Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.024 views

Sedikitnya 30 Tentara Burundi Tewas Dalam Serangan Al-Shabaab Di Sebuah Kamp Militer Di Somalia

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Sedikitnya 30 tentara Burundi tewas dan 20 lainnya cedera dalam serangan Selasa (4/5/2022) oleh pejuang Al-Shabaab di pangkalan Uni Afrika di Somalia selatan, menurut pengakuan seorang pejabat Burundi.

Pejabat itu, yang meminta tidak disebutkan namanya karena dia tidak diizinkan berbicara kepada media, mengklaim kepada VOA Somalia bahwa 10 tentara tewas di tempat, dan tentara lainnya meninggal karena luka-luka mereka. Dia membenarkan bahwa tentara lain masih hilang.

Itu adalah serangan pertama di pangkalan penjaga perdamaian sejak Misi Transisi Uni Afrika di Somalia (ATMIS) menggantikan pasukan AMISOM sebelumnya pada 1 April.

Pasukan Uni Afrika (AU) mengirim helikopter tempur setelah serangan menjelang fajar di kamp yang menampung ratusan pasukan Burundi dekat Ceel Baraf, sebuah desa sekitar 160 kilometer timur laut ibu kota Mogadishu, kata pejabat militer dan saksi.

Seorang komandan militer setempat, Mohamed Ali, mengatakan kepada AFP pada hari Selasa bahwa serangan itu dimulai dengan sebuah bom mobil sebelum baku tembak meletus.

Dua sumber militer Burundi mengatakan kepada AFP bahwa 45 penjaga perdamaian dilaporkan tewas atau hilang, dengan 25 lainnya terluka.

"Jumlah korban sementara adalah 45 tentara tewas atau hilang, termasuk seorang komandan batalyon kolonel," kata sumber militer Burundi kepada AFP tanpa menyebut nama, sementara sumber kedua mendukung angka tersebut.

Al-Shabaab menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu, dengan mengatakan pihaknya telah menguasai kamp dan menewaskan sedikitnya 173 tentara Burundi.

Kelompok jihadis yang terkait dengan Al-Qaidah itu telah melancarkan pemberontakan mematikan terhadap pemerintah pusat Somalia yang rapuh selama lebih dari satu dekade.

Pemerintah Somalia mengutuk serangan "keji" itu dan mengimbau masyarakat internasional untuk berbuat lebih banyak untuk mendukung pasukan Somalia dan ATMIS "dalam memerangi terorisme secara efektif".

Pertumpahan darah menyoroti kesengsaraan keamanan di negara Tanduk Afrika yang bermasalah, yang juga terlibat dalam krisis politik yang mendalam atas pemilihan yang tertunda dan menghadapi ancaman kelaparan.

Pejuang Al-Shabaab menguasai Mogadishu hingga 2011 ketika mereka diusir oleh pasukan Uni Afrika. (Voa)

Tapi mereka masih menguasai wilayah di pedesaan dan sering menyerang sasaran sipil, militer dan pemerintah di Mogadishu dan di tempat lain.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X