Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.724 views

Didampingi Nenyatahu, Trump Luncurkan Rencana Perdamaian Timur Tengah yang Sangat Pro-Israel

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Presiden AS Donald Trump meluncurkan rencana perdamaian Timur Tengah yang telah lama ditunggu pada hari Selasa (28/1/2020), menyerukan pembentukan Negara Palestina dengan ibukotanya di bagian-bagian dari Yerusalem timur, mengklaim itu adalah peluang "sama-sama menang" untuk Israel dan Palestina.

Rencana tersebut menyerukan pembentukan Negara Palestina dengan ibukotanya di bagian-bagian dari Yerusalem timur, mengakhiri spekulasi mengenai apakah pemerintahannya, dalam menyiapkan proposal tanpa masukan dari para pemimpin Palestina, akan meninggalkan "resolusi dua negara" untuk konflik tersebut. .

Trump, merilis rencana itu di hadapan audiensi yang sangat pro-Israel di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di sisinya, mengakui bahwa ia telah melakukan banyak hal untuk Israel, tetapi ia mengatakan ia ingin kesepakatan itu menjadi “banyak hal untuk Palestina. "Trump mengatakan kesepakatan itu adalah" peluang bersejarah "bagi Palestina untuk mencapai negara merdeka sendiri.

Rencana tersebut lebih dari dua kali lipat wilayah yang saat ini berada di bawah kendali Palestina, meskipun itu mengakui kedaulatan Israel atas blok-blok pemukiman ilegal Yahudi besar di Tepi Barat, sesuatu yang hampir pasti akan ditentang oleh Palestina. Sekitar 200.000 orang Yahudi Israel sekarang tinggal di Yerusalem timur di rumah-rumah pemukiman yang dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional.

Palestina telah menolak proposal tersebut, menuduh Trump bias dalam mendukung Israel karena ia telah mengadopsi kebijakan yang mendukung Israel dengan biaya mereka.

'Pembekuan' pemukiman

Rencana itu memang menyerukan empat tahun pembekuan pembangunan permukiman baru Israel, di mana rincian waktu perjanjian komprehensif akan dinegosiasikan. Namun, tidak segera jelas apakah pembekuan tersebut dapat diperpanjang jika kesepakatan akhir tidak selesai dalam empat tahun.

Garis besar 50 halaman politik lebih jauh dalam konsesi untuk Palestina daripada yang diyakini banyak analis. Namun, itu akan mengharuskan Palestina untuk menerima kondisi yang sebelumnya tidak ingin mereka pertimbangkan, seperti menerima pemukiman ilegal Yahudi Tepi Barat. Itu dibangun di atas rencana ekonomi 30 halaman untuk Tepi Barat dan Gaza yang diresmikan Juni lalu dan yang juga ditolak oleh Palestina,

Di bawah ketentuan "visi perdamaian" yang menantu sekaligus penasehat senior Trump, Jared Kushner, telah bekerja selama hampir tiga tahun, negara Palestina di masa depan akan terdiri dari Tepi Barat dan Gaza, yang dihubungkan oleh kombinasi di atas- jalan tanah dan terowongan.

Netanyahu dan penantang politik utamanya dalam pemilihan Maret, Benny Gantz, telah menandatangani rencana tersebut.

Pendakwaan

Peristiwa Gedung Putih datang ketika pengadilan impeachment Trump berlanjut di Senat dan parlemen Israel telah merencanakan sidang untuk membahas permintaan Netanyahu untuk kekebalan dari tuduhan korupsi kriminal. Netanyahu menarik permintaan itu beberapa jam sebelum sidang dimulai, tetapi parlemen Israel, Knesset, masih diperkirakan akan bertemu. Badan itu cenderung memilih menentang kekebalan, memberi pukulan keras kepada Netanyahu.

Menjelang pemilihan 2 Maret, Netanyahu telah menyerukan untuk menganeksasi bagian-bagian Tepi Barat dan memaksakan kedaulatan Israel pada semua pemukiman di sana. Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967, dan Lembah Yordan khususnya dianggap sebagai aset keamanan yang vital.

Tanggung jawab keamanan untuk Lembah Yordan akan tetap berada di tangan Israel untuk masa yang akan datang tetapi dapat ditingkatkan kembali ketika negara Palestina yang baru lahir membangun kapasitasnya, berdasarkan ketentuan rencana, yang mengatakan bahwa kenegaraan akan bergantung pada Palestina yang memenuhi kriteria tata kelola internasional .

Para pejabat AS, berbicara dengan syarat anonim sebelum rilis rencana itu, mengatakan mereka memperikarakan tanggapan negatif dari Palestina, serta Turki dan Iran, tetapi berharap bahwa Yordania dan Mesir, satu-satunya dua negara Arab yang memiliki perjanjian damai dengan Israel, tidak akan langsung menolaknya. Para pejabat mengatakan mereka memperkirakan negara-negara Teluk Arab seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan yang lainnya akan menyambut rencana itu dengan hati-hati.

Reaksi Yordania, yang akan mempertahankan tanggung jawabnya atas Masjid al-Aqsa Yerusalem di bawah rencana itu, akan sangat signifikan, menurut para pejabat, yang mengatakan Kushner dan yang lainnya menjangkau para pemimpin Arab sebelum peluncuran.

Orang-orang Palestina melihat Tepi Barat sebagai pusat dari negara merdeka di masa depan dan Yerusalem timur sebagai ibukota mereka. Sebagian besar komunitas internasional mendukung posisi mereka, tetapi Trump telah membalikkan dekade kebijakan luar negeri AS dengan memihak Israel secara lebih terang-terangan. Inti dari strateginya adalah mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar Amerika di sana. Dia juga menutup kantor diplomatik Palestina di Washington dan memotong dana untuk program bantuan Palestina.

Kebijakan-kebijakan itu telah terbukti populer di kalangan pendukung evangelis dan pro-Israel Trump dan dapat memberinya dorongan yang sangat dibutuhkan dari pangkalannya ketika ia bersiap untuk pertempuran pemilihan ulang tahun ini.

Tetapi orang Palestina menolak untuk bahkan berbicara dengan Trump dan mereka meminta dukungan dari para pemimpin Arab. Kepemimpinan Palestina juga telah mendorong protes di Tepi Barat, menimbulkan kekhawatiran bahwa pengumuman di Washington dapat memicu putaran baru kekerasan. Menjelang pengumuman itu, militer Israel mengatakan pihaknya memperkuat pasukan infanteri di sepanjang Lembah Jordan. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X