Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.407 views

Sudah Hijrah, Terus Apa?

 

Oleh:

Keni Rahayu || Influencer Dakwah Millenial

 

Alhamdulillah tahun baru Hijriyah datang lagi. Alhamdulillah meski kita menikmatinya dalam suasana pandemi. Alhamdulillah sebab hati tak pernah lelah bersuka hati.

Sob, siapa sih yang gak pernah dengar istilah hijrah? Hampir semua orang zaman now mengucap-ucapnya. Ditambah gelombang hijrah yang meninggi dalam hitungan lima sampai sepuluh tahun terakhir, nlmasyaallah takjub. Lebih keren lagi kaum millenial, dan generasi Z gak mau kalah ambil bagian dalam momen hijrah ini.

Ngomong soal hijrah, pasti gak jauh-jauh dari tahun baru Hijriyah. Ya, sebab kalau kita tengok sejarah, penentuan tahun Hijriyah pada awalnya ditentukan dengan menggunakan momen hijrah Rasulullah saw. dari Makkah ke Madinah. Gagasan itu diusulkan oleh Amirul Mukminin Umar bin al-Khattab ra. 

Lebih luas maknanya, hijrah zaman sekarang lebih dekat dengan istilah perubahan individu menjadi lebih baik. Yang tadinya aurat terbuka, jadi ditutup. Tadinya pacaran, terus taubat. Tadinya suka nyontek, jadi takut sama Allah sebab selalu merasa dilihat. Pertanyaannya, kalau sudah hijrah kita mau apa?

 

Istikamah

Ini nih ujian sesungguhnya. Kita bahkan sering dengar kalimat bahwa hijrah itu mudah, yang susah itu istikamah. Betul banget, apalagi kalau hijrahnya cuma ngikut tren, gak tau ilmunya, terus gak merubah circle secara total. Namanya mas say(ton) gak akan tinggal diam dong anak Adam taat sama Allah, jadi godaan setelah hijrah itu lebih susah. 

Maka gak asing di sekitar kita, yang menuhi taman-taman kota adalah mbak-mbak berhijab bareng pacarnya. Atau joget-joget seru banget dan PD banget di medsos toktok mbak-mbak pake hijab juga. Kira-kira tau gak penyebabnya apa? Ya tadi, hijrahnya gak pake ilmu dan iman, cuma pakai perasaan dan tren ikut-ikutan. Kan kasihan.

Padahal berada dalam jalan hijrah itu ganjarannya besar banget, loh. Coba lihat ayat Allah yang satu ini.

"Dan barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." 

Jadi sob, kalau kamu sudah di jalan hijrah, be istikamah! Jangan balik arah. Berada di posisimu ini adalah harga mahal tak ternilai.

 

Dakwah

Gimana sih cara mudah istikamah? Gampang. Caranya adalah dakwah. "Kok dakwah?" sob, dakwah itu adalah upaya mengajak kebaikan pada orang lain. Kalau bekal ilmu kita kurang, kita pasti memantaskan diri. Kita akan terus ngaji. Selama kita ngaji itu ilmu kita benar manfaat. Sebab gak hanya jadi teori, tapi sungguh direalisasi diri dan teman-temanmu nanti. 

Dakwahlah agar hijrahmu istikamah. Sebab ketika lisan kita mengingatkan orang lain, sejatinya yang paling berhak mendapatkan nasihat itu adalah diri kita sendiri. Semakin banyak kita berdakwah, semakin sering kita menasihati diri sendiri. Lagi dan lagi. Terus dan berulang. Maka iman tak akan sekadar lewat. Ia akan menetap dan jadi kawan sejawat.

 

Tips Pascahijrah

Berikut ini beberapa tips agar hijrah kita istikamah, bismillah semoga bermanfaat ya! 

1. Bersyukur. Pahamilah bahwa posisimu hari belum tentu bisa dimiliki semua orang. Banyak yang ngeles belum dapat hidayah, padahal undangan kajian berseliweran di mana-mana. Itu kan hidayah? 

Syukuri hijrahmu hari ini dengan melupakan masa lalu dan menerimamu hari ini. Persiapkan masa depan dengan berbagai amunisi. 

2. Jangan berhenti belajar. Hijrah bukan berarti kamu sudah menginjak garis finish. No. This is a begining. So, get ready and start soon! 

Maksudnya di sini belajar dalam banyak makna ya. Ya rajin ikut kajian. Ya rajin ikut mentoring. Mendengar dan menerima ketika dapat masukan. 

3. Hijrah bareng-bareng. Hijrah mana asik sih kalau sendirian? Bareng banyak temen bisa jadi reminder kalau-kalau kita futur. Cari lingkungan yang support hijrahmu ya. 

4. Ubah kebiasaan lama. Hijrah dalam satu hal bukan berarti hal buruk lain tetap kamu lakukan. Jangan, ya. Tinggalkan hobi halu ke oppa-oppa, nonton konser campur baur,   shopping gak penting, ngabisin jatah paylater. Yuk belajar untuk meninggalkan hal buruk satu per satu karena Allah. 

5. Kurangi asupan akal yang mengganggu kelancaran hijrah. Kalau udah hijrah, jangan suka nonton hal-hal yang bikin hati deg-degan. Dampaknya jelek, sob, jadi pengen pacaran. Jangan suka dengar lagu-lagu cinta, nanti jadi bayangin yang enggak-enggak tentang dia. Ditambah lingkungannya jangan yang suka gibah dan maksiat ya, sedikit banyak nanti kita pengen dan ngincip lagi. Hii nauzubillah.

Mudah-mudahan di momen tahun baru hijriyah ini, kita senantiasa menjadi pribadi yang terus menerus hijrah, berdakwah, dan melakukan keduanya istikamah. Bismillah ala ni'matillah. Keep fight on hijrah, guys!**

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Latest News
Quantum I.S.L.A.H = Cara Lunasi Hutang atau Luluhkan Hati Penghutang

Quantum I.S.L.A.H = Cara Lunasi Hutang atau Luluhkan Hati Penghutang

Senin, 18 Oct 2021 12:57

Gelar Pesantren Virtual, Yayasan Amaliah Astra Ajak Anak-anak Menjaga Lingkungan

Gelar Pesantren Virtual, Yayasan Amaliah Astra Ajak Anak-anak Menjaga Lingkungan

Senin, 18 Oct 2021 11:57

Legislator Sebut Ibukota Baru Berpotensi Miliki Masalah Tanah

Legislator Sebut Ibukota Baru Berpotensi Miliki Masalah Tanah

Senin, 18 Oct 2021 11:41

SWF: Jalan Baru Asing Menguasai Indonesia

SWF: Jalan Baru Asing Menguasai Indonesia

Senin, 18 Oct 2021 11:17

Asuransi Pemberi Madharat, Mencelakai di Dunia dan di Akhirat

Asuransi Pemberi Madharat, Mencelakai di Dunia dan di Akhirat

Senin, 18 Oct 2021 10:53

Asosiasi Gabungan Perusahaan Haji Umrah Nusantara Resmikan Koperasi GAPHURA

Asosiasi Gabungan Perusahaan Haji Umrah Nusantara Resmikan Koperasi GAPHURA

Senin, 18 Oct 2021 10:46

Belajar dari Squid Game

Belajar dari Squid Game

Senin, 18 Oct 2021 10:32

Kemal Ataturk Dijadikan Nama Jalan di Jakarta, MUI: Menyakiti Umat Islam

Kemal Ataturk Dijadikan Nama Jalan di Jakarta, MUI: Menyakiti Umat Islam

Senin, 18 Oct 2021 10:31

Kemenag: Obat, Kosmetik, dan Barang Gunaan Wajib Bersertifikat Halal

Kemenag: Obat, Kosmetik, dan Barang Gunaan Wajib Bersertifikat Halal

Senin, 18 Oct 2021 09:49

Superman Biseksual, Bukhori Desak Pemerintah Antisipasi Peredaran Komik Asusila

Superman Biseksual, Bukhori Desak Pemerintah Antisipasi Peredaran Komik Asusila

Ahad, 17 Oct 2021 21:54

Mahfuz Sidik: Politik Jangan Rusak Prinsip Ummatan Washatan

Mahfuz Sidik: Politik Jangan Rusak Prinsip Ummatan Washatan

Ahad, 17 Oct 2021 21:14

Wabup Kaimana: Masjid Kubah Merah Putih di Papua Bukti Cinta NKRI

Wabup Kaimana: Masjid Kubah Merah Putih di Papua Bukti Cinta NKRI

Ahad, 17 Oct 2021 20:45

Ketua Umum MUI Papua Barat: Masyarakat Papua Cinta NKRI

Ketua Umum MUI Papua Barat: Masyarakat Papua Cinta NKRI

Ahad, 17 Oct 2021 20:20

Putri Pendiri Microsoft Bill Gates Menikah Secara Islam dengan Pengusaha Keturunan Mesir

Putri Pendiri Microsoft Bill Gates Menikah Secara Islam dengan Pengusaha Keturunan Mesir

Ahad, 17 Oct 2021 17:27

India Khawatir Kemenangan Taliban Berdampak pada Kashmir di Tengah Meningkatnya Kekerasan

India Khawatir Kemenangan Taliban Berdampak pada Kashmir di Tengah Meningkatnya Kekerasan

Ahad, 17 Oct 2021 15:45

Ribuan Demonstran Pro-Militer Tuntut Pembubaran Temerintahan transisi Sudan

Ribuan Demonstran Pro-Militer Tuntut Pembubaran Temerintahan transisi Sudan

Ahad, 17 Oct 2021 15:00

Bos Liverpool Jurgen Kloop Kecam Pengambil Alihan Newcastle oleh Saudi, Tuntut Penjelasan dari EPL

Bos Liverpool Jurgen Kloop Kecam Pengambil Alihan Newcastle oleh Saudi, Tuntut Penjelasan dari EPL

Ahad, 17 Oct 2021 14:10

Bakal Diprotes Nama Jalan Kemal Atturk di Menteng

Bakal Diprotes Nama Jalan Kemal Atturk di Menteng

Ahad, 17 Oct 2021 10:45

Pengamat Terorisme: Usul Pembubaran Densus 88 Harus Disikapi dengan Bijaksana

Pengamat Terorisme: Usul Pembubaran Densus 88 Harus Disikapi dengan Bijaksana

Ahad, 17 Oct 2021 10:30

Jangan Berspekulasi Ibukota Jakarta Sudah Herd Immunity

Jangan Berspekulasi Ibukota Jakarta Sudah Herd Immunity

Sabtu, 16 Oct 2021 23:59


MUI

Must Read!
X