Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.374 views

Demonstran Sudan Rayakan Idul Fitri dengan Shalat Jenazah Setelah pembantaian Khartoum

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Para pengunjuk rasa di Sudan pada hari Selasa (4/6/2019) merayakan hari pertama Idul Fitri, hari libur yang biasanya dirayakan pada akhir bulan suci Ramadhan, dengan shalat jenazah dan protes menyusul pembantaian setidaknya 35 orang oleh angkatan bersenjata, sehari sebelumnya.

Waktu peringatan demonstran adalah simbol seberapa banyak warga sipil terbagi dari penguasa militer negara itu.

Awal dan akhir Ramadhan diumumkan oleh para ulama saat melihat bulan sabit baru.

Baik hari pertama puasa dan awal Idul Fitri sering berbeda di seluruh dunia, dengan Arab Saudi dan Turki memulai perayaan pada hari Selasa tahun ini dan Maroko dan Mesir tetap menjalankan ibadah puasa hingga Idul Fitri dimulai pada hari Rabu.

Tetapi waktu Idul Fitri jarang berbeda dalam satu negara.

Tahun ini, Yaman di daerah-daerah yang dikendalikan oleh pemberontak Syiah Houtsi akan memulai Idul Fitri pada hari Rabu, sementara mereka yang berada di daerah-daerah di bawah wewenang pemerintah yang didukung Saudi mulai Idul Fitri pada hari Selasa.

Di Sudan, junta militer mengumumkan Idul Fitri akan dimulai pada hari Rabu, menurut kantor berita SUNA.

Pemimpin protes, Asosiasi Profesional Sudan (SPA), menyatakan Idul Fitri akan dimulai Selasa.

Kelompok payung oposisi menyerukan kampanye luas "pembangkangan sipil" dan pemogokan setelah pembunuhan Senin.

SPA juga menyerukan protes damai yang berkelanjutan di seluruh Sudan.

Saksi mata melaporkan bahwa angkatan bersenjata - khususnya Pasukan Dukungan Cepat (RSF) yang dipimpin oleh wakil pemimpin junta militer - masih berpatroli di jalan-jalan Sudan pada Selasa pagi, diduga memukul, menangkap dan menembak siapa pun di luar.

Keadaan berbahaya itu telah membuat banyak orang amat ketakutan untuk meninggalkan rumah mereka, kata para aktivis.

Meskipun demikian, beberapa orang terpilih telah keluar di seluruh negeri untuk melakukan shalat Idul Fitri bersama.

Di beberapa lokasi, shalat itu digabungkan dengan "shalat ghaib" atau "shalat jenazah ketika orang mati tidak dapat dihadirkan atau tubuh mereka tidak dapat ditemukan.

Puluhan warga sipil di Shambat, Khartoum Utara datang bersama untuk menghadiri shalat Idul Fitri dan menghadiri pemakaman, sebuah video yang disiarkan di media sosial menunjukkan.

Para pengunjuk rasa di lingkungan Khartoum di Gabra juga digambarkan sedang melakukan zikir  sambil mempersiapkan diri untuk sholat Ied.

Video lain menunjukkan para demonstran turun ke jalan-jalan Omdurman setelah sholat Ied, meneriakkan slogan-slogan revolusioner.

Para jemaah juga berkumpul di al-Douiem, sebuah kota di Sudan selatan, dan Port Sudan untuk berdoa sholat Idul Fitri dan shalat ghaib, menurut foto yang diposting di media sosial.

Kota selatan Kosti dan lingkungan Khartoum Burri juga di antara lokasi di mana puluhan warga sipil berkumpul untuk shalat Ied.

Para ekspatriat Sudan di ibukota Qatar Doha juga datang bersama untuk berdoa Idul Fitri dan shalat ghaib.

Dalam sebuah video yang didistribusikan di media sosial, pengunjuk rasa menyatakan itu adalah tindakan revolusioner untuk memulai Idul Fitri pada hari Selasa.

"Siapa pun yang tidak berpuasa adalah revolusioner dan mereka yang berpuasa adalah keizan," teriak mereka.

Keizan adalah istilah menghina yang digunakan untuk menggambarkan anggota dan pendukung pemerintahan  mantan Presiden Omar al-Bashir. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X