Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.392 views

Layanan Komunikasi Terputus Di Kota Tengara Iran Setelah Pembunuhan Kepala Intelijen IRGC

SISTAN BALOCHISTAN (voa-islam.com) - Layanan komunikasi terputus di kota Zahedan, Iran tenggara, pada Sabtu (1/10/2022), setelah seorang komandan senior Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) tewas dalam bentrokan.

Protes pecah di ibu kota provinsi Sistan dan Balochistan yang berbatasan dengan Pakistan pada hari Jum'at setelah pemerkosaan seorang gadis Baloch berusia 15 tahun, yang diduga dilakukan oleh seorang komandan militer setempat, menyebabkan kemarahan publik.

Ali Mousavi, kepala intelijen IRGC Sistan dan Balochistan, ditembak selama konfrontasi dengan pengunjuk rasa. Kantor Berita Tasnim yang berafiliasi dengan IRGC melaporkan bahwa Mousavi dinyatakan tewas di sebuah rumah sakit.

Pembunuhan Mousavi diklaim oleh kelompok militan Jaish Al-Adl, yang mengatakan mereka berjuang untuk kemerdekaan Sistan dan Balochistan dan hak-hak yang lebih besar bagi orang-orang Baloch, yang merupakan kelompok etnis utama di provinsi tersebut.

Rekaman yang muncul dari Zahedan menunjukkan orang-orang membawa pengunjuk rasa yang tewas dan terluka di tengah tembakan senjata berat. Pemerintah provinsi mengatakan 19 orang tewas dalam bentrokan tersebut. Kantor berita lokal Haal-e Vash melaporkan jumlah kematian setidaknya 36, ​​dengan puluhan lainnya terluka.

Internet telah diblokir dan jaringan seluler sebagian besar ditutup di kota dan daerah sekitarnya sejak Jum'at - data dari pengawas Netblocks menunjukkan - dengan penduduk kota-kota tetangga mengatakan mereka tidak dapat menghubungi kerabat mereka.

Mohammad Zia, seorang penjaga toko di Taftan, sebuah kota di perbatasan Iran dengan Pakistan sekitar 90 kilometer dari Zahedan, mengatakan kepada Arab News bahwa ada kemungkinan untuk menemukan sinyal seluler yang “lemah” di beberapa bagian Taftan.

“Namun layanan internet masih dihentikan di seluruh wilayah Sistan dan Balochistan,” katanya.

Kematian kepala intelijen IRGC provinsi merupakan eskalasi besar dalam demonstrasi anti-pemerintah yang dimulai pada pertengahan September, dipicu oleh kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun saat dia ditahan oleh polisi moral Iran.

Demonstrasi nasional telah menjadi manifestasi terbesar dari perbedaan pendapat terhadap pemerintah Iran dalam lebih dari satu dekade. Ribuan demonstran dan aktivis sipil telah ditangkap.

Pada hari Jum'at, setidaknya 83 pengunjuk rasa telah dibunuh oleh pasukan keamanan, terutama di provinsi Mazandaran, Gilan, Azerbaijan Barat, Kermanshah, Kurdistan, Alborz, dan ibukota Teheran, menurut organisasi Hak Asasi Manusia Iran yang berbasis di Norwegia. Jumlah itu belum termasuk mereka yang tewas dalam unjuk rasa di Zahedan. (AN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 26/02/2024 20:38

HNW: Menag Yaqut Ahistoris!