Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.353 views

Rusia Peringatkan 'Resiko Serius Perang Nuklir' Ketika AS Dan NATO Janjikan Senjata Berat Ke Ukraina

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Rusia menuduh NATO dan Amerika Serikat terlibat dalam perang proksi yang telah menciptakan "risiko serius perang nuklir" ketika Washington bertemu dengan sekutunya pada hari Selasa (26/4/2022) di sebuah pangkalan udara Jerman dan berjanji untuk mengirim Ukraina senjata berat yang dibutuhkan untuk melawan invasi Rusia.

Diplomat top Rusia memperingatkan Ukraina untuk tidak memprovokasi Perang Dunia III dan mengatakan ancaman konflik nuklir "tidak boleh diremehkan" ketika negaranya melancarkan serangan terhadap instalasi kereta api dan bahan bakar yang jauh dari garis depan ofensif baru Moskow di timur.

Dalam eskalasi nyata retorika Rusia, Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov ditanya di TV pemerintah tentang prospek Perang Dunia III dan apakah situasi saat ini sebanding dengan krisis rudal Kuba 1962 yang hampir menyebabkan perang nuklir.

"Risikonya sekarang cukup besar," kata Lavrov, menurut transkrip wawancara kementerian tersebut.

"Bahayanya serius, nyata. Dan kita tidak boleh meremehkannya," kata Lavrov. "NATO, pada dasarnya, terlibat dalam perang dengan Rusia melalui proxy dan mempersenjatai proxy itu. Perang berarti perang."

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Selasa bahwa pasukan Rusia telah merebut kota Kreminna di Ukraina di wilayah Lukansk setelah berhari-hari pertempuran jalanan.

"Kota Kreminna dilaporkan telah jatuh dan pertempuran hebat dilaporkan terjadi di selatan Izium ketika pasukan Rusia berusaha maju menuju kota Sloviansk dan Kramatorsk dari utara dan timur," kata militer Inggris dalam sebuah tweet. Tidak disebutkan bagaimana mereka mengetahui kota, 575 kilometer tenggara ibukota Ukraina, Kiev, itu telah jatuh. Pemerintah Ukraina tidak segera berkomentar.

Staf Umum Ukraina mengatakan pasukan Rusia menembaki Kharkiv, kota terbesar kedua di negara itu, saat mereka berjuang untuk mengambil kendali penuh atas wilayah Donetsk dan Luhansk, yang terdiri dari wilayah Donbass di jantung industri Ukraina, dan membangun koridor darat ke Krimea.

Dengan pasukan Rusia telah dipaksa mundur dari Kiev dan sekarang mencoba kemajuan baru di timur Ukraina, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyambut para pejabat dari lebih dari 40 negara ke Ramstein, markas besar kekuatan udara AS di Eropa.

“Kami percaya mereka bisa menang jika mereka memiliki peralatan yang tepat, dukungan yang tepat,” kata Austin pada hari Senin di Polandia setelah kembali dari kunjungan ke Kiev dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken yang mencakup diskusi tentang kebutuhan militer Ukraina. Dia juga mengatakan tujuannya adalah untuk “melihat Rusia melemah hingga tidak dapat melakukan hal-hal seperti yang telah dilakukan dalam menginvasi Ukraina.”

Para pejabat AS telah mengalihkan penekanan minggu ini dari berbicara terutama tentang membantu Kiev mempertahankan diri menjadi berbicara tentang kemenangan Ukraina yang akan memberikan pukulan bagi kemampuan Rusia untuk mengancam tetangga di masa depan.

Ketua Kepala Staf Gabungan AS Mark Milley, yang terbang ke pertemuan Selasa, mengatakan kepada wartawan bahwa beberapa minggu ke depan di Ukraina akan "sangat, sangat kritis."

"Mereka membutuhkan dukungan berkelanjutan agar berhasil di medan perang. Dan itulah tujuan konferensi ini."

Tujuannya adalah untuk mengoordinasikan bantuan yang mencakup senjata berat seperti artileri howitzer, serta drone pembunuh dan amunisi, kata Jenderal Milley.

'Kesombongan'

Kiev dan sekutunya mengecilkan pernyataan Lavrov tentang perang nuklir.

Rusia telah kehilangan "harapan terakhirnya untuk menakut-nakuti dunia agar tidak mendukung Ukraina," Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mentweet setelah wawancara Lavrov. "Ini hanya berarti Moskow merasakan kekalahan."

Menteri Angkatan Bersenjata Inggris James Heappey menyebut pernyataan Lavrov sebagai contoh "keberanian" yang telah menjadi "merek dagang" menteri luar negeri Rusia.

"Saya tidak berpikir bahwa saat ini ada ancaman eskalasi yang akan segera terjadi," kata Heappey kepada BBC Television.

Departemen Luar Negeri AS pada hari Senin menyetujui potensi penjualan amunisi senilai $ 165 juta ke Ukraina. Pentagon mengatakan paket itu dapat mencakup amunisi untuk howitzer, tank, dan peluncur granat.

Duta Besar Moskow untuk Washington mengatakan kepada Amerika Serikat untuk menghentikan pengiriman, memperingatkan bahwa senjata Barat mengobarkan konflik.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menyebabkan ribuan orang tewas atau terluka, kota-kota kecil dan kecil menjadi puing-puing, dan memaksa lebih dari 5 juta orang mengungsi ke luar negeri.

Moskow menyebut tindakannya sebagai "operasi khusus" untuk melucuti senjata Ukraina dan melindunginya dari kaum fasis. Ukraina dan Barat menyebut ini sebagai dalih palsu untuk perang agresi yang tidak beralasan.

