Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.041 views

Bentrokan Meningkat Di Marib Antara Pasukan Pemerintah Yaman Dan Pemberontak Syi'ah Houtsi

MARIB, YAMAN (voa-islam.com) - Bentrokan antara pasukan pemerintah Yaman dan pemberontak Syi'ah Houtsi telah meningkat di provinsi strategis Marib, dengan sumber militer mengatakan seorang komandan loyalis senior termasuk di antara puluhan petempur yang tewas.

Awal bulan ini, pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran melanjutkan upaya untuk merebut kota Marib, yang terletak dekat dengan beberapa ladang minyak terkaya Yaman di utara negara itu.

Ratusan petempur dari kedua belah pihak telah tewas dalam pertempuran sejak Jum'at, menurut sumber pemerintah. Pemberontak Syi'ah Houtsi biasanya tidak merilis korban jiwa.

"Dua puluh dua anggota pasukan pemerintah dan lebih dari 28 pemberontak tewas dalam 24 jam terakhir dalam pertempuran itu," termasuk komandan pasukan khusus di Marib, Jenderal Abdel Ghani Shaalan, seorang sumber militer mengatakan kepada kantor berita AFP.

"Pertempuran terus berlanjut tanpa henti di semua lini di provinsi Marib" - benteng terakhir pemerintah di utara negara itu - kata sumber itu, menambahkan bahwa tidak ada pihak yang maju di lapangan.

Nabeel Khoury, mantan diplomat AS di Yaman, mengatakan itu adalah "pertempuran yang sangat kritis".

"Sepertinya kedua belah pihak ingin berada dalam posisi tawar yang lebih kuat dalam pembicaraan damai yang diantisipasi," kata Khoury kepada Al Jazeera.

“Masalahnya tentu saja adalah bahwa keuntungan jangka pendek ini… sebenarnya dapat menggagalkan proses perdamaian baru yang diluncurkan oleh pemerintahan AS yang baru.”

Koalisi pimpinan Saudi yang mendukung pemerintah yang diakui secara internasional meluncurkan lebih dari 12 serangan udara untuk mendukung pasukan pemerintah, menurut saluran TV Al Masirah yang dikelola Houthi.

Lebih dari 60 petempur tewas dalam pertempuran di Marib pada hari Jum'at, hari paling berdarah sejak dimulainya serangan pada 8 Februari.

Sementara itu, pemerintah mengatakan pemberontak Syi'ah Houtsi menembakkan 10 rudal balistik pada Jum'at malam di kota Marib, kantor berita resmi Saba melaporkan, tanpa ada laporan tentang korban.

Pada hari Sabtu, beberapa ledakan mengguncang ibu kota Saudi, Riyadh, dengan televisi pemerintah mengatakan koalisi yang dipimpin Saudi telah menggagalkan "serangan rudal balistik Houtsi".

Pemberontak Syi'ah Houtsi tidak mengkonfirmasi klaim tersebut, tetapi mereka telah melakukan serangan lintas batas ke Arab Saudi dengan drone dan rudal di masa lalu.

'Jutaan berisiko'

Konflik Yaman yang parah telah menewaskan puluhan ribu dan jutaan orang mengungsi, menurut organisasi internasional, memicu apa yang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa disebut sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Konflik dimulai pada 2014, setelah pemberontak Syi'ah Houtsi yang menjadi kaki tangan Iran merebut sebagian besar wilayah Yaman yang berpenduduk mayoritas Sunni termasuk ibu kota Sana'a, memaksa pemerintah untuk memindahkan pangkalannya ke pelabuhan selatan Aden.

Pemberontak Syi'ah Houtsi sekarang menguasai sebagian besar bagian utara negara itu dan pemerintah telah berjuang untuk mempertahankan provinsi Marib.

Nasr Al-Deen Amer, sekretaris kementerian informasi Syi'ah Houtsi, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pertempuran untuk Marib adalah salah satu "medan perang terpanas sejak awal agresi di Yaman".

PBB pekan lalu memperingatkan potensi bencana kemanusiaan jika perjuangan Marib terus berlanjut.

Provinsi ini adalah rumah bagi sekitar dua juta pengungsi internal, banyak di antaranya hidup dengan sedikit atau tanpa sumber daya. PBB memperkirakan bahwa 400.000 anak di bawah usia lima tahun mengalami kekurangan gizi parah.

Hingga awal tahun lalu, kehidupan di Marib relatif damai, meski perang berkecamuk di tempat lain di negara Jazirah Arab.

Karena kedekatannya dengan perbatasan Saudi, provinsi itu sebagian besar tidak tersentuh oleh konflik tahun-tahun pertama dan bahkan berkembang pesat, karena mereka yang mencari perlindungan di sana membuka bisnis dan restoran.

PBB sekarang mengatakan pertempuran itu telah membahayakan "jutaan warga sipil".

Lonjakan kekerasan bulan ini terjadi setelah Washington memutuskan untuk menghapus pemberontak Syi'ah Houtsi dari daftar kelompok "teroris" dengan alasan demi memastikan bantuan tidak terhalang dan untuk membuka jalan untuk memulai kembali pembicaraan damai.

Para pengamat mengatakan pemberontak Syi'ah Houtsi ingin menangkap Marib sebagai pengaruh sebelum memasuki negosiasi apa pun. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X