Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.221 views

Orang Datang dan Pergi, tapi Allah Selalu di Hati

 

Oleh: Aily Natasya

Kalian pasti tidak asing dengan kalimat dalam bahasa Inggris ini, “People come and go.” Yup, maknanya berarti semua orang datang dan pergi. Datang dan pergi, adalah sesuatu yang alami. Kita sendiri pun, tidak hanya mengalami, tapi bisa jadi yang melakukannya. Tidak hanya merasakan kedatangan dan kepergian orang lain, namun kita juga mungkin pernah datang dan pergi dari kehidupan orang lain.

Ada beberapa orang yang sudah mengalami fenomena ini sejak ia masih kecil sekali, ada juga yang baru ketika ia dewasa. Untuk waktunya bisa kapan saja. Tapi yang jelas, fenomena ini, bisa kita katakan bahwa semua orang mengalami atau pun akan mengalaminya.

People come and go, seseorang yang kita sayangi, yang setiap hari berbincang dengan kita, seperti ibu, ayah, saudara, kakek, nenek, teman, suami atau istri, tiba-tiba tiba pergi. Kehadiran mereka terlalu menyenangkan sampai-sampai kita lupa bahwa mereka adalah sesuatu yang sementara, bisa pergi kapan saja. Lalu, kepergian mereka tiba-tiba mendatangkan suatu perasaan yang sulit untuk didefinisikan karena datangnya bersamaan dan saling bersahutan. Rasa rindu, lalu sedih, sebal, kosong, dan kesepian.

People boleh come and go, tapi Allah akan tetap stay. Bahkan ketika iman kita yang come and go, Allah tetap stay, berusaha menyadarkan kita untuk terus kembali padaNya dengan caraNya.

Pernah ngerasa nggak, kalau kadang, di saat kita terlena atas berbagai macam kenikmatan dunia sampai lupa pada akhirat dan Allah, terus tiba-tiba ada aja yang bikin kita sedih setelahnya. Entah itu tiba-tiba sumber kesenangan tersebut pergi, atau pun menyakiti kita. Itu adalah salah satu teguran dariNya bahwa kita sudah terlalu jauh dan lupa kepadaNya.

Allah nyuruh kita kembali mengingatNya. Namun seringnya kita, alih-alih langsung ingat dan kembali, tapi malah tantrum dulu ke Allah dengan menyampaikan kalimat-kalimat semacam, “Kenapa aku harus mengalami ini, Ya Allah?” “Kenapa Allah gini ke aku? Allah nggak sayang aku.”

Coba kalau kita balik, bagaimana Allah ketika kita lupa sama Dia? Bagaimana Allah ketika kita melakukan banyak sekali dosa bahkan bergantung pada dosa-dosa itu? Memang, Allah tidak akan mendapatkan kerugian apa pun atas sikap cuek kita ke Allah. Sama sekali nggak. Cuman, saking sayangnya Allah ke kita, Allah peduli. Allah tahu kalau kita yang akan rugi habis-habisan kalau sampai terus-terusan menjauhkan diri dari Allah.

Ketahuilah bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah sementara. Kecuali Allah, tak ada yang bisa kita harapkan keabadiannya.

“Demi terangnya waktu siang. Dan demi malam tatkala sunyi senyap. Tuhanmu tidak meninggalkanmu, dan tidak benci denganmu. Dan sesungguhnya yang akhir itu lebih baik bagimu daripada permulaan.” (QS. Ad-Dhuha: 1-4)

Allah juga berfirman, “Jika seorang hamba mendekatiKu sejengkal, niscaya Aku mendekatinya satu hasta. Jika dia mendekatiKu satu hasta, niscaya Aku mendekatinya satu depa. Jika dia mendatangiKu dengan berjalan kaki, niscaya Aku mendatanginya dengan berlari kecil.” (Hadits shahih, diriwayatkan oleh Bukhari)

Jadi jangan berlama-lama sedihnya. Ingatlah, bahwa Allah adalah satu-satunya yang akan selalu ada di sisi kita. Allah tak akan menjauh, yang ada malah kita yang menjauhkan diri dari Allah. Allah tidak akan lupa, yang ada malah kita yang melupakan Allah.

Lantas kesimpulannya? Kesimpulannya tentu saja, people come and go itu wajar, atau bahkan sudah menjadi hukum dari alam. Maka dari itu, janganlah terlalu menggantungkan hidup dan kebahagiaan kita kepada orang lain. Nanti bisa kecewa berat, sedih berat. Siapa pun atau apa pun yang akan datang, pastikan hati kita hanya bergantung ke Allah.

Jadi, jika mereka yang tadinya datang itu lalu pergi, hati kita nggak sampai kosong, tapi longgar aja. Karena ada Allah, dan Allah nggak akan pergi. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X