Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.899 views

Laporan PBB: Mujahidin Uighur Tetap Aktif di Suriah dan Afghanistan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) merilis laporan baru pada 15 Juli yang mencakup pembaruan penting, berdasarkan klaim negara anggota, tentang operasi masing-masing cabang Partai Islam Turkistan (TIP) di Afghanistan dan Suriah.

Salah satu negara anggota PBB melaporkan bahwa kepemimpinan Partai Islam Turkistan aktif di Provinsi Baghlan Afghanistan, di mana mereka “telah membangun kembali basis utamanya”. DK PBB mengatakan TIP “dilaporkan membangun kembali beberapa benteng di Badakhshan, memperluas wilayah operasinya dan secara diam-diam membeli senjata, dengan tujuan meningkatkan kemampuannya untuk kegiatan jihad.” Laporan tersebut menambahkan bahwa kelompok tersebut telah memperkuat hubungannya dengan Taliban Pakistan dan organisasi Jamaat Ansarullah Tajik.

TIP, yang dibentuk oleh para mujahidin Uighur untuk memperjuangkan kemerdekaan Xinjiang atau Turkistan Timur dari Cina, dikatakan secara aktif berlatih di Afghanistan, meningkatkan kesiapan tempur dan kemampuan membuat bomnya dengan maksud untuk “melakukan serangan terhadap kepentingan Cina di kawasan itu ketika waktunya tepat.” Namun, laporan tersebut menegaskan bahwa Taliban kemungkinan telah menahan ambisi TIP untuk menyerang kepentingan Cina.

Selain itu, laporan tersebut mengatakan satu negara anggota mengamati pembelotan 50 pejuang TIP ke Islamic State Provinsi Khurasan (ISKP) dan mengklaim komandan operasional kelompok itu di Badakhshan, Qari Faruq, didekati oleh perekrut Islamic State. ISKP rupanya mampu menarik para pejuang tersebut dengan membayar gaji yang lebih tinggi.

Pejuang TIP di Afghanistan

Beberapa negara anggota PBB memperkirakan jumlah anggota Partai Islam Turkistan mencakup antara 1.000 hingga 2.000 pejuang. Laporan tersebut mencatat, bahwa di Suriah, TIP terutama aktif di dekat Idlib dan terkait erat dengan Hayat Tahrir al-Sham (HTS).

Dikatakan bahwa TIP mengoperasikan pompa bensin dan bisnis lain di Idlib untuk mendukung kegiatan medan perang kelompok tersebut, juga mencatat bahwa kelompok tersebut secara teratur mengadakan sesi pelatihan bersenjata untuk mempertahankan kemampuan tempurnya.

Brody McDonald, Associate Fellow dengan Jaringan Global untuk Ekstremisme dan Teknologi, menggambarkan TIP sebagai “salah satu kelompok pejuang asing yang paling berkomitmen dan berpengalaman yang aktif dalam konflik”, menambahkan bahwa, meskipun tindakan keras HTS terhadap kelompok Jihadis-Salafi saingannya, “ TIP/ETIM telah menerima otoritas HTS atas Suriah Barat Laut dan bekerja sama erat dengan HTS dalam operasi mereka melawan rezim Assad dan faksi pemberontak lainnya.”

Tentang operasi pembiayaan TIP, Jessica Davis, Presiden Insight Threat Intelligence, mengatakan bahwa kelompok-kelompok seperti Partai Islam Turkistan cenderung “mengambil alih bisnis yang mereka hadapi - entah seseorang dalam kelompok tersebut sudah mengoperasikan beberapa (sehingga mereka memiliki kemampuan asli untuk mengelola) atau karena itu berlimpah di area operasi mereka.” Davis menyatakan "bisnis seperti itu membantu mempertahankan organisasi dan juga dapat memberi mereka jalan untuk pergerakan dana yang sah, di mana mereka dapat menyembunyikan transaksi keuangan lainnya melalui percampuran dana." (MW)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X