Rusia belum merebut salah satu kota terbesar di Ukraina. Pasukan invasinya yang besar terpaksa mundur dari pinggiran Kiev dalam menghadapi perlawanan keras bulan lalu. Tetapi sejak itu mengumumkan perang baru yang bertujuan untuk fokus terutama di timur, dan mengirim lebih banyak pasukan ke sana untuk menyerang dua provinsi di mana ia telah mendukung pemberontakan separatis.

"Jelas bahwa setiap hari - dan terutama hari ini, ketika bulan ketiga perlawanan kita telah dimulai - bahwa setiap orang di Ukraina prihatin dengan perdamaian, tentang kapan semuanya akan berakhir," Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pada Senin malam.

"Tidak ada jawaban sederhana untuk itu saat ini."

Staf Umum Ukraina mengatakan pada hari Selasa bahwa serangan Rusia berlanjut di wilayah Kharkiv timur dengan pasukan Rusia berusaha maju menuju desa Zavody.

Rusia mungkin berusaha untuk mengepung posisi Ukraina yang dijaga ketat di timur negara itu, kata militer Inggris dalam pembaruan pada hari Selasa.

Laporan mengatakan kota Kreminna telah jatuh, dengan pertempuran sengit di selatan kota Izyum, ketika pasukan Rusia mencoba maju menuju kota Sloviansk dan Kramatorsk, kata Kementerian Pertahanan Inggris di Twitter.

Pasukan Rusia terus melakukan pengeboman dan penembakan di pabrik baja Azovstal yang luas di Mariupol di mana para pejuang bertiarap di sebuah kota yang menjadi puing-puing oleh pengepungan Rusia, kata pembantu presiden Ukraina Oleksiy Arestovych. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Kepala HAM PBB Sebut Pengungsi Rohingya Tidak Aman Kembali Ke Myanmar

Kepala HAM PBB Sebut Pengungsi Rohingya Tidak Aman Kembali Ke Myanmar

Kamis, 18 Aug 2022 19:26

Sedikitnya 21 Orang Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri Di Sebuah Masjid Di Kabul Afghanistan

Sedikitnya 21 Orang Tewas Dalam Serangan Bom Bunuh Diri Di Sebuah Masjid Di Kabul Afghanistan

Kamis, 18 Aug 2022 18:57

Bersihkan Dulu Tubuh Polri, Baru Bicara Isu Radikalisme di Dunia Pendidikan

Bersihkan Dulu Tubuh Polri, Baru Bicara Isu Radikalisme di Dunia Pendidikan

Kamis, 18 Aug 2022 15:03

Apa itu Puasa Mutlak dan Bagaimana Niatnya?

Apa itu Puasa Mutlak dan Bagaimana Niatnya?

Kamis, 18 Aug 2022 14:03

Anis: Pemerintah Harus Fokus Benahi Inflasi dan Kesejahteraan Rakyat

Anis: Pemerintah Harus Fokus Benahi Inflasi dan Kesejahteraan Rakyat

Rabu, 17 Aug 2022 20:47

Mengawal Generasi Muslim

Mengawal Generasi Muslim

Rabu, 17 Aug 2022 20:39

Pelajar SMP Luqman al Hakim Surabaya Tulis Surat Perdamaian untuk Kepala Negara di Dunia

Pelajar SMP Luqman al Hakim Surabaya Tulis Surat Perdamaian untuk Kepala Negara di Dunia

Rabu, 17 Aug 2022 20:31

Tanggapi Pidato Jokowi, Fahira Idris: Masih Banyak UMKM Jalan di Tempat

Tanggapi Pidato Jokowi, Fahira Idris: Masih Banyak UMKM Jalan di Tempat

Rabu, 17 Aug 2022 20:25

Oposisi Afghanistan 'Sangat Lemah' Meskipun Kemarahan Meningkat Terhadap Taliban

Oposisi Afghanistan 'Sangat Lemah' Meskipun Kemarahan Meningkat Terhadap Taliban

Rabu, 17 Aug 2022 13:30

Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Bukan Hanya Ulama, Wartawan Juga Membawa Misi Kenabian

Selasa, 16 Aug 2022 21:18

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

Selasa, 16 Aug 2022 21:15

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Afiliasi Al-Qaidah Tewaskan 4 Tentara Bayaran Rusia Di Mali

Selasa, 16 Aug 2022 20:30

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Inflasi Menggila, Politisi PKS Ingatkan Pemerintah untuk Berhati-hati Kendalikan BBM

Selasa, 16 Aug 2022 20:19

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Partai Gelora Sesalkan Ekonomi Indonesia Kalah dari Malaysia, Vietnam dan Filipina

Selasa, 16 Aug 2022 19:49

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Kamuflase Investasi dengan Utang, Produktifkah?

Selasa, 16 Aug 2022 10:42

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?

Selasa, 16 Aug 2022 10:29

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Israel Tolak Permohonan Pembebasan Tahanan Palestina Pelaku Mogok Makan Khalil Awawdeh

Selasa, 16 Aug 2022 09:00

Anies Tak Mempan Diserang Isu Intoleran, Radikal, dan Terorisme

Anies Tak Mempan Diserang Isu Intoleran, Radikal, dan Terorisme

Senin, 15 Aug 2022 21:04

Israel Klaim Blokir 'Terowongan Serang' Dari Gaza

Israel Klaim Blokir 'Terowongan Serang' Dari Gaza

Senin, 15 Aug 2022 20:51

Masyarakat Kesulitan Dapat  Pertalite, Legislator Minta Penjelasan Pertamina

Masyarakat Kesulitan Dapat Pertalite, Legislator Minta Penjelasan Pertamina

Senin, 15 Aug 2022 10:43


MUI

Must Read!
X

Selasa, 16/08/2022 10:29

Privilege Pendidikan = Harus Kaya?