Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.125 views

Bagaimana Tajikistan Jadi Pusat Perlawanan Afghanistan

DUSHANBE, TAJIKISTAN (voa-islam.com) - Ketika komunitas internasional bergulat tentang apakah akan mengakui pemerintahan baru Taliban di Kabul, satu negara dengan cepat memperjelas posisinya. Tajikistan, telah muncul sebagai kritikus vokal pemerintah dan pusat perlawanan Afghanistan.

Ahmad Massoud, pemimpin Front Perlawanan Nasional Afghanistan dan putra pemimpin perlawanan era Soviet Ahmad Shah Massoud, Amrullah Saleh, mantan wakil presiden dan penjabat presiden, dan Abdul Latif Pedram, pemimpin partai Kongres Nasional Afghanistan, semuanya telah diberi perlindungan di Dushanbe, ibu kota Tajikistan.

Negara tetangga Afghanistan di Asia Tengah itu khawatir pengambilalihan Taliban dapat melepaskan radikalisme dan memacu perdagangan narkoba di kawasan itu, serta meningkatkan arus pengungsi.

Tapi untuk Tajikistan khususnya, dukungan etnis Tajik yang membentuk perlawanan Afghanistan dan telah lama menghadapi diskriminasi, tidak bisa ditawar.

"Seluruh beban konsekuensi negatif dari kepergian koalisi internasional jatuh di pundak negara-negara tetangga," kata presiden Tajikistan Emomali Rahmon, merujuk pada penarikan pasukan terakhir AS bulan lalu dari Afghanistan, mengakhiri perang 20 tahun di sana.

“Jika kita membiarkan situasi ini tanpa perhatian, ada risiko terulangnya situasi 2001,” katanya, merujuk pada serangan 11 September 2001 atau dikenal juga 9/11 di Amerika yang memicu keterlibatan AS di Afghanistan.

Sejarah kedua negara telah lama terjalin, dengan beberapa ratus ribu orang Tajik — kelompok etnis terbesar kedua di Afghanistan — mencari perlindungan di sana selama perang saudara tahun 1990-an.

Sebagai tanda hubungan dekat Rahmon dengan para pemimpin perlawanan, ia bulan ini memberikan penghargaan tertinggi Tajikistan kepada ayah Massoud, atas dukungannya selama perang saudara Tajik.

Rahmon telah mendukung oposisi Aliansi Utara, yang dipimpin oleh Ahmad Shah Massoud selama pemerintahan Taliban pada 1990-an.

Berbicara dengan syarat anonim, seorang diplomat barat di wilayah itu mengatakan Rahmon dapat menggunakan ancaman Taliban untuk meningkatkan dukungan domestiknya dan sebagai “dalih untuk tindakan keras lebih lanjut terhadap oposisi” dan pengenalan lebih banyak tindakan kontra-terorisme.

Pemerintah Afghanistan yang digulingkan dan perlawanan, yang memerangi Taliban di provinsi Panjshir Afghanistan, menggunakan ibukota Tajikistan, Dushanbe sebagai basis untuk merencanakan langkah mereka selanjutnya.

“Kami berencana untuk mengumumkan perlawanan resmi terhadap Taliban dalam waktu satu bulan,” kata Pedram, yang kepalanya dihargai $200,000 oleh Taliban. Dia dan istrinya, jurnalis yang menjadi politisi Fereshta Hazrati, sepupu mendiang Ahmad Shah Massoud, memimpin dewan perlawanan.

Mengingat keengganan Taliban untuk terlibat dalam pembicaraan tentang pemerintah federal, mereka tidak punya pilihan selain terlibat dalam perang, kata Pedram.

“Entah kami menerima negara Islam atau kami melawan. Tidak ada yang lebih penting bagi kita selain kebebasan. Kami tidak mampu untuk hidup dalam keadaan yang kami miliki di bawah negara Islam,” katanya.

Dukungan untuk resistensi akan tumbuh setelah mendapatkan momentum, katanya. Meskipun sejauh ini hanya dibiayai oleh orang Afghanistan yang kaya, ia berharap mendapatkan lebih banyak dukungan dari Rusia, penjamin keamanan tradisional di Asia Tengah.

“Kami ingin hubungan baik dengan semua negara di kawasan. Tetapi dari semuanya, Rusia memiliki kekuatan paling besar, tidak diragukan lagi, ”katanya.

Pedram mengatakan perlawanan memiliki kontak "sangat baik" dengan Moskow "di luar tingkat menteri" dan Rahmon, yang berkuasa sejak runtuhnya Uni Soviet, diperkirakan akan mendorong kasus perlawanan dengan Presiden Vladimir Putin dalam kunjungan yang akan datang.

Tetapi Temur Umarov, seorang ahli Asia Tengah di Carnegie Moscow Center, meragukan perlawanan dapat mengandalkan dukungan dari Moskow.

“Rusia memahami bahwa skenario yang paling mungkin untuk masa depan Afghanistan adalah di mana Taliban memainkan peran kunci di sana sedangkan pasukan perlawanan tidak lagi dapat mengambil alih kekuasaan bahkan di beberapa provinsi,” kata Umarov.

Masih anggota perlawanan berpendapat bahwa sumber daya Afghanistan, seperti tembaga, lithium, besi dan aluminium, menawarkan insentif kepada Moskow. “Ini juga perang ekonomi. Rusia tidak membantu kami demi Tuhan, tetapi mereka akan membantu kami untuk ekonomi, ”kata Pedram.

Sementara perlawanan yang lebih luas dilanda pertikaian, dengan Pedram dan Massoud enggan bekerja sama dengan Saleh, mereka bersatu karena perlunya dukungan global.

Mohammad Zahir Aghbar, duta besar Afghanistan untuk Tajikistan dari pemerintahan sebelumnya dan sekarang dianggap sebagai wakil Saleh, mengatakan: “Kami tidak ingin beberapa negara mendukung kami, kami ingin komunitas internasional mendukung kami. Karena ini adalah terorisme internasional yang kita bicarakan di sini, dan itu mengancam seluruh dunia.” (FT) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X