Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.141 views

Hindari Lapar Mata saat Memilih Takjil

 

Oleh: Aily Natasya

Berbuka puasa adalah kenikmatan yang sangat luar biasa bagi orang yang berpuasa. Ketika perut kosong karena seharian tidak diisi oleh makanan atau minuman apa pun membuat kita mudah tergiur dengan makanan apa pun yang kita lihat. Yang biasanya melihat bakso biasa aja, pas puasa jadi kayak istimewa banget. Pokoknya semua makanan dan minuman jadi kelihatan istimewa, deh, kalau puasa.

Nah, ini, nih, yang harus diwaspadai. Karena semua terlihat enak, kita pun jadi lapar mata. Yang mana, kalau melihat orang jual takjil apa pun jadi pengin beli. Ngelihat sate ayam, beli. Ngelihat es tebu, beli. Ngelihat gorengan, beli. Ngelihat kebab, beli. Ngelihat kue lapis, beli. Bisa-bisa, kalau dituruti semua, semua takjil di bazar kita beli semua. Ya, di saat-saat seperti itu, nafsu kita seperti tak terbatas, ingin memiliki semua takjil-takjil tersebut. Tapi syukurnya, uang di dompet kita terbatas, jadi nggak jadi diborong, deh, semua takjilnya, haha.

Tapi, walaupun tidak bisa membeli semuanya, orang-orang cenderung impulsif dan membeli banyak sekali takjil sampai lupa kalau perut kita punya kapasitas yang terbatas. Eh, pas udah kekenyangan banget, udah nggak kuat lagi perutnya untuk menampung makanan lain, eh, masih sisa banyak lagi makanannya. Syukur-syukur bisa dibagikan ke orang lain dan nggak kebuang. Tapi kalau nggak ada yang nerima gimana? Karena mereka juga udah beli dan dapat tajil gratisan juga? Dibuang? Ya, kan, mubazir.

“Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dlam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. Al-Isra’: 26-27)

Pernah dengar nasihat, jangan berbelanja makanan saat kamu sedang lapar? Iya, itu kayaknya pas, deh, kalau dikeluarkan di saat-saat sekarang. Ya, namanya juga puasa, gimana nggak lapar. Benar. Tapi bukan berarti nggak bisa ditahan, kan? Coba, deh, kalau beli itu kita pakai logika, bukan pakai perasaan atau nafsu. Karena kalau pakai logika, alias kalau mau beli itu dipikir dulu, maka nggak cuman menahan diri agar nggak impulsif, kita juga bisa memikirkan tentang seberapa butuh, sih, tubuh kita terhadap takjil yang sedang kita pertimbangkan untuk kita beli.

Contoh, gorengan mendoan. Apa yang bisa gorengan beri untuk tubuh kita. Protein, okay. Tapi terlalu berminyak. Berarti jangan terlalu sering. Es buah? Oke, sih. Ada serat dan vitaminnya. Tapi gulanya? Berarti jangan terlalu sering dan banyak. Apa yang sehat? Bisa dengan buah-buahan asli, tanpa campuran gula dan semacamnya. Bisa masak sendiri juga. Bisa lebih sehat karena kita yang paham dengan takaran bahan-bahannya.

Rasulullah bersabda, “Takarlah makanan kalian, maka kalian akan diberkahi.” (Shahih Bukhari, dari Al-Miqdam bin Ma’diyakrib).

Haduh, milih takjil aja harus seserius itu, ya? Iya, dong. Karena ada dua aspek yang sering diabaikan oleh umat Islam ketika membeli takjil, yakni mubazir dan tidak sehat. Allah tidak menyukai orang-orang yang mubazir, dan puasa itu harusnya menyehatkan. Namun karena terlalu bar-bar ketika berbuka dan sahur, sehatnya jadi nggak dapat.

Rasulullah bersabda dalam haditsnya, “Berpuasalah, maka kalian akan sehat.” (HR. Abu Nu’aim).

Jadi, paham, ya. Lebih diperhatikan lagi makanan dan minumannya, dan jangan berlebihan. Biar puasa kita di bulan Ramadhan ini tidak hanya mendapatkan kebaikan dari segi rohani saja, namun dari segi jasmani juga. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X