Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.297 views

Turki Timbun Suku Cadang Penting Senjata Buatan AS untuk Antisipasi Sanksi Kongres Amerika

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki, mengantisipasi yang terburuk meskipun ada pesan yang menggembirakan dari Presiden Donald Trump, telah menimbun suku cadang penting untuk berbagai senjata mereka buatan Amerika kalau-kalau Kongres menjatuhkan sanksi atas pembelian rudal Rusia yang kontroversial.

Tidak jelas kapan keputusan penimbunan pertama kali diambil, tetapi para pejabat Turki mengatakan persiapan dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan embargo AS. AS telah mengancam sanksi terhadap Turki sejak 2018, setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memutuskan untuk membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia, pesaing dari Patriot buatan Amerika.

Masih dihantui oleh embargo senjata AS yang melumpuhkan setengah abad yang lalu, militer Turki telah mengumpulkan bagian-bagian untuk jet F-16 dan perangkat keras militer lainnya, menurut dua pejabat Turki yang akrab dengan strategi pertahanan negara mereka. Hubungan antara kedua negara memburuk selama perang saudara Suriah, ketika AS mempersenjatai milisi Komunis Kurdi yang dipandang Turki sebagai kelompok teroris, dan setelah upaya kudeta 2016 terhadap Erdogan yang pemerintahnya menyalahkan pada seorang cendekiawan Turki yang tinggal di Amerika

Anggota NATO Turki bertekad untuk memperoleh teknologi rudal balistik, dan bertujuan untuk memproduksi bersama generasi S-400 berikutnya, kata para pejabat itu, mengutip pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Erdogan mengatakan negaranya akan menerima pengiriman S-400 dalam beberapa hari.

"Kelompok pertama S-400 akan dikirimkan dalam satu pekan atau 10 hari," kata surat kabar Haberturk mengutipnya dalam sebuah laporan Senin. "Saya sudah jelas mengatakan ini kepada Trump,  Putin juga mengatakannya."

AS berpendapat bahwa poros ke Moskow dapat memungkinkan Rusia untuk mengumpulkan intelijen kritis yang akan melemahkan NATO dan membahayakan jet tempur siluman F-35 Amerika, yang perusahaan Turki bantu bangun. Namun sementara Kongres sedang menyusun rencana sanksi potensial yang paling keras akan melumpuhkan ekonomi Turki, Trump telah menjadikan Turki sebagai korban dalam hikayat tersebut.

Pada pertemuan Kelompok 20 negara di Jepang pada hari Sabtu, presiden AS mengatakan Erdogan diperlakukan tidak adil oleh pemerintahan Obama ketika ia berusaha membeli sistem pertahanan rudal Amerika. Sementara kesepakatan S-400 adalah "masalah," AS sedang "mencari solusi yang berbeda," katanya.

Optik dukungan Trump untuk Turki dilemahkan oleh pernyataan Gedung Putih kemudian bahwa ia telah "menyatakan keprihatinan" tentang kesepakatan rudal Rusia.

Turki beralih ke Rusia untuk mengatasi kelemahan dalam pertahanan udaranya setelah gagal membujuk AS untuk berbagi teknologi dari sistem pertahanan udara Patriot sebagai bagian dari kesepakatan akuisisi. Kesepakatan rudal dengan Moskow diumumkan pada Juli 2017, dan untuk mencoba menghentikannya, Departemen Luar Negeri tahun lalu menyetujui kemungkinan penjualan Patriot $ 3,5 miliar ke Turki.

Turki tidak yakin kesepakatan Patriot akan berjalan, karena keraguan tentang penentangan di Kongres, dan itu tidak akan membuat ruang udara mereka rentan terhadap penetrasi lebih lama, kata para pejabat, berbicara dengan syarat anonim untuk membahas masalah sensitif.

Pada hari Senin, Perwakilan AS Eliot Engel, ketua Komite DPR untuk Urusan Luar Negeri, mengatakan Erdogan "perlu berhenti bermain game dan memilih antara Barat atau Rusia."

Kesepakatan S-400 "membahayakan NATO dan keamanan nasional kita sendiri," kata Engel dalam sebuah pernyataan. “Turki tidak dapat mengoperasikan sistem pertahanan udara Rusia yang canggih bersama dengan sistem NATO dan Amerika yang sensitif, titik. Presiden Erdogan harus tahu akan ada konsekuensinya. ”

Sanksi AS akan menurunkan aliansi antara negara-negara, dan sementara Turki akan membalas, itu akan membiarkan pintu terbuka untuk menyelesaikan perbedaan, tambah mereka. Musim panas lalu, Washington menghukum Ankara karena memenjarakan seorang pendeta Amerika, yang dituduh sebagai mata-mata, yang memperparah pandangan ekonomi yang sudah menantang. Lira Turki kehilangan sekitar seperempat dari nilainya, inflasi dan pengangguran meningkat, dan ekonomi memasuki resesi teknis pertama dalam satu dekade.

Para pejabat menolak mengatakan suku cadang mana yang telah diakumulasikan, di mana mereka dibeli, atau berapa lama persediaan bisa bertahan. Akumulasi bagian dimaksudkan untuk memberi sinyal bahwa Ankara lebih siap untuk menghadapi sanksi Amerika daripada ketika AS memberlakukan embargo senjata empat tahun atas penyitaan militer Turki di Siprus utara pada tahun 1974, kata mereka.

Sebuah resolusi yang diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat yang meminta sanksi terhadap Turki dapat memberikan petunjuk tentang fokus pembelian suku cadang di Turki.

“Selain F-35 Joint Strike Fighter, program akuisisi pertahanan Turki yang dapat terkena sanksi termasuk sistem pertahanan udara dan rudal Patriot, helikopter angkat berat CH-47F Chinook, helikopter utilitas UH-60 Black Hawk dan pesawat tempur Falcon F-16, ”kata resolusi itu.

AS telah mengancam akan mengakhiri partisipasi Turki dalam program pesawat tempur F-35 paling lambat 31 Juli jika Ankara tidak membatalkan perjanjian S-400. Turki dapat secara terpisah menghadapi sanksi berdasarkan dua undang-undang yang memungkinkan hukuman terhadap entitas yang melakukan bisnis dengan bagian-bagian dari negara Rusia. Kontraktor pertahanan utama Turki dapat terputus dari sistem keuangan AS dan praktis dilarang membeli komponen Amerika atau menjual produk mereka di AS.

Jika Turki dikecualikan dari program F-35, ia akan mencari alternatif, termasuk jet Rusia, sambil mencoba mengembangkan pesawat tempurnya sendiri dan rudal balistik untuk penggunaan domestik dan ekspor, kata para pejabat Turki.

Turki menganggap rudal S-400 Rusia yang berdiri sendiri lebih unggul dari Patriot dan mampu melindungi ibukota Turki dan pusat komersial Istanbul, kata para pejabat. Kehadiran mereka akan meredakan kekhawatiran atas keamanan selat Turki yang menghubungkan Laut Hitam ke Mediterania, tambah mereka. (st/Blrg)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X