Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.204 views

Pasukan GNA Tewaskan 20 Milisi Pemberontak Pimpinan Haftar di Sirte Libya

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya yang diakui PBB mengatakan pada hari Jum'at (3/4/2020) bahwa pasukannya membunuh 20 anggota milisi pemberontak yang setia kepada Jenderal Khalifa Haftar di Sirte.

Para anggota milisi pemberontak pimpinan Haftar itu tewas dalam serangan udara, Mustafa al-Mujie, juru bicara ruang operasi Gunung Api Kemarahan yang dipimpin GNA, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA).

Menanggapi berulang kali pelanggaran milisi Haftar tentang gencatan senjata dan serangan terhadap warga sipil di Tripoli, GNA pekan lalu meluncurkan operasi di beberapa front, termasuk serangan terhadap pangkalan udara yang dikuasai oleh saingan mereka di barat Tripoli.

Tiga pesawat tempur, tank, kendaraan lapis baja, meriam dan artileri milik pasukan Haftar sejauh ini telah hancur selama operasi militer yang diluncurkan oleh pasukan GNA.

Karena kerugian besar, pasukan Haftar harus kabur dari pos mereka di Tripoli selatan.

Sejak penggulingan mendiang diktator Muammar Khadafi pada 2011, dua kursi kekuasaan telah muncul di Libya: Haftar di Libya timur, didukung oleh Mesir dan Uni Emirat Arab, dan GNA di Tripoli, yang menikmati dukungan PBB dan pengakuan internasional.

Upaya internasional untuk membuat gencatan senjata telah dihalangi oleh pihak Haftar yang mencemooh proses tersebut.

Sementara itu, Libya mengkonfirmasi kematian pertamanya akibat dari virus Corona pada hari Kamis.

Seorang wanita berusia 85 tahun yang dites positif meninggal karena COVID-19, kata Pusat Pengendalian Penyakit Nasional Libya dalam sebuah pernyataan.

Sebelas kasus telah dilaporkan di negara ini sejauh ini.

Negara yang dilanda perang itu mencatat kasus virus Corona pertamanya pada 24 Maret, dan pemerintah kemudian melarang perjalanan antar kota untuk mengekang penyebaran virus.

Amerika Serikat menyerukan penangguhan permusuhan di Libya untuk membantu upaya membendung wabah virus Cina mematikan yang dinamai oleh para ahli sebagai COVID-19 tersebut.

Dua minggu lalu, pihak yang bertikai secara terbuka menyambut gagasan itu dan menyatakan komitmen mereka terhadap jeda kemanusiaan dalam pertempuran sehingga pihak berwenang dapat fokus pada pencegahan penyebaran virus Corona. Ada kekhawatiran pandemi global dapat menghancurkan Libya yang dilanda perang, di mana konflik satu dekade telah merusak infrastruktur utama dan menciptakan kekurangan medis yang mengerikan. Namun, pertempuran pecah lagi segera setelah pasukan pemberontak Haftar mengintensifkan ofensif mereka di Tripoli. Haftar telah berusaha merebut ibukota selama hampir setahun, didukung oleh UEA, Mesir dan Rusia.

Risiko yang ditimbulkan oleh pandemi ini sangat mengkhawatirkan di Libya, di mana keamanan dan situasi kemanusiaan semakin memburuk sejak Haftar meluncurkan ofensifnya terhadap Tripoli hampir setahun yang lalu, yang telah menewaskan lebih dari 1.000 orang dan 150.000 orang terlantar.  (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X