Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.313 views

Laporan: 3 Nama Secara Misterius Dihapus Dari Laporan AS Tentang Pembunuhan Khashoggi

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Komunitas intelijen AS telah mengganti laporan yang telah lama ditunggu-tunggu tentang pembunuhan Jamal Khashoggi dengan versi lain yang menghapus nama tiga pria yang awalnya ditampilkan dan diidentifikasi sebagai pihak yang terlibat, lapor CNN.

CNN melaporkan pada hari Senin (1/3/2021) bahwa Kantor Direktur Intelijen Nasional (ODNI) mengubah laporan tersebut beberapa jam setelah diterbitkan pada hari Jum'at sore.

Tautan pertama ke laporan yang dikirim oleh ODNI berhenti bekerja dan diganti dengan versi kedua, yang nama file di situs web ODNI termasuk "v2", yang menghapus tiga orang yang baru saja diumumkan "berpartisipasi di, memerintahkan, atau terlibat atau bertanggung jawab atas kematian Jamal Khashoggi ".

CNN mengatakan perubahan itu sebagian besar tidak diperhatikan di tengah kemarahan atas kegagalan pemerintahan Joe Biden untuk menjatuhkan sanksi kepada Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman setelah laporan itu mengkonfirmasi bahwa dia telah secara langsung menyetujui pembunuhan tersebut.

Khashoggi, mantan orang dalam istana kerajaan Saudi yang kemudian menjadi kritikus, dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018, setelah ia memasuki gedung untuk mengumpulkan dokumen rencana pernikahannya dengan calon istrinya asal Turki Hatice Cengiz.

Menurut pejabat Turki, Khashoggi terbunuh dan tubuhnya dipotong-potong oleh pasukan Saudi yang terdiri dari 15 orang di dalam konsulat.

The Washington Post, tempat Khashoggi menjadi kolumnis, melaporkan pada November tahun yang sama bahwa CIA telah menyimpulkan bahwa Mohammed bin Salman secara pribadi telah memerintahkan pembunuhan tersebut.

Selama kampanye pemilihannya, Biden berjanji untuk memperlakukan Riyadh sebagai "paria".

ODNI menolak menjelaskan mengapa nama-nama itu awalnya tertulis di daftar dan peran apa, jika ada, yang mereka miliki dalam kejahatan tersebut.

"Kami meletakkan dokumen yang direvisi di situs web karena dokumen asli secara keliru memuat tiga nama yang seharusnya tidak dimasukkan," kata juru bicara ODNI kepada CNN.

Seorang pejabat tinggi pemerintahan telah berdebat pada Jum'at sore sebelum perubahan itu diketahui bahwa laporan tersebut tidak berisi informasi baru.

"Ini [adalah] informasi yang telah diketahui pemerintah AS dan diberi pengarahan kepada komite dan anggota Kongres lebih dari satu tahun lalu," kata pejabat itu.

Namun tiga dari nama yang pertama kali didaftarkan ODNI sebelumnya tidak disebutkan dalam laporan tentang pembunuhan Khashoggi.

Tiga nama yang hilang adalah Yasir Khalid Alsalem, Ibrahim al-Salim dan Abdulla Mohammed Alhoeriny.

CNN mengutip seseorang yang akrab dengan cara kerja intelijen Saudi yang mengatakan bahwa Alhoeriny adalah saudara laki-laki Jenderal Abdulaziz bin Mohammed al-Howraini, seorang menteri yang bertanggung jawab atas Kepresidenan Keamanan Negara yang mengawasi berbagai badan intelijen dan kontraterorisme. Abdulla muncul dalam laporan Saudi sebagai asisten kepala keamanan negara untuk kontraterorisme.

Seorang pejabat Komite Intelijen DPR mengatakan ODNI telah dimintai klarifikasi tentang perbedaan antara kedua daftar nama tersebut.

Laporan yang direvisi itu diakhiri dengan daftar 18 nama yang intelijen AS memiliki "kepercayaan tinggi" terlibat dalam pembunuhan brutal tersebut.

Ke-18 orang itu juga telah diberi sanksi oleh AS atas pembunuhan Khashoggi.

Washington, bagaimanapun, mengutip kepentingan nasional untuk membenarkan mengapa Biden membiarkan Mohammed bin Salman, umumnya dikenal sebagai MBS, lolos.

Laporan tersebut menilai bahwa "Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman menyetujui operasi di Istanbul, Turki untuk menangkap atau membunuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi".

Cengiz, calon istri Khashoggi, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun Twitter resminya pada hari Senin, "Sangat penting bahwa Putra Mahkota, yang memerintahkan pembunuhan brutal terhadap orang yang tidak bersalah dan tidak bersalah, harus dihukum tanpa penundaan." (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa