Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.454 views

AS Akan Andalkan Serangan Udara Untuk Cegah Kebangkitan Al-Qaidah Di Afghanistan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pentagon berencana untuk mengandalkan serangan udara untuk mencegah kebangkitan Al-Qaidah sekarang setelah pasukan AS telah meninggalkan Afghanistan, tetapi para ahli dan beberapa anggota parlemen skeptis tentang efektivitas dari apa yang disebut strategi "over-the-horizon".

Mengumumkan penarikan penuh pasukan AS pada bulan April, Presiden Joe Biden bersumpah dia tidak akan membiarkan kembalinya Al-Qaidah di Afghanistan, di mana Usamah bin Ladin dituduh merencanakan serangan 11 September 2001 di New York dan Washington.

Sejak itu, Pentagon telah berulang kali mengklaim bahwa mereka mampu menjaga militan Al-Qaidah dan Islamic State (ISIS) di Afghanistan dalam pengawasan melalui serangan "melintasi cakrawala" dari pangkalan atau kapal induk AS.

“Operasi over-the-horizon sulit tetapi sangat mungkin,” kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin kepada Komite Angkatan Bersenjata DPR pada hari Rabu (29/9/2021).

"Dan intelijen yang mendukung mereka berasal dari berbagai sumber, dan bukan hanya pasukan AS di lapangan."

Pernyataan Austin muncul sekitar dua pekan setelah kepala Pentagon itu dipaksa untuk meminta maaf kepada kerabat warga sipil yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak 29 Agustus di Kabul.

Target serangan pesawat tak berawak itu diduga militan ISIS tetapi akhirnya menewaskan 10 warga sipil, termasuk tujuh anak-anak, dalam apa yang disebut Austin sebagai "kesalahan yang mengerikan."

Itu adalah yang terbaru dalam barisan panjang serangan pesawat tak berawak AS yang menyebabkan korban sipil di Afghanistan, menjadi salah satu masalah yang paling diperdebatkan selama perang 20 tahun dan memicu kritik keras dari warga Afghanistan.

Dalam kesaksiannya di kongres, Austin menolak untuk mengungkapkan secara terbuka banyak tentang rencana "over-the-horizon" Pentagon, mengatakan kepada anggota komite bahwa dia dapat memberikan rincian lebih lanjut dalam sesi rahasia tertutup.

'Semoga beruntung'

Sejumlah ahli dan anggota parlemen menyatakan skeptis tentang kemanjuran serangan jarak jauh di Afghanistan yang terkurung daratan, yang berjarak ribuan mil (kilometer) dari pangkalan AS terdekat.

"Bunuh Teroris di Afghanistan Dari 'Over The Horizon'? Semoga beruntung," judul sebuah artikel oleh James Holmes, seorang profesor strategi maritim di Naval War College.

"Operasi over-the-horizon bekerja dengan baik ketika medan perang mudah dijangkau dari angkatan laut atau udara," kata Holmes dalam artikel yang dipublikasikan di situs web keamanan nasional 19fortyfive.com.

"Pesawat darat yang terbang dari landasan Teluk Persia harus memutar ke selatan di sekitar wilayah udara Iran yang bermusuhan, ke Laut Arab, dan ke utara melalui wilayah udara Pakistan untuk menyerang sasaran di Afghanistan," kata Holmes, mantan perwira Angkatan Laut AS.

“Kapal induk lebih mudah dari sudut pandang jarak karena lapangan terbang bergerak mereka dapat berlama-lama di Laut Arab,” tambahnya.

"Namun demikian, ibukota Afghanistan Kabul terletak hampir 700 mil dari titik terdekat di sepanjang pantai Pakistan," kata Holmes. "Pengisian bahan bakar dalam pesawat akan menjadi suatu keharusan."

'Sebuah fiksi'

Mike Waltz, seorang anggota parlemen dari Partai Republik dari Florida, menuduh Biden dan Austin menjajakan "fiksi" dalam hal kemampuan "melampaui cakrawala".

Tidak seperti di Irak, di mana pasukan AS memerangi IS dengan pasukan pemerintah Irak, atau Suriah, di mana Amerika bermitra dengan pejuang Kurdi, Amerika Serikat tidak memiliki sekutu di Afghanistan atau pangkalan terdekat, kata Waltz.

“Drone-drone itu harus terbang mengelilingi Iran, sampai ke Pakistan dan kehilangan 70 hingga 80 persen bahan bakar mereka bahkan sebelum mereka mendekati target,” kata Waltz, mantan pasukan Baret Hijau Angkatan Darat AS yang bertugas di Afghanistan.

"Presiden Amerika Serikat menjual negara ini sebuah fiksi yang dapat kita lakukan di sini tanpa apa-apa," kata Waltz, menunjuk ke Afghanistan di peta, "apa yang kita lakukan di sini (di Irak dan Suriah) dengan akses pangkalan-pangkalan tetangga, dengan sekutu di darat dan dengan akses laut."

"Itu adalah fiksi yang Anda semua harus miliki," tambahnya.

Pada awal 2000-an, Amerika Serikat memiliki pangkalan militer di Uzbekistan, Tajikistan, dan Kirgistan, tetapi tidak lagi ada di Asia Tengah, yang dianggap Rusia sebagai wilayah pengaruhnya.

Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan AS, mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia baru-baru ini bertemu di Eropa dengan mitranya dari Rusia, Jenderal Valery Gerasimov.

"Pada dasarnya, kami tidak meminta izin - negosiasi, saya kira, adalah kata yang tepat," kata Milley.

"Presiden (Vladimir) Putin dan Presiden Biden melakukan percakapan dan saya menindaklanjuti percakapan itu," katanya.

Andy Kim, seorang anggota parlemen Demokrat dari New Jersey, bertanya kepada Austin, kepala Pentagon, apakah penerbangan AS ke Afghanistan legal.

"Ya," jawab Austin, menambahkan bahwa dia akan memberikan rincian lebih lanjut dalam pengaturan rahasia.

Taliban pekan ini mengatakan Amerika Serikat melanggar hukum internasional dengan penerbangan pesawat tak berawak di atas wilayah Afghanistan dan memperingatkan "konsekuensi negatif" jika mereka melanjutkan. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X