Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.075 views

Junta Myanmar Gunakan Kartu Identitas Untuk Lakukan Genosida Terhadap Muslim Rohingya

BANGKOK, THAILAND (voa-islam.com) - Junta Myanmar menggunakan kartu identitas untuk melakukan genosida terhadap komunitas Muslim Rohingya, sama seperti mereka yang melakukan genosida Holocaust dan Rwanda, menurut sebuah laporan baru yang meminta Dewan Keamanan PBB untuk merujuk situasi tersebut ke Pengadilan Kriminal Internasional.

Junta Burma memaksa komunitas Rohingya yang tidak memiliki kewarganegaraan untuk mendapatkan Kartu Verifikasi Nasional (NVC), secara efektif melucuti mereka dari akses ke hak dan perlindungan kewarganegaraan penuh, kelompok advokasi hak asasi manusia yang berbasis di Asia Tenggara Fortify Rights menuduh dalam laporan setebal 63 halaman yang dirilis Rabu.

Laporan tersebut, berjudul “Genocide by Attrition,” juga mengacu pada studi kasus dari Holocaust dan genosida Rwanda untuk menunjukkan bagaimana rezim otoriter menggunakan dokumen tersebut untuk “secara sistematis mengidentifikasi, menganiaya, dan membunuh populasi yang ditargetkan dalam skala luas dan masif.”

“Pelaku telah lama menggunakan dokumen identifikasi untuk melakukan genosida,” kata Ken MacLean, salah satu penulis laporan dan seorang profesor di Strassler Center for Holocaust and Genocide Studies di Clark University, dalam sebuah pernyataan yang menyertai rilis laporan tersebut.

“Bukti dari genosida Holocaust dan Rwanda menunjukkan kesamaan yang mencolok dengan penghapusan identitas Rohingya di Myanmar oleh junta.”

Fortify Rights menerbitkan laporannya hampir tiga bulan setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pergi ke Museum Holocaust Amerika Serikat di Washington untuk secara resmi menyatakan penganiayaan Myanmar terhadap minoritas Rohingya selama serangan militer pada tahun 2017 sebagai genosida.

Laporan tersebut menemukan bahwa kartu identitas seperti yang digunakan selama genosida Holocaust dan Rwanda berkontribusi pada “genosida dengan gesekan,” yang didefinisikan sebagai “penghancuran bertahap kelompok yang dilindungi dengan mengurangi kekuatan mereka melalui metode penghancuran yang berkelanjutan dan tidak langsung.”

Kebijakan semacam itu telah lama digunakan di Myanmar dan terus memainkan peran dalam genosida Rohingya yang sedang berlangsung, kata laporan itu, mengutip wawancara dengan lebih dari 20 penyintas genosida Rohingya, dokumen junta yang bocor, dan analisis media tentang dukungan junta. outlet berita sejak kudeta militer 1 Februari 2021.

Dikatakan bahwa Rohingya di negara bagian Rakhine Myanmar Barat menggambarkan bagaimana junta memaksa mereka untuk membawa NVC untuk mencegah mereka diidentifikasi sebagai “Rohingya,” membatasi pergerakan mereka, dan membatasi kemampuan mereka untuk mencari nafkah, “menciptakan kondisi kehidupan yang dirancang untuk merusak. .”

Sebaliknya, mereka dibuat untuk diidentifikasi sebagai imigran "Bengali" dari Bangladesh dalam apa yang dikatakan laporan itu sebagai upaya pihak berwenang untuk mengecualikan mereka dari kewarganegaraan dan etnis di Myanmar.

Laporan tersebut mengutip temuan Kantor PBB untuk Pencegahan Genosida bahwa peningkatan politisasi identitas dan tindakan diskriminatif yang menargetkan kelompok yang dilindungi adalah indikator dalam menciptakan “lingkungan yang kondusif untuk melakukan kejahatan kekejaman,” mencatat bahwa alat hukum dan administratif serupa digunakan untuk memfasilitasi penghancuran populasi Yahudi dan Tutsi, dan sekarang digunakan untuk melawan Rohingya.

“Rohingya terus menghadapi ancaman eksistensial di bawah junta militer, rezim tidak sah yang bertanggung jawab atas kekejaman yang meluas,” kata John Quinley, spesialis hak asasi manusia senior di Fortify Rights dan salah satu penulis laporan tersebut.

“Penolakan terus-menerus terhadap etnis dan kewarganegaraan Rohingya adalah indikator genosida. Pemerintah Persatuan Nasional [bayangan] telah berkomitmen untuk memastikan kewarganegaraan dan inklusi Rohingya. Namun, junta masih menggunakan langkah-langkah pemaksaan untuk memaksa Rohingya mengidentifikasi diri sebagai orang asing, menghapus catatan keberadaan mereka.”

Meminta pertanggungjawaban junta

Fortify Rights mengatakan bahwa sementara hubungan antara dokumen identifikasi dan kejahatan internasional diakui benar adanya, beberapa pejabat PBB, kedutaan besar, dan lainnya di Myanmar telah gagal untuk mengutuk penggunaan NVC dalam menargetkan Rohingya. Dalam beberapa kasus, kata kelompok tersebut, mereka bahkan telah mendukung dokumen tersebut sebagai solusi untuk “ketidakbernegaraan” kelompok tersebut.

Temuan laporan menunjukkan hubungan antara proses NVC dan tindakan genosida dan harus menjadi fokus penyelidikan dan proses hukum, kata Fortify Rights.

Pelanggaran yang didokumentasikan dalam Genocide by Attrition menunjukkan hubungan antara proses NVC dan tindakan genosida dan harus menjadi fokus investigasi dan proses hukum yang sedang berlangsung, kata Fortify Rights.

