Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.116 views

Ulama Saudi 'Hilang' Beberapa Hari Setelah Posting Video Kritikan Atas Reformasi Dalam Dunia Hiburan

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Seorang ulama Saudi yang menerbitkan video yang mengkritik reformasi baru-baru ini di industri hiburan kerajaan dilaporkan hilang, beberapa aktivis melaporkan.

Emad Al-Moubayed, seorang pengkhotbah terkenal di kerajaan yang sebelumnya menjabat sebagai imam di Masjid Raja Abdulaziz di Dammam, diduga ditahan karena videonya baru-baru ini, yang ditonton lebih dari 1,6 juta kali.

Tagar #WhereIsEmadMoubayed menjadi tren pada hari Senin (6/3/2023) setelah otoritas Saudi mengatakan mereka menahan seorang pria karena diduga melanggar undang-undang kejahatan dunia maya, tanpa menyebutkan nama tersangka.

Polisi di provinsi Al-Khobar timur mengatakan seorang pria Saudi ditangkap karena "melanggar undang-undang anti-kejahatan dunia maya dengan memfilmkan dan menerbitkan konten visual yang menyertakan informasi palsu, yang akan mengganggu ketertiban umum".

The New Arab tidak dapat memverifikasi apakah pria yang ditahan itu adalah Al-Moubayed dan telah meminta klarifikasi kedutaan Saudi di London.

Pada 1 Maret, Al-Moubayed merilis sebuah video di akun Twitternya yang menasihati "mereka yang berkuasa" untuk "takut akan Tuhan" dan mengatakan bahwa perubahan baru-baru ini di kerajaan tersebut adalah "menghapus keyakinan Islam, dan mengganti identitas Islam dengan identitas lain".

Dalam video tersebut, dia berbicara kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, serta kepala Otoritas Hiburan, Turki Al-Sheikh, yang telah mempelopori perubahan sosial di kerajaan tersebut, termasuk konser musik yang pernah dilarang.

"Bertakwalah kepada Allah dalam urusan negara ini, dan perbaiki apa yang terjadi di dalamnya tentang pemusnahan agama Islam, dan penggantiannya dengan identitas lain," kata Al-Moubayed dalam video tersebut.

“Negara ini didirikan atas dasar keimanan dan pendirian serta penerapan agama Allah Yang Maha Esa, dan yang terjadi saat ini bertentangan dengan apa yang didirikan negara ini.”

Komentarnya tampaknya mengacu pada langkah-langkah negara Teluk itu baru-baru ini yang melonggarkan pembatasan hiburan selama puluhan tahun, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan citranya, mendiversifikasi ekonominya, dan menarik wisatawan.

Namun liberalisasi sosial tidak disertai dengan reformasi politik, dan ribuan lawan pemerintah, ulama dan aktivis hak asasi manusia masih mendekam di penjara Saudi, di mana banyak yang menderita penyiksaan dan pelecehan.

Arab Saudi memiliki undang-undang dunia maya yang ketat yang mengkriminalkan produksi dan pembagian materi yang dapat "membahayakan ketertiban umum".

Mereka yang dihukum karena melanggar undang-undang ini dapat menghadapi hukuman penjara hingga lima tahun.

Kerajaan ultra-konservatif itu telah menjadi tuan rumah bagi musisi internasional untuk konser yang tak terbayangkan di negara konservatif itu sebelum 2018.

Ini termasuk penyanyi pop Libanon Haifa Wehbe, rapper Post Malone, dan penyanyi soul Alicia Keys.

Sekarang memungkinkan wanita untuk mengendarai mobil dan kereta api, dan ada laporan yang sedang berlangsung bahwa itu bahkan mengizinkan minuman keras di tempat-tempat yang ditentukan, meskipun pejabat Saudi terus menyangkal hal ini.

Aturan baru tersebut telah membuat marah Muslim di negara tersebut yang berpendapat bahwa reformasi ini bertentangan dengan hukum Islam konvensional. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X