Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
45.253 views

Pentingnya Peran Negara Dalam Urusan Muallaf

Oleh:
 
Sari Purnama
Anggota pengajian Qonitat Magetan, Jawa Timur
 
 
JIKA seorang hamba masuk Islam, lalu Islamnya baik, Allah menulis semua
kebaikan yang pernah dia lakukan, dan dihapus darinya semua keburukan yang pernah dia lakukan. Kemudian setelah itu ada qishas (balasan yang adil) yaitu satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipat sampai 700 kali lipat. Adapun satu keburukan dibalas dengan sama, kecuali Allah Azza wa Jalla mengampuninya ( HR. Nasai).
 
Siapa yang tak kenal dengan Deddy Corbuzier. Seorang selebriti yang mengawali kariernya sebagai seorang pesulap/ mentalis dan kini menjadi presenter kondang salah satu acara talk show di  televisi.
 
Baru-baru ini sosoknya menjadi perbincangan hangat setelah dirinya memutuskan untuk berpindah keyakinan dari agama lamanya dan memeluk agama lslam.
 
Dengan disaksikan banyak orang pria 42 tahun ini mengucapkan kalimat syahadat sebagai syarat menjadi mualaf pada hari Jum'at siang 21 Juni 2019.  Dengan bimbingan seorang pemuka agama  Gus Miftah yang juga merupakan teman  diskusi dan bertanya tentang agama Islam sebelum dia memutuskan untuk menjadi mualaf.
 
Semula prosesi pengislaman mantan mentalis ini akan ditayangkan secara live di Hitam Putih acara talk show yang digawanginya, tetapi batal karena terbentur peraturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena acara itu dianggap rasis. Akhirnya dilaksanakan di Pondok DPesantren Ora Aji di Sleman  Jogyakarta milik Gus Miftah.
 
Pembawa acara hitam putih ini mengakui dirinya memeluk Islam murni karena pilihan pribadi bukan suruhan atau paksaan. Bukan juga karena ingin segera menikah seperti kabar yang beredar. Dia merasa mendapatkan hidayah setelah selama 8 bulan mempelajari Islam dan menjadi pribadi yang lebih baik. 
 
 
Kurangnya perhatian Pemerintah terhadap Mualaf
 
Tentunya hal yang sangat menggembirakan ketika semakin banyak orang yang tertarik kepada Islam dan memeluk Islam (mualaf) dari waktu ke waktu.
 
Menurut ketua Mualaf Center Indonesia (MCI) Steven Indra Wibowo untuk bulan Mei 2019 ini saja sudah tercatat 195 orang yang masuk Islam ( Republika.co.id ). Dari data Mualaf Center Indonesia dari tahun 2003 sampai sekarang tercatat 58 ribu mualaf (mualaf.com)
 
Di sisi lain perhatian pemerintah terhadap pembinaan mualaf masih dirasa kurang. Bahkan dari Dirjen Bimbingan Masyarakat  (Bimas) Islam Kementrian Agama ,Machasin, menyikapi rencana Baznas menyerahkan pedoman pembinaan mualaf kepada umat.  Menganggap pembinaan bagi mualaf bukan tanggung  jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab umat. Pemerintah hanya membantu dalam hal bantuan dana yakni melalui pemberian zakat. (Republika.co.id)
 
Karena tentang mualaf itu sendiri bukan wilayah pengaturan negara Pemerintah tidak keberatan apabila ada pihak pihak yang ingin membentuk organisasi mualaf. Karena urusan mualaf ini diserahkan ke umat maka sudah sangat banyak lembaga lembaga mualaf yang ada di Indonesia. 
 
Disamping itu ada pula yang mengaku sebagai lembaga mualaf dan banyak publikasi tetapi ketika mendapatkan dana zakat, dana tersebut tidak sampai kepada mualaf. Inilah perlunya perhatian serius dari pemerintah atau negara dalam  mengurusi rakyatnya dalam hal ini keterkaitannya dengan urusan mualaf.
 
 
Peran Negara bagi Mualaf
 
Menjadi seorang mualaf tidak hanya sekedar yang tadinya tidak sholat menjadi sholat, tetapi dibutuhkan suatu pembinaan untuk orang yang baru masuk Islam tentang pendidikan dasar Islam , misal tentang aqidah, tata cara sholat, membaca Al Qur'an dengan  program wakaf Al Qur'an untuk mualaf misalnya , dan lain lain
 
Selain Al Qur'an sama sama untuk menunjang keislaman mereka tentu diperlukan   misal peralatan sholat. Bahkan semua ini sangat berarti dalam masa sedang bersemangat dalam beribadah
 
Buku buku keislaman juga sangat membantu mereka bagaimana memahami Islam dengan benar dan sesuai Al Qur 'an dan Sunnah.
 
Dalam  hal zakat, mualaf termasuk dalam  asnaf delapan yang juga mempunyai hak menerima zakat
 
Kajian kajian intensif juga sangat dibutuhkan untuk para mualaf sehingga mereka bisa lebih efektif mengkaji Islam secara benar dan berdiskusi secara langsung .
 
Para mualaf ini juga membutuhkan bimbingan secara pribadi , perlu tempat konsultasi tentang kelangsungan hidup kedepannya, keluarga yang mungkin masih kontra sehingga akan mendapatkan pemecahan dan pencerahan . 
 
Didalam Islam tugas negara atau seorang pemimpin negara adalah, pertama melindungi agama (Islam) dari ancaman, pemurtadan, intimidasi, penistaan dan lain lain. Dan yang kedua adalah menjalankan urusan negara dan umat dengan agama (Islam). 
 
Sehingga disini jelas bahwa pengurusan tentang mualaf menjadi tugas dan tanggung jawab negara . 
 
Maka ketika seseorang  masuk Islam sebagai mualaf akan  mendapatkan perhatian, pembinaan dan bimbingan dari negara sehingga dapat melaksanakan Islam secara istiqomah dengan baik dan benar sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah, maka Allah akan menulis semua kebaikan yang dilakukan dan menghapus semua keburukan yang pernah dia lakukan. Wallahu 'alam bishawab.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Christology lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Jum'at, 27 Nov 2020 19:00

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Jum'at, 27 Nov 2020 16:45

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

Jum'at, 27 Nov 2020 11:39

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Jum'at, 27 Nov 2020 10:36

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Jum'at, 27 Nov 2020 09:21

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Jum'at, 27 Nov 2020 08:25

Pemerintah Aktifkan Calling Visa Israel, FPKS: Bentuk Penghianatan UUD 1945

Pemerintah Aktifkan Calling Visa Israel, FPKS: Bentuk Penghianatan UUD 1945

Jum'at, 27 Nov 2020 07:16

Guru di Indonesia, Pahlawan tanpa Kesejahteraan?

Guru di Indonesia, Pahlawan tanpa Kesejahteraan?

Jum'at, 27 Nov 2020 05:32

Rais Aam PBNU Terpilih Jadi Ketua Umum MUI 2020-2025

Rais Aam PBNU Terpilih Jadi Ketua Umum MUI 2020-2025

Jum'at, 27 Nov 2020 05:10

Mulai Pertarungan Politik Istana

Mulai Pertarungan Politik Istana

Kamis, 26 Nov 2020 23:23

Karangan Bunga atau Bunga Karangan

Karangan Bunga atau Bunga Karangan

Kamis, 26 Nov 2020 23:22

Ketika Jokowi Goyah

Ketika Jokowi Goyah

Kamis, 26 Nov 2020 22:20

Copot Segera Pangdam Jaya

Copot Segera Pangdam Jaya

Kamis, 26 Nov 2020 21:16

Seni Bersikap Bodo Amat, Seni Menghadapi Hidup dengan Pikiran Jernih

Seni Bersikap Bodo Amat, Seni Menghadapi Hidup dengan Pikiran Jernih

Kamis, 26 Nov 2020 21:10

Inilah 3 Langkah Mendidik Anak Cinta Ulama

Inilah 3 Langkah Mendidik Anak Cinta Ulama

Kamis, 26 Nov 2020 20:54

Turki: Resolusi Prancis Agar Mengakui Nagorno-Karabakh Wilayah Merdeka Bias dan Tidak Realistis

Turki: Resolusi Prancis Agar Mengakui Nagorno-Karabakh Wilayah Merdeka Bias dan Tidak Realistis

Kamis, 26 Nov 2020 20:45

Sepuluh Santri Dewan Da’wah Ikuti Wisuda Santri Tahfidz Muamalat

Sepuluh Santri Dewan Da’wah Ikuti Wisuda Santri Tahfidz Muamalat

Kamis, 26 Nov 2020 20:33

Ketika TNI Menjadi Pamong Praja

Ketika TNI Menjadi Pamong Praja

Kamis, 26 Nov 2020 19:00

Panglima TNI dan Kapolri Kedepan Diharapkan Berasal dari Santri atau Hafiz Qur'an

Panglima TNI dan Kapolri Kedepan Diharapkan Berasal dari Santri atau Hafiz Qur'an

Kamis, 26 Nov 2020 18:56

Teror Mendagri

Teror Mendagri

Kamis, 26 Nov 2020 18:43


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X