Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.063 views

Islamic State Bobol Penjara di Kongo, Bebaskan Setidaknya 1300 Narapidana

BENI, DRC (voa-islam.com) - Setidaknya 1.300 narapidana yang ditahan di sebuah penjara di timur laut Republik Demokratik Kongo (DRC) hari Selasa (20/10/2020) dibebaskan dalam serangan yang diklaim oleh Islamic State (IS).

Penyerbuan itu itu dilakukan oleh Allied Democratic Forces (ADF), afiliasi lokal IS di dalam 'Provinsi Afrika Tengah'.

Dalam pernyataan singkatnya yang dirilis melalui Kantor Berita Amaq, kelompok jihadis tersebut mengatakan, “pejuang ISIS pagi ini [20 Oktober 2020] menyerang penjara pusat Kangbayi dan pangkalan militer tentara Kongo di kota Beni di timur laut Kongo. "

Kurangnya detail tambahan biasa terjadi dalam pernyataan yang dirilis melalui Amaq. Rincian tambahan atau bukti visual belum disediakan oleh Islamic State, pada saat penerbitan.

Namun, ADF juga mengklaim serangan tersebut melalui saluran media sosial pribadinya. Dalam pernyataan itu, kelompok itu menyebut dirinya sebagai bagian dari Islamic State Provinsi Afrika Tengah.

Dalam pernyataan singkatnya, ADF mengatakan "saudara laki-laki dan perempuan Muslim Anda dari Provinsi Afrika Tengah menyerang pangkalan militer dan juga membebaskan 1.300 narapidana." Kelompok itu juga mengatakan penjara itu digunakan sebagai fasilitas penyiksaan oleh pemerintah Kongo.

Menurut laporan lokal, militan ADF melancarkan dua serangan simultan yang menargetkan penjara Kangbayi dan pangkalan militer yang berdekatan.

Pelaporan lain menunjukkan serangan ketiga terhadap posisi militer Kongo terjadi di luar Beni segera sebelum penyerangan di penjara dan pangkalan militer.

Hasilnya, setidaknya 1.300 narapidana dibebaskan. Namun tidak jelas, berapa banyak dari narapidana ini yang sebenarnya adalah anggota ADF, milisi lokal, atau penjahat umum.

Pejabat lokal, termasuk Walikota Beni, Modeste Bakwanamaha, dengan cepat menyalahkan ADF. Menurut Bakwanamaha, 20 narapidana yang telah dibebaskan dalam penggerebekan itu kemudian menyerahkan diri dan mengidentifikasi penyerang sebagai ADF.

Pelaporan tambahan oleh Reuters menambahkan bahwa penjara Kangbayi juga menahan beberapa anggota ADF pada saat penyerbuan. Kelompok itu juga dituduh melakukan serangan serupa di penjara yang sama pada 2017.

Serangan penjara kemarin terjadi hanya beberapa hari setelah juru bicara resmi Islamic State, Abu Hamza al-Quraishi, memuji pembobolan penjara pada 2 Agustus oleh kelompok itu di Jalalabad, Afghanistan. Mengacu pada serangan itu, al-Quraishi meminta anggota dan pendukungnya untuk melakukan operasi serupa di seluruh dunia.

Meskipun tidak jelas apakah ADF mengambil perintah langsung dari Islamic State untuk melakukan serangan hari ini, namun, terbukti bahwa ada tren yang sedang berlangsung di mana para pemimpin IS mendesak lebih banyak pembobolan penjara dalam pidato dan pesan yang kemudian berkorelasi dengan serangan terhadap tanah.

Dalam pesan terpisah di salurannya, ADF mengakui pidato baru-baru ini dari al-Quraishi yang mengatakan bahwa “Abu Hamza al-Qurayshi mengatakan Khalifah [mengacu pada emir Negara Islam saat ini, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi] menyarankan semua mujahidin untuk mengarahkan pandangan mereka tentang mendobrak tembok penjara dan membebaskan saudara-saudara kita. "

Pernyataan itu juga menambahkan bahwa "dia [Abu Hamza al-Qurayshi] mengatakan penaklukan atas tanah terjadi setelah penjara dihancurkan dan saudara-saudara dibebaskan untuk bergandengan tangan dalam menghancurkan penindas Tawaghit [tiran] dan benteng mereka."

ADF dan Islamic State

Awalnya didedikasikan untuk menggulingkan pemerintah Uganda, ADF melarikan diri ke Kongo timur pada pertengahan 1990-an dan mulai menyelaraskan diri dengan kelompok lain yang beroperasi di daerah tersebut dan menjalin hubungan dengan komunitas lokal.

Seiring waktu, dan terutama setelah pergantian kepemimpinan sekitar 2014-2015, ADF semakin meradikalisasi, secara dramatis meningkatkan serangan terhadap warga sipil Kongo. Segera menjadi jelas bahwa radikalisasi ini dibarengi dengan upaya kelompok tersebut untuk menyesuaikan diri dengan Islamic State.

Pada 2016, ADF mulai merilis serangkaian video sebagai upaya nyata untuk menyatakan ideologi radikalnya secara terbuka. Banyak dari video tersebut menunjukkan pesan jihadis yang jelas, termasuk slogan membangun kekhalifahan, seruan untuk melakukan serangan terhadap "kafir," dan deklarasi niat mereka untuk menerapkan Syariah Islam di DRC dan Uganda.

Tahun berikutnya, ADF menerima pendanaan dari Waleed Ahmed Zein, seorang jihadis yang berbasis di Afrika Timur yang kemudian diberi sanksi oleh Departemen Keuangan AS atas perannya dalam IS. Departemen Keuangan mencatat bahwa jaringannya dapat memindahkan uang ke pejuang Islamic State di "Suriah, Libya, dan Afrika Tengah".

Mitra Zein, Halima Adan Ali, juga diberi sanksi oleh Departemen Keuangan AS karena memberikan dukungan kepada IS. Dalam siaran persnya, Departemen Keuangan menegaskan kembali bahwa Ali dan Zein memindahkan uang untuk Islamic State ke para pejuang di Afrika Tengah.

Pada Februari 2018, pasukan Kongo menemukan materi dan buku Islamic State selama penggerebekan di kamp ADF dekat Beni. Salah satu buku ini diterbitkan oleh Maktabah al Himma dari IS, sayap penting kelompok yang pernah menghasilkan risalah teologis dan ideologis.

Tautan ini tampaknya telah berkembang sedemikian rupa sehingga, pada bulan April 2019, IS mengklaim serangan pertamanya di DRC dengan nama "Provinsi Afrika Tengah". Dalam media produksi lokal, kelompok tersebut juga menyebut dirinya sebagai Islamic State.

Sejak itu, kelompok tersebut telah mengklaim lebih dari 71 operasi di Kongo menurut data. Sebagian besar dari ini dapat dikaitkan dengan serangan ADF yang diverifikasi berdasarkan pelaporan oleh Kivu Security Tracker (sebuah proyek yang memetakan kekerasan di Kongo timur) dan oleh media lokal. (TLWJ)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya