Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.106 views

UEA Kirim 6 Mantan Tahanan Guantanamo Ke Yaman

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Uni Emirat Arab telah mengirim enam tahanan Yaman yang pertama kali ditahan di pangkalan AS di Teluk Guantanamo, Kuba, dan kemudian di federasi Teluk Arab, ke negara asal mereka di Yaman, kata keluarga para pria dan seorang pejabat pemerintah, Kamis (29/7/2021).

Pemindahan itu dilakukan di tengah kekhawatiran bahwa para mantan tahanan dapat menghadapi bahaya yang signifikan di dalam negeri di Yaman, yang sebagian besar tanpa hukum setelah bertahun-tahun perang saudara. Orang-orang itu ditahan selama bertahun-tahun di UEA tanpa dakwaan, kata keluarga mereka.

Menurut pejabat Yaman, ke enamnya mendarat awal pekan ini di provinsi Hadramaut timur Yaman. Para tahanan telah menjalani rehabilitasi saat berada di UEA, kata pejabat itu, seraya mengklaim bahwa mereka semua akan dibebaskan dan dipersatukan kembali dengan keluarga mereka dalam beberapa pekan mendatang.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas transfer dengan media, mengatakan orang-orang itu akan terus dipantau oleh keamanan Yaman.

Pakar hak asasi PBB mengatakan tahun lalu bahwa mengembalikan tahanan secara paksa ke Yaman bisa menjadi pelanggaran hukum internasional. Para ahli mengatakan orang-orang itu bisa menghadapi penyiksaan atau perlakuan buruk setelah kembali ke Yaman.

Keenamnya termasuk di antara 19 tahanan—18 warga Yaman dan satu warga Rusia—yang ditangkap di Afghanistan dan Pakistan setelah serangan 11 September. Ke-19 orang tersebut dipindahkan ke tahanan di UEA selama periode antara 2015 dan 2017, ketika AS membebaskan mereka dari Guantanamo.

Setelah rilis minggu ini dari enam, 13 dari grup asli tetap ditahan di UEA.

Pengurungan terus-menerus para pria itu melanggar janji yang dibuat oleh pejabat AS ketika mereka dikirim ke UEA.

Dalam panggilan telepon sporadis dari lokasi yang dirahasiakan di UEA, beberapa berbisik kepada keluarga mereka bahwa seburuk kehidupan di Guantanamo, mereka berharap bisa kembali ke sana, The Associated Press melaporkan tahun lalu.

Para ahli PBB mengatakan orang-orang itu telah "menjadi sasaran penahanan sewenang-wenang terus menerus di lokasi yang dirahasiakan," di Uni Emirat.

Otoritas UEA belum berkomentar secara terbuka tentang penyerahan tersebut dan kementerian luar negeri Uni Emirat Arab tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Seorang kerabat dari salah satu tahanan berbagi foto pertemuan emosional pertama antara satu tahanan dan putranya, yang sekarang sudah dewasa, dan keduanya berpelukan. Namun dia dan kerabat lainnya tetap mengkhawatirkan keselamatan anggota keluarga mereka. Namanya dan nama lengkap para tahanan Yaman dirahasiakan karena takut mereka akan menghadapi pembalasan.

Pusat Keadilan Amerika yang berbasis di AS, yang mengikuti pelanggaran hak asasi manusia di Yaman, menyambut baik pembebasan enam dari tahanan Emirat tetapi mendesak pemerintah Yaman untuk “melanjutkan perawatan penuh bagi mereka untuk membantu mereka berintegrasi ke dalam masyarakat dan mempraktikkan kehidupan normal mereka.”

Yaman, negara termiskin di dunia Arab telah dilanda perang saudara sejak 2014. Penyiksaan dan penahanan sewenang-wenang tersebar luas di jaringan penjara rahasia dan formal yang dijalankan oleh berbagai faksi yang mengendalikan berbagai bagian negara.

Kembalinya warga Yaman terjadi setelah seorang Maroko yang ditahan selama 19 tahun tanpa dakwaan di Guantánamo bergabung kembali dengan keluarganya di kerajaan Afrika Utara ini awal bulan ini. Abdullatif Nasser, sekarang 56, adalah tahanan pertama di pusat Teluk Guantanamo yang dipindahkan ke tahanan negara asalnya di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia menyebut penahanan dan kamp penahanan di Guantanamo, yang dibuka di bawah Presiden George W. Bush setelah serangan Al-Qaidah tahun 2001, sebagai kesalahan bersejarah oleh Amerika Serikat.

Ada tuduhan penyiksaan dalam pemeriksaan awal, dan gugatan hukum terhadap keabsahan pengadilan militer di sana. Pemerintahan Bush dan para pendukungnya menyebut kamp tersebut, di pangkalan angkatan laut AS di Kuba, penting untuk mengelola para tersangka jihadis internasional dengan aman.

Hampir 800 tahanan telah melewati Guantanamo. Dari 39 sisanya, 10 memenuhi syarat untuk dipindahkan, 17 memenuhi syarat untuk menjalani proses peninjauan untuk kemungkinan pemindahan, 10 lainnya terlibat dalam proses komisi militer yang digunakan untuk mengadili tahanan dan dua telah dihukum, kata seorang pejabat senior pemerintah.

10 orang yang memenuhi syarat untuk transfer berasal dari Yaman, Pakistan, Tunisia, Aljazair dan UEA. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa