Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.943 views

Hikmah di Balik Pembatalan Ibadah Haji 1441H

 

Oleh:

Basrowi*

 

PENYELENGGARAAN ibadah haji 1441 H /2020M baik jamaah dengan kuota haji pemerintah, jamaah regular maupun khusus termasuk bervisa haji mujamalah atau furada yang seluruhnya sesuai kuota sebanyak 221 ribu jamaah dibatalkan karena pemerintah mengutamakan keselamatan Jemaah di tengah pandemi Corona. Pembatalan itu berdasarkan KMA No 494/2020M tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441H/2020M.

Langkah itu diambil oleh pemerintah karena hingga saat ini Arab Saudi belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji 1441 H/2020M, sehingga pemerintah tidak mencukupi banyak waktu untuk melakukan persiapan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah, termasuk kewajiban melakukan karantina 14 hari sebelum keberangkatan dan saat kedatangan. Dalam hal ini kewajiban pemerintah untuk menyelenggarakan ibadah haji terhalang oleh bencana nonalam wabah Covid-19 (terjadi force majeur).

Menjaga Jiwa: Kewajiban yang Diutamakan

Langkah pembatalan diambil oleh pemerintah sesuai dengan amanah undang-udang, selain mampu secara ekonomi dan fisik, kesehatan, keselamatan, dan keamanan Jamaah haji harus diutamakam. Islam telah mengarahkan bahwa, menjaga jiwa (hifzhun nufus) adalah kewajiban yang harus diutamakan.

Sejarah mencatat bahwa pelaksanaan ibadah haji saat pandemi di masa lalu, telah mengakibatkan tragedi kemanusiaan di mana puluhan ribu Jemaah haji dari berbagai belahan dunia menjadi korban. Tahun 1814 terjadi wabah Thaun, tahun 1837 dan 1858 terjadi wabah epidemic, 1892 wabah kolera, 1987 wabah minginitis. Tahun 1947 juga penghentian ibadah haji karena masa perang.

Tragedi seperti itu akan sulit dihindari, karena akan sulit sekali menerapkan social distancing saat thawaf, sa’i, mabit, dan lempar jumrah karena 1,3 juta orang berkumpul untuk melaksanakan ibadah secara bersamaan.  

Pahit tetapi Baik

Keputusan ini tentu pahit dan kita semua harus simpati kepada seluruh jamaah haji terdampak pandemi Covid-19. Semoga seluruh jamaah yang diundur tahun depan berangkat tercatat amalnya dan mendapat pahala yang tidak kurang dari pelaksanaan ibadah haji itu sendiri.

Sabar adalah bagian dari ibadah haji. Seluruh calon jamaah telah lulus dari ujian pertama. Semoga akan lulus pada ujian-ujian berikutnya, sehingga layak menjadi haji yang mabrur.

Tidak ada balasan (yang pantas diberikan) bagi haji mabrur kecuali surga.” (HR. Bukhari). Balasan bagi haji mabrur bukan hanya terhapusnya dosanya, tetapi jaminan dimasukkan surganya allah SWT.

Haji yang mabrur adalah haji yang tidak tercampuri kemaksiatan. Dijalankan dengan penuh ketaatan sehingga tidak tercampur dengan dosa. Haji yang mabrur adalah yang haji yang makbul (diterima) dan dibalas dengan al-birr (kebaikan) yaitu pahala. Buktinya, kembali menjadi lebih baik dari sebelumnya dan tidak mengulangi perbuatan maksiat.

Haji yang mabrur adalah haji yang tidak ada riya’ serta tidak diiringi kemaksiatan. Predikat mabrur adalah hak prerogratif Allah SWT untuk disematkan kepada hambanya yang dikehendaki-Nya. Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya, “Para sahabat berkata, ‘Wahai Rasulullah, apa itu haji mabrur?’ Rasulullah menjawab, ‘Memberikan makanan dan menebarkan kedamaian.”  

 

Hikmah: Pembatalan Ibadah Haji.

Hikmah atau sesuatu yang ada di balik sesuatu itu, dalam hal ini hikmah penundaan tentu tidak ada yang tahu, karena itu rahasia Allah SWT. Akan tetapi dapat diyakini bahwa dengan gagal berangkat insya Allah seluruh jamaah haji dapat terhindar dari Covid-19. Semoga, masih diberi umur panjang sehingga pada tahun 1442H/2021M diberikan kesehatan.

Hikmah lainnya, tentu tingkat kekhusu’an di tahun yang akan datang memberikan sentuhan tersendiri karena sudah tidak ada kekhawatiran akan terpapar wabah.

Hikmah lainnya, semoga seluruh calhaj dapat istiqamah dalam menjaga berbagai hafalan bacaan wajib, rukun dan sunnah ibadah haji. Seluruh doa-doa dapat lebih lancar dalam melafalkannya. Termasuk doa agar panjang umur, sehat fisik dan psikhis sehingga tahun haji yang akan datang dapat melaksanakannya dengan baik.

Hikmah lainnya tentu, berbagai amalan baik seperti shalat malam, bertadarus, berdzikir, zakat, infaq, dan shadaqah jariah juga tetap terjaga. Upaya muhasabah dan memperbaiki diri dalam beribadah juga terus dilanggengkan. Berbagai aktivitas seperti mengikuti berbagai pengajian dalam rangka meningkatkan kadar keimanan juga dapat terus dilakukan.

Insya Allah dengan pengunduran ini ada berbagai manfaat besar yang dapat direngkuh oleh seluruh calon jamaah haji. Empat ciri mabrur mudah-mudahan telah dapat diamalkan mulai hari ini di saat pandemi yaitu: memberikan kedamaian untuk orang-orang di sekelilingnya, santun dalam berbicara, memiliki kepedulian sosial yang ditandai salah satunya memberikan makakan kepada yang membutuhkan, dan menghindari hal-hal yang tidak senonoh, maksiat serta selalu membersihkan pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Insya Allah Pelaksanaan ke depan lebih baik

Tidak ada sakit hati seperti kegagalan keberangkatan para jamaah “travel tour abal-abal” beberapa waktu lalu. Kegagalan berangkat haji kali ini semata mata karena dampak wabah Covid-19, sehingga ada jaminan dari pemerintah, bahwa tahun depan insya Allah setelah tidak ada pandemi, ibadah haji dapat dilakukan dengan persiapan yang matang, jaminan kesehatan dan keselamatan yang lebih terjamin.

Setoran pelunasan BPIH yang sudah dibayarkan akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Nilai manfaat dari setoran pelunasan akan diberikan oleh BPKH kepada jamaan paling lambat 30 hari sebelum pemberangkata kloter pertama penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M. Setolan pelunasan juga dapat diminta kembali oleh Jemaah.

Dengan adanya penundaan ini tentu, persiapan seluruh pihak bisa dilakukan dengan lebih matang. Berbagai kelemahan pelayanan pelaksanaan haji tahun-tahun sebelumnya mulai dari pemberangkatan, pemondokan, jarak pemondokan dengan masjid, pemberian menu makanan, dan pemulangan dapat diperbaiki secara maksimal.

Peran Badan Pengelola Keuangan Haji dapat memperbaiki seluruh mutu termasuk dapat memberikan BPIH terekonomis dengan kualitas yang lebih baik. Malu rasanya para jamaah dari Indonesia yang sudah membayar lebih mahal dibandingkan biaya haji dari negara-negara tetangga tetapi mendapatkan pelayanan yang lebih rendah dari segala aspek. Apa yang salah, siapa yang salah, dimana letak kesalahannya, dan bagaimana cara memperbaiki semua itu, tentu dapat dipelajari dengan baik.

Semoga, keyakinan kita, doa kita, dan upaya jerih payah semua pihak yang terkait dengan ibadah haji dapat meningkatkam tingkat kepuasan para jamaah haji. Insya Allah

*) Dr. Dr. H. Basrowi, M.Pd. M.E.sy. Pengamat Kebijakan Publik, Alumni PPs Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Di hari raya Idul Fitri yang ceria, Ibrahim justru merintih perih di bangsal Rumah Sakit. Tubuh mungil balita anak aktivis dakwah media ini melepuh tercebur air mendidih di halaman tetangganya....

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya persalinan cessar dilunasi, Ummi Nurhayati dan bayinya bisa pulang dari rumah sakit. Semoga para donatur berlimpah rizki, dan dede bayi ini kelak menjadi generasi mujahidah dakwah untuk...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Latest News
Dinilai Tak Mampu Urus Sertifikasi Halal, BPJPH Diminta Patuhi KMA Nomor 982/2019

Dinilai Tak Mampu Urus Sertifikasi Halal, BPJPH Diminta Patuhi KMA Nomor 982/2019

Rabu, 08 Jul 2020 19:41

PBB: 138 Orang Tewas Atau Terluka Akibat Ranjau Darat yang Ditanam Pasukan Haftar

PBB: 138 Orang Tewas Atau Terluka Akibat Ranjau Darat yang Ditanam Pasukan Haftar

Rabu, 08 Jul 2020 18:06

Dugaan Perkosaan oleh Pejabat Perlindungan Anak, Fahira: Biadab, Harus Divonis Seumur Hidup

Dugaan Perkosaan oleh Pejabat Perlindungan Anak, Fahira: Biadab, Harus Divonis Seumur Hidup

Rabu, 08 Jul 2020 16:28

Tolak RUU Pengganti dan Bubarkan BPIP!

Tolak RUU Pengganti dan Bubarkan BPIP!

Rabu, 08 Jul 2020 15:49

[VIDEO] Tony Rosyid Ungkap Indikator RUU HIP Ditunggangi Komunis

[VIDEO] Tony Rosyid Ungkap Indikator RUU HIP Ditunggangi Komunis

Rabu, 08 Jul 2020 14:41

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Rabu, 08 Jul 2020 10:21

Anis Byarwati Pesankan Independensi BI Harus Ditegaskan Secara Eksplisit

Anis Byarwati Pesankan Independensi BI Harus Ditegaskan Secara Eksplisit

Rabu, 08 Jul 2020 08:37

Kampanye LGBT Bikin Geger, Boikot Unilever?

Kampanye LGBT Bikin Geger, Boikot Unilever?

Rabu, 08 Jul 2020 07:41

[VIDEO] Pancasila Ingin Diperas, UFS: Maling Juga Gotong Royong

[VIDEO] Pancasila Ingin Diperas, UFS: Maling Juga Gotong Royong

Rabu, 08 Jul 2020 07:32

Kurva Bisa Melandai Jika Indonesia Penuhi Target Tes Usap

Kurva Bisa Melandai Jika Indonesia Penuhi Target Tes Usap

Rabu, 08 Jul 2020 06:35

Sekolah Terbaik di Jakarta Timur Diserbu Calon Siswa Baru

Sekolah Terbaik di Jakarta Timur Diserbu Calon Siswa Baru

Rabu, 08 Jul 2020 06:29

Pada 21 Juli 2020, Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Dzulhijjah

Pada 21 Juli 2020, Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Dzulhijjah

Rabu, 08 Jul 2020 06:00

Pondok Gontor Tabayyun Santri Terpapar Covid-19, Walisantri Diminta Tenang

Pondok Gontor Tabayyun Santri Terpapar Covid-19, Walisantri Diminta Tenang

Selasa, 07 Jul 2020 22:08

Skandal Politik Pilpers

Skandal Politik Pilpers

Selasa, 07 Jul 2020 22:00

[VIDEO] PKI Tak Terlibat Perumusan Pancasila

[VIDEO] PKI Tak Terlibat Perumusan Pancasila

Selasa, 07 Jul 2020 21:26

Laporan: Kasus Infeksi Virus Corona Telah Melebihi 11,6 Juta Orang di Seluruh Dunia

Laporan: Kasus Infeksi Virus Corona Telah Melebihi 11,6 Juta Orang di Seluruh Dunia

Selasa, 07 Jul 2020 20:50

AS Tinjau Pelarangan Aplikasi Media Sosial Cina, Termasuk TikTok

AS Tinjau Pelarangan Aplikasi Media Sosial Cina, Termasuk TikTok

Selasa, 07 Jul 2020 20:35

[VIDEO] Siapakah Ahli Qur'an Itu?

[VIDEO] Siapakah Ahli Qur'an Itu?

Selasa, 07 Jul 2020 20:33

Pesan Pahlawan Nasional KH Noer Ali: Santri Attaqwa Belajarlah Organisasi di  PII

Pesan Pahlawan Nasional KH Noer Ali: Santri Attaqwa Belajarlah Organisasi di PII

Selasa, 07 Jul 2020 19:15

[VIDEO] Arie Untung: Rezeki Tak Melulu Soal Saldo

[VIDEO] Arie Untung: Rezeki Tak Melulu Soal Saldo

Selasa, 07 Jul 2020 18:19


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X