menjaga bangunan itu sebagai museum. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya