Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.792 views

MBS Akui Arab Saudi 'Semakin Dekat' Lakukan Normalisasi Hubungan Dengan Israel

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Pemimpin de facto Arab Saudi mengatakan pada hari Rabu (20/9/2023) bahwa normalisasi bersejarah hubungan dengan Israel semakin “dekat”, dan ia juga memperingatkan bahwa kerajaannya akan mencari senjata nuklir jika musuhnya, Iran, terlebih dahulu mendapatkannya.

Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS)membantah dalam sebuah wawancara dengan Fox News bahwa Saudi telah menunda pembicaraan yang ditengahi AS dengan Israel.

“Setiap hari kami semakin dekat,” kata sang pangeran, yang secara luas dipandang sebagai pemimpin kerajaan.

Namun dia mengklaim kerajaan tersebut mengupayakan lebih banyak kemajuan dalam menjamin hak-hak warga Palestina, sementara pemerintahan sayap kanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terus mengupayakan permukiman di Tepi Barat yang diduduki.

“Bagi kami, masalah Palestina sangat penting. Bagian itu perlu kita selesaikan,” klaimnya, menurut petikan wawancara yang dirilis Fox News.

Israel telah menormalisasi hubungan dengan lima negara Arab, namun pengakuan Arab Saudi dipandang sebagai hadiah bersejarah dalam diplomasi Timur Tengah, karena peran kerajaan tersebut sebagai penjaga dua situs paling suci umat Islam.

Baik Israel dan Arab Saudi, serta negara-negara Arab lainnya, sama-sama bermusuhan terhadap Iran, negara yang mayoritas penduduknya menganut paham Syi'ah dan sering menjadi saingan Saudi.

Dalam wawancara tersebut, putra mahkota, yang paling dikenal dengan inisial MbS, memperbarui peringatan bahwa Arab Saudi akan membuat senjata nuklir jika Iran melakukannya.

“Jika mereka mendapatkannya, kita harus mendapatkannya,” katanya.

Arab Saudi telah mencari jaminan keamanan, termasuk perjanjian, dengan Amerika Serikat sebagai imbalan atas normalisasi hubungan dengan Israel.

Iran tidak mau mengakui tengah berupaya membuat senjata nuklir namun telah melanggar batasan yang disepakati mengenai pengayaan uranium sejak mantan presiden Donald Trump meninggalkan perjanjian internasional tahun 2015 untuk membatasi program nuklir Teheran dengan imbalan pencabutan sanksi.

Israel adalah satu-satunya negara yang memiliki senjata nuklir di kawasan ini, meskipun negara tersebut tidak mengumumkan.

Presiden Joe Biden membahas Arab Saudi dalam pertemuan dengan Netanyahu di sela-sela Majelis Umum PBB.

Rencana diplomatik pemerintahan Biden di Timur Tengah telah diguncang oleh ketegangan hubungan dengan Netanyahu, yang di dalam negerinya dituduh oleh para penentangnya merusak demokrasi Israel melalui reformasi peradilan yang luas.

Pemerintah AS secara historis memiliki hubungan dekat dengan kepemimpinan Saudi, namun hubungan tersebut juga dilanda kontroversi mengenai peran MBS, menurut intelijen AS, dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, seorang warga AS.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken, dalam wawancara dengan ABC News pada hari Rabu, mengatakan bahwa normalisasi antara Arab Saudi dan Israel akan menjadi “peristiwa transformatif.”

“Khususnya menyatukan kedua negara ini akan mempunyai dampak yang kuat dalam menstabilkan kawasan, dalam mengintegrasikan kawasan, dalam menyatukan masyarakat, dan tidak membuat mereka saling bermusuhan,” kata Blinken.

Namun dia mengakui bahwa “sulit untuk sampai ke sana.” (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Sahabat, Ulurtangan mari kirimkan dukungan terbaikmu untuk warga Palestina di Gaza demi menguatkan mereka menghadapi situasi mencekam ini. Mari dukung mereka dengan berdonasi dengan cara:...

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Saat ini, Ulurtangan bersama Yayasan An Najjahtul Islam Jonggol sedang merintis pembangunan Rumah Qur’an dan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) An Najjah dan Gedung Majelis Taklim di Jonggol,...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 29/11/2023 19:06

Orang Bertakwa Masih Bisa Berdosa