Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.680 views

Pemberontak Syi'ah Houtsi Serang 76 Masjid Sunni di Yaman

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Para ahli Yaman lokal memperingatkan bahwa pemberontak Syi'ah Houtsi melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan untuk menebus kegagalan mereka dalam mendapatkan keuntungan di beberapa medan pertempuran di negara yang dilanda perang tersebut.

Pemberontak Syi'ah kaki tangan Iran itu telah menargetkan tempat-tempat ibadah selama waktu sholat untuk mencatat korban tewas setinggi mungkin. Pada hari Sabtu, kelompok itu membom sebuah masjid di sebuah kamp militer di Marib - sekitar 170 km sebelah timur Sanaa - selama shalat Isya.

Dalam serangan itu, sekitar 111 tentara tewas dan lebih dari 68 lainnya terluka.

Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional telah memerangi pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran sejak 2014, ketika mereka merebut ibukota Sana'a.

Presiden Yaman Abdu Rabbo Mansur Hadi mengutuk serangan "pengecut dan teroris" di masjid, menurut kantor berita resmi Saba.

"Tindakan memalukan dari milisi Houtsi tanpa keraguan mengkonfirmasi keengganannya untuk (mencapai) perdamaian, karena ia tidak tahu apa-apa selain kematian dan kehancuran dan merupakan alat murah Iran di wilayah tersebut," kata Hadi seperti dikutip.

Dalam beberapa tahun terakhir, tempat-tempat ibadah sering menjadi sasaran serangan teroris Syi'ah Houtsi. Sebelum serangan hari Sabtu, ada tiga upaya untuk menargetkan Masjidil Haram di Mekah.

Sistem pertahanan udara Saudi berhasil menggagalkan serangan terhadap kota tersebut.

Pada Oktober 2016, Houthis meluncurkan serangan rudal balistik terhadap Mekah. Rudal ditembak jatuh oleh pertahanan udara Saudi 65 kilometer dari target.

Pada Juli 2017, serangan lain dihentikan. Serangan itu digambarkan oleh Koalisi Arab, pasukan yang dipimpin Saudi untuk mendukung pemerintah Yaman yang diakui secara internasional, sebagai "upaya putus asa untuk merusak musim haji."

"Kami menghadapi kelompok yang berupaya untuk mempengaruhi perubahan demografis di Yaman, dan itu memberdayakan proyek Iran yang menargetkan semua lawannya," kata Ahmed al-Attiyah, Menteri Wakaf Yaman.

"Proyek Iran-Houtsi telah sistematis dalam menargetkan rumah ibadah (Sunni) sejak kudeta dimulai," tambahnya.

Al-Attiyah, dalam sambutannya kepada Asharq Al-Awsat, menambahkan bahwa kementeriannya telah mengumpulkan data yang menunjukkan bahwa pemberontak Syi'ah Houtsi telah menargetkan 76 masjid Sunni di daerah-daerah yang berada di bawah kendali mereka.

Selain menyerang tempat-tempat ibadah, data menunjukkan bahwa pemberotak dukungan Iran itu telah menodai beberapa masjid dan mengubahnya menjadi tempat penyimpanan senjata. (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X