Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.545 views

Pejuan Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer Di Perbatasan Somalia-Ethiopia

SOMALIA/ETHIOPIA (voa-islam.com) - Pejuang Al-Shabaab menyerang sebuah pangkalan militer di perbatasan Somalia-Ethiopia pada hari Jum'at (29/7/2022), memicu pertempuran sengit yang menyebabkan jumlah korban yang tidak diketahui, kata pejabat keamanan.

Itu adalah serangan terbaru di daerah itu oleh jihadis yang berbasis di Somalia dalam waktu kurang dari dua minggu, meningkatkan kekhawatiran tentang stabilitas perbatasan dan kemungkinan strategi baru oleh kelompok yang terkait dengan Al-Qaidah.

Tembakan mortir menghantam pangkalan di Ato, memicu baku tembak yang melibatkan militer Ethiopia dan apa yang disebut polisi khusus Liyu dari wilayah Somalia negara itu, kata sumber tersebut.

"Kami mendapatkan informasi bahwa konfrontasi bersenjata terjadi antara Al-Shabaab dan polisi Liyu pagi ini di sekitar Ato," Mohamud Adan, seorang pejabat keamanan lokal di kota terdekat El-Berde, mengatakan kepada AFP melalui telepon.

"Para teroris menembakkan peluru mortir sebelum konfrontasi langsung dimulai," tambahnya.

"Pasukan telah berhasil mengusir para penyerang teroris yang putus asa dan ada beberapa korban meskipun kami tidak memiliki rinciannya."

Madker Mursal, seorang komandan keamanan di daerah Ato, mengatakan para jihadis menggunakan tembakan mortir dan artileri dalam serangan yang berlangsung hampir dua jam, dan pasukan Ethiopia merespons, dengan bantuan dari helikopter tempur.

Al-Shabaab mengklaim serangan itu dalam sebuah pernyataan singkat, mengatakan para pejuangnya telah menyerbu pangkalan itu dan menewaskan lebih dari 100 polisi Ethiopia.

Tidak ada tanggapan segera atas permintaan AFP untuk memberikan komentar dari pihak berwenang di wilayah Somalia di Ethiopia.

Namun Kantor Berita resmi Ethiopia mengutip Mayor Jenderal Tesfaye Ayalew dari Angkatan Pertahanan Nasional yang mengklaim Al-Shabaab telah mencoba menyusup melintasi perbatasan tetapi dipukul mundur dan menderita kerugian besar.

Al-Shabaab telah melancarkan pemberontakan berdarah terhadap pemerintah federal Somalia yang rapuh selama 15 tahun dan tetap menjadi kekuatan yang kuat meskipun ada operasi Uni Afrika terhadap kelompok tersebut.

Pejuangnya telah diusir dari daerah perkotaan utama Somalia, termasuk ibu kota Mogadishu pada 2011, tetapi terus melancarkan serangan terhadap sasaran militer dan pemerintah.

Serangan lintas batas kelompok itu mengikuti pergeseran kekuasaan di negara Tanduk Afrika yang bermasalah, dengan pemilihan Presiden baru Hassan Sheikh Mohamud pada bulan Mei. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X