Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.018 views

Tahanan Palestina Di Penjara Israel Lakukan Mogok Makan, Boikot Pengadilan

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Sejumlah tahanan Palestina yang mendekam di penjara-penjara Israel telah melakukan mogok makan selama berbulan-bulan untuk memprotes penahanan sewenang-wenang mereka di bawah kondisi yang tidak manusiawi dan menuntut kebebasan.

Dipenjara di bawah kebijakan kontroversial “penahanan administratif,” setidaknya tujuh tahanan Palestina mendaftarkan protes mereka terhadap perlakuan buruk dan kebijakan represif Israel dalam penahanan ilegal melalui mogok makan dan memboikot sidang pengadilan militer.

Kayed Fasfous telah melakukan mogok makan selama 76 hari, Mikdad Qawasme selama 69 hari, diikuti oleh Hisham Abu Hawwash selama 43 hari, Rayeq Bisharat selama 38 hari, Shadi Abu Aker selama 35 hari, dan Hasan Shoukeh selama 9 hari, menurut kelompok advokasi para tahanan.

Qawasme baru-baru ini dipindahkan ke rumah sakit menyusul penurunan kesehatan yang cepat, sementara Fasfous dan tiga narapidana lainnya telah dimasukkan ke dalam klinik penjara Ramla, kata Masyarakat Tahanan Palestina (PPS) dalam sebuah pernyataan.

Seorang penduduk dari kota Hebron, Tepi Barat yang diduduki selatan, Qawasme, berusia 24 tahun, baru-baru ini memutuskan untuk menaikkan taruhan dengan menolak untuk mengambil suplemen atau cairan infus selama mogok makan yang tidak terbatas.

PPS telah menyatakan keprihatinan serius atas kondisinya yang memburuk, termasuk penurunan berat badan yang ekstrem, detak jantung yang rendah, sesak napas, penglihatan kabur, migrain dan sakit parah, dan ketidakmampuan untuk berdiri.

Di bawah apa yang disebut kebijakan “penahanan administratif”, rezim Israel telah menahan warga Palestina tanpa pengadilan atau tuntutan hukum untuk jangka waktu yang lama.

Kebijakan kejam itu tidak mewajibkan rezim Israel untuk memberikan bukti  apa pun untuk membenarkan penangkapan dan pemenjaraan, yang secara terang-terangan bertentangan dengan konvensi hukum internasional.

Penangkapan sewenang-wenang, penahanan ilegal

Qawasme ditangkap oleh tentara Israel pada Januari tahun ini, dan dijatuhi hukuman enam bulan penjara atas tuduhan yang tidak berdasar. Penahanannya diperbarui untuk kedua kalinya pada bulan Juni, tanpa dia atau pengacaranya diberitahu tentang tuduhan tersebut, yang mendorongnya untuk melakukan mogok makan, bersama dengan banyak orang lainnya.

Saudaranya Qutayba seperti dikutip Middle East Eye bahwa pengacara dapat mengunjunginya pada Kamis malam, dan memberi tahu keluarga bahwa dia dalam “kondisi kritis.”

“Kami sebagai sebuah keluarga telah hidup dalam ketakutan dan kekhawatiran terus-menerus atas kesehatan Miqdad selama dua bulan terakhir, dan sekarang kami takut kehilangan dia karena mogok makan yang sedang berlangsung dan penolakannya untuk mengonsumsi suplemen,” kata Qutayba.

Narapida lain, al-Fasfous, 32, telah melakukan mogok makan paling lama, sejak awal Juli. Dia telah memprotes penahanan ilegalnya, sejak Juli 2020, tanpa dakwaan atau pengadilan.

Hawwash, 39, telah berada dalam tahanan Israel sejak Oktober 2020, menjalani dua masa penahanan enam bulan. Ayah lima anak ini telah menghabiskan total delapan tahun di berbagai penjara Israel.

Bisharat, 44, warga Tubas, dipenjara setahun setelah intifada kedua pada 2002 dan dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara. Dia kembali ditangkap pada 23 Juli dan dijatuhi hukuman tiga bulan penjara.

Abu Aker, 37, seorang pengungsi yang tinggal di kamp Aida daerah Betlehem, ditangkap selama Intifada Kedua dan dibebaskan pada 2012, hanya untuk ditangkap lagi pada Oktober 2020.

Amany Sarhana, kepala departemen media PPS, seperti dikutip oleh Middle East Eye bahwa 2021 melihat salah satu jumlah tertinggi tahanan Palestina melakukan mogok makan terhadap penahanan sewenang-wenang dan kondisi penjara yang tidak manusiawi.

Menurut PPS, Israel telah mengeluarkan 869 perintah “penahanan administratif” terhadap 520 warga Palestina sejak awal tahun 2021, termasuk empat anak di bawah umur.

Layanan Penjara Israel (IPS), kata Sarhaha, telah menempatkan sebagian besar pemogok makan di sel isolasi, membatasi akses mereka ke pengacara, dan memperingatkan agar tidak mengungkapkan informasi tentang kesehatan mereka.

Boikot pengadilan 

Untuk memprotes penggunaan penahanan administratif oleh Israel dan pengabaian terhadap tahanan Palestina yang sakit, setidaknya lima tahanan Palestina lainnya telah mengumumkan bahwa mereka akan memboikot pengadilan militer Israel dan menolak untuk meminum obat apa pun.

Diidentifikasi sebagai Ayed Dudin, Yousef Qazzaz, Ahmad Abu Sundus, Yasser Budrusawi dan Amin Shawki, mereka telah menghabiskan bertahun-tahun di bawah penahanan administratif, dan menderita kondisi medis kronis, menurut PPS.

Kepala PPS Qaddura Fares mengatakan bahwa boikot pengadilan Israel berarti menolak untuk mengakui legitimasi sistem hukum palsu.

“Kami telah menyerukan ini sejak eskalasi kebijakan penahanan administratif otoritas pendudukan, serta penargetannya terhadap aktivis di masyarakat Palestina,” katanya.

Qazzaz, 49, termasuk di antara lima tahanan yang memutuskan untuk memboikot pengadilan kanguru dan menolak pengobatan, meskipun menderita masalah ginjal dan migrain serius.

Seorang aktivis politik terkenal di daerah Hebron, dia ditangkap oleh pasukan Israel awal tahun ini menyusul keputusannya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan Otoritas Palestina - yang sejak itu telah ditunda. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X