Ia meminta negara-negara anggota PBB untuk memutuskan akses junta Myanmar ke senjata, keuangan, dan legitimasi politik, dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk merujuk situasi di negara itu ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

“Junta militer Myanmar menimbulkan ancaman yang tak terbantahkan bagi perdamaian dan keamanan internasional,” kata Quinley dari Fortify.

“Negara-negara anggota PBB harus bangun dan bertindak sekarang untuk menyangkal junta sumber daya yang dibutuhkannya dan meminta pertanggungjawabannya atas semua kejahatannya termasuk genosida.”

Pada tahun 2016, tindakan keras militer memaksa sekitar 90.000 Rohingya untuk melarikan diri dari negara bagian Rakhine dan menyeberang ke negara tetangga Bangladesh, sementara yang lebih besar pada tahun 2017, menewaskan ribuan anggota etnis minoritas dan menyebabkan eksodus lebih dari 740.000 di seluruh wilayah.

Kelompok hak asasi manusia telah menghasilkan banyak laporan yang kredibel berdasarkan citra satelit komersial dan wawancara ekstensif dengan Rohingya tentang operasi di negara bagian Rakhine pada tahun 2017, termasuk pembunuhan sewenang-wenang, penyiksaan, dan pemerkosaan massal.

Gambia menuduh pimpinan militer Myanmar melanggar Konvensi Genosida 1948 di wilayah Rohingya dalam kasus yang dibawa ke Mahkamah Internasional yang berbasis di Den Haag. Pengadilan mengadakan sidang untuk menentukan apakah ia memiliki yurisdiksi untuk menilai apakah kekejaman yang dilakukan di sana merupakan genosida. (BN)

Myanmar’s junta is using identity documents to carry out a genocide of the ethnic Rohingya community, much like those who perpetrated the Holocaust and Rwandan genocide, according to a new report that calls on the U.N. Security Council to refer the situation to the International Criminal Court.

The Burmese junta is forcing stateless Rohingya to obtain National Verification Cards (NVCs), effectively stripping them of access to full citizenship rights and protections, Southeast Asia-based human rights advocacy group Fortify Rights alleged in its 63-page report released Wednesday.

The report, titled “Genocide by Attrition,” also draws on case studies from the Holocaust and Rwandan genocides to demonstrate how authoritarian regimes use such documents to “systematically identify, persecute, and kill targeted populations on a widespread and massive scale.”

“Perpetrators have long used identification documents in the commission of genocide,” said Ken MacLean the report’s co-author and a professor at the Strassler Center for Holocaust and Genocide Studies at Clark University, in a statement accompanying the report’s release.

“Evidence from the Holocaust and Rwandan genocides show striking similarities with the ongoing erasure of the Rohingya identity in Myanmar by the junta.”

Fortify Rights published its report nearly three months after U.S. Secretary of State Antony Blinken went to the United States Holocaust Museum in Washington to officially declare Myanmar’s persecution of the Rohingya minority during a military offesnive in 2017 as a genocide. 

The report found that identification cards such as those used during the Holocaust and Rwandan genocides contributed to “genocide by attrition,” which it defined as “the gradual destruction of a protected group by reducing their strength through sustained, indirect methods of destruction.”

Such policies have long been in use in Myanmar and continue to play a role in the ongoing genocide of the Rohingyas, the report said, citing interviews with more than 20 Rohingya-genocide survivors, leaked junta documents, and a media analysis of junta-backed news outlets since the military’s Feb. 1, 2021 coup.

It said that Rohingya in Western Myanmar’s Rakhine state described how the junta forced them to carry NVCs to prevent them from identifying as “Rohingya,” restrict their movement, and curtail their ability to earn a living, “creating conditions of life designed to be destructive.”

Instead, they are made to identify as “Bengali” immigrants from Bangladesh in what the report said is a bid by authorities to exclude them from citizenship and ethnicity within Myanmar.

The report cited the United Nations Office on Genocide Prevention’s findings that increased politicization of identity and discriminatory measures targeting protected groups are indicators in creating “an environment conducive to the commission of atrocity crimes,” noting that similar legal and administrative tools were used to facilitate the destruction of the Jewish and Tutsi populations, and are now being used against the Rohingya.

“Rohingya continue to face existential threats under the military junta, an illegitimate regime responsible for far-reaching atrocities,” said John Quinley, senior human rights specialist at Fortify Rights and co-author of the report.

“The ongoing denial of Rohingya ethnicity and citizenship are indicators of genocide. The [shadow] National Unity Government has committed to ensuring Rohingya citizenship and inclusion. The junta, however, is still using coercive measures to force Rohingya to identify as foreigners, erasing records of their existence.”

Rohingya-ID-card-1.jpg
Myanmar immigration officials hand over an identification document to a Rohingya woman at the Taungpyoletwei town repatriation camp in Rakhine state's Maungdaw township, near the Bangladesh border, in a file photo. [AFP]

Holding the junta accountable

Fortify Rights said that while the connection between identification documents and international crimes is well-recognized, some U.N. officials, embassies, and others in Myanmar have failed to condemn the use of NVCs in targeting Rohingya. In some cases, the group said, they have even endorsed the documents as a solution to the group’s “statelessness.”

The report’s findings demonstrate links between the NVC process and acts of genocide and should be a focus of investigations and legal proceedings, Fortify Rights said.

The violations documented in Genocide by Attrition demonstrate links between the NVC process and genocidal acts and should be a focus of ongoing investigations and legal proceedings, said Fortify Rights.

It called on U.N. member-states to cut Myanmar’s junta off from access to arms, finances, and political legitimacy, and urged the U.N. Security Council to refer the situation in the country to the International Criminal Court (ICC).

“The Myanmar military junta poses an undeniable threat to international peace and security,” said Fortify’s Quinley.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X