Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.116 views

KTT Perdamaian Semua-Afghanistan Disepakati Pekan Depan di Qatar, Tetapi dengan Syarat dari Taliban

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Pertemuan puncak perdamaian semua-Afghanistan akan diadakan pada tanggal 7 dan 8 Juli di negara Timur Tengah Qatar, tetapi tampaknya berdasarkan persyaratan Taliban karena tidak akan ada perwakilan resmi pemerintah.

Sebaliknya, menurut perwakilan khusus Jerman Duta Besar Markus Potzel dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (2/7/2019), mereka yang menghadiri "hanya akan berpartisipasi dalam kapasitas pribadi mereka dan dengan pijakan yang sama."

Taliban dengan tegas menolak untuk bertemu dengan pemerintah Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, sementara berulang kali menawarkan pembicaraan dengan siapa saja yang datang ke meja sebagai warga Afghanistan biasa. Taliban sudah dua kali bertemu dengan para warga Afghanistan terkemuka, termasuk mantan Presiden Hamid Karzai dan bahkan anggota dewan perdamaian pemerintah serta politisi oposisi. Pertemuan-pertemuan itu diadakan di Moskow.

Pembicaraan yang diumumkan datang hanya sehari setelah Taliban menyatakan bertanggung jawab atas serangan dahsyat di ibukota Afghanistan Kabul yang menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai lebih dari 100 lainnya.

Serangan Senin terjadi di puncak jam sibuk pagi hari. Itu dimulai dengan bom mobil yang kuat dan berlangsung hampir 10 jam ketika lima pria bersenjata bersembunyi di sebuah gedung bertingkat tinggi yang melakukan penembakkan ke sebuah gedung kementerian pertahanan di dekatnya, yang menurut para jihadis adalah sasaran serangan itu. Polisi akhirnya membunuh kelima penyerang.

Presiden Ghani mengecam serangan Senin, dengan mengatakan Taliban "ingin melanjutkan perang ini."

Namun, dia belum menanggapi pengumuman pembicaraan pekan depan. Dia sebelumnya menuntut pembicaraan Taliban secara langsung dengan pemerintahnya, beberapa di antaranya telah mengeluh tentang pengucilan mereka dari pertemuan antara Taliban dan utusan perdamaian AS Zalmay Khalilzad di AS.

Khalilzad, yang mengadakan perundingan langsung putaran ketujuh dengan Taliban di Doha, telah mengadakan serangkaian pertemuan dengan presiden Afghanistan di Kabul bulan lalu. Dalam tweet semalam, ia menyambut baik pembicaraan semua-Afghanistan yang diumumkan. Dia mentweet bahwa "dialog ini adalah elemen penting dari kerangka kerja perdamaian empat bagian & dan langkah penting dalam memajukan #AfghanPeaceProcess."

Jerman akan turut mensponsori pembicaraan dengan Qatar, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Potzel, yang merupakan perwakilan khusus Jerman untuk Pakistan dan Afghanistan.

"Kedamaian tidak akan pernah datang ke Afghanistan," kata Sawab Gul yang marah, yang sedang menunggu di ibukota Afghanistan Kabul pada hari Selasa untuk membuka toko tempat tidurnya yang sebagian telah hancur. Gul, 40 tahun mengatakan dia tidak pernah melihat perdamaian di negaranya dan memberikan sedikit harapan untuk upaya saat ini untuk mengakhiri perang tanpa henti Afghanistan. (st/AP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X