Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.872 views

Taliban Bantah Laporan PBB Tentang Penyiksaan Tahanan Di Penjara Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Imarah Islam, nama pemerintahan resmi Taliban di Afghanistan mengatakan laporan UNAMA tentang penyiksaan dan “perlakuan kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat” lainnya yang dilakukan oleh pihak berwenang di Afghanistan saat penangkapan dan penahanan individu di penjara di Afghanistan adalah “propaganda dan jauh dari kenyataan.”

Zabihullah Mujahid, juru bicara Imarah Islam, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “UNAMA telah menyatakan dalam sebuah laporan bahwa para tahanan dianiaya di penjara dan pusat penahanan di Afghanistan. Kami sangat menolak propaganda ini. Tidak diperbolehkan memukul, menganiaya dan atau menyiksa siapa pun di institusi militer dan sipil Imarah Islam, termasuk penjara dan pusat penahanan.”

Sebelumnya, beberapa organisasi internasional mengkritik pelanggaran HAM dan penangkapan sewenang-wenang di Afghanistan, sebuah isu yang selalu dibantah oleh Imarah Islam.

Misi Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Afghanistan (UNAMA) mengklaim pihaknya telah mendokumentasikan ratusan kasus penyiksaan dan “perlakuan kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat” lainnya yang dilakukan oleh pihak berwenang di Afghanistan saat penangkapan dan penahanan individu.

UNAMA mengklaim dalam sebuah laporan pada hari Rabu (20/9/2023) bahwa mereka telah mendokumentasikan lebih dari 1.600 kasus pelanggaran hak asasi manusia – hampir setengahnya terdiri dari tindakan “penyiksaan dan perlakuan kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat” – yang dilakukan oleh pihak berwenang saat ini di Afghanistan selama penangkapan dan penahanan, dan kematian 18 orang saat berada dalam tahanan.

Laporan tersebut mencakup periode Januari 2022 hingga akhir Juli 2023, dengan kasus ditemukan di 29 dari 34 provinsi di Afghanistan.

“Catatan pribadi mengenai pemukulan, sengatan listrik, penyiksaan di air, dan berbagai bentuk perlakuan kejam dan merendahkan martabat lainnya, serta ancaman terhadap individu dan keluarga mereka, sangatlah mengerikan. Penyiksaan dilarang dalam keadaan apa pun,” kata Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan bersama laporan tersebut.

Laporan ini mengakui langkah-langkah yang diambil untuk memastikan pengawasan yang lebih kuat terhadap tempat-tempat penahanan, termasuk kelanjutan kerja Direktorat Hak Asasi Manusia MOI dan GDI, komite pemantauan OPA, komite Mahkamah Agung, serta pembentukan Direktorat Tinggi Pengawasan dan Penuntutan yang baru. Keputusan dan Dekrit yang diberi mandat untuk memantau tempat-tempat penahanan dan menyelidiki tuduhan pelecehan.

“Meskipun ada beberapa tanda yang menggembirakan dalam hal arahan kepemimpinan serta keterbukaan di antara banyak pejabat de facto untuk terlibat secara konstruktif dengan UNAMA, dan mengizinkan kunjungan ke penjara, kasus-kasus yang terdokumentasi ini menyoroti perlunya tindakan yang mendesak dan dipercepat oleh semua pihak,” kata Roza Otunbayeva, Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal untuk Afghanistan dan Ketua UNAMA.

“Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi para narapidana untuk memiliki akses terhadap pengacara pembela, dan organisasi internasional seperti Palang Merah dan lembaga hak asasi manusia lainnya harus melakukan pemantauan terhadap penjara dalam pertemuan dengan para narapidana,” kata Abdullah Ahmadi, pakar masalah hak asasi manusia di penjara.  (